10 Cara Agar Memiliki Waktu Tidur Lebih Lama

Bagikan :

tidur, waktu tidur, cara mengatur tidur
10 Cara Agar Memiliki Waktu Tidur Lebih LamaBanyak wanita menunggu anak-anak mereka tidur terlebih dulu untuk mulai memiliki waktu luang. Beberapa wanita tetap terjaga dengan memilih membaca, internetan atau chatting ngerumpi dengan teman-teman mereka sampai larut malam. Semua ini mungkin terdengar menyenangkan, tetapi akhirnya dapat berakibat buruk. Jika Anda melakukan semua ini, dan terjaga sampai larut malam maka Anda mungkin tidak akan bisa bangun pagi. Selain itu, Anda mungkin merasa lelah dan gelisah sepanjang hari. Kurang tidur bisa membuat lelah, dan dapat memperburuk produktivitas Anda di tempat kerja atau di rumah. Simak tips berikut jika Anda ingin mendapatkan waktu tidur lebih lama.


1. Tentukan waktu tidur
Ini adalah langkah yang paling penting bagi Anda. Anda harus menentukan waktu tidur yang spesifik untuk diri sendiri. Banyak wanita tidak bisa mengatur waktu kapan mereka akan pergi tidur. Jadi, memutuskan waktu tertentu, dan pastikan Anda pergi tidur pada waktu yang sama setiap hari. Bersikaplah realistis, jika Anda ingin bangun setiap hari pukul 4 pagi, maka Anda tidak bisa terjaga sampai jam 1, bukan?

2. Bersiaplah di tempat sebelum tidur
Mulailah bersiap-siap untuk tidur setidaknya setengah jam sebelum waktu tidur. Cuci wajah Anda, oleskan pelembab untuk wajah Anda, sikat gigi dan kemudian mematikan lampu. Cara ini membantu Anda mendapatkan mood untuk segera tidur. Pastikan Anda menjaga lampu redup saat bersiap-siap untuk tidur.

3. Buat kamar Anda gelap
Jika mungkin tutup tirai dan membuat gelap ruangan Anda sebelum Anda tidur. Jika Anda merasa nyaman dengan ruangan yang gelap gulita, kemudian matikan juga komputer Anda, gadget dan ponsel Anda juga.

4. Gerakkan tubuh
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang rajin berolahraga setidaknya empat kali seminggu lebih mudah dalam mendapatkan tidur yang baik dan tepat waktu. Anda harus membiasakan diri berolahraga setidaknya lima kali dalam seminggu. Pergilah ke taman untuk jogging atau bergabung ke gym. Anda juga dapat mencoba Yoga atau ikut kelas senam.

5. Jaga kamar tidur Anda hangat saat musim hujan, dan dingin saat musim panas
Iklim benar-benar dapat mempengaruhi tidur Anda. Jadi, membuat ruangan Anda senyaman mungkin dengan bantuan selimut tebal di musim penghujan, dan buatlah dingin saat musim kemarau.

6. Tinggalkan pekerjaan Anda di meja samping
Jika Anda sering berpikir tentang tugas-tugas sebelum tidur, maka ini bisa menjadi salah satu dari banyak alasan menjadi sulit tidur. Ambil beberapa waktu sebelum tidur dan tuliskan semua tugas-tugas Anda pada selembar kertas. Rencana hari berikutnya dan semua tugas-tugas sertakan dalamnya. Ini akan membuat Anda merasa lebih santai.

7. Buatlah kamar tidur Anda lebih rapi
Anda benar-benar tidak akan bisa tidur dengan baik atau tepat waktu jika Anda memiliki kamar yang berantakan. Jika Anda memiliki meja, cobalah merapikannya. Pastikan bahwa Anda menyimpan semua barang-barang di dalam laci meja. Jaga kamar tidur Anda rapi dan bersih agar tidur lebih pulas.

8. Hindari minum teh atau kopi setelah makan malam
Teh memiliki nikotin dan kopi memiliki kafein. Hal-hal ini dapat membuat Anda terjaga sampai larut. Kedua zat ini dikenal membuat orang lebih waspada, teh dan kopi lebih baik dinikmati saat akan memulai hari-hari ketika Anda memiliki banyak tugas yang harus dilakukan dan Anda sudah merasa lelah. Jadi, biarkan teh dan kopi untuk pagi atau sore dan jangan mengkonsumsinya di malam hari.

9. Jauhi pekerjaan yang perlu konsentrasi
Jangan memeriksa e-mail Anda di malam hari. Hindari setiap tugas yang memerlukan kewaspadaan. Setelah Anda selesai makan malam, gunakan waktu Anda untuk diluangkan bersama anak-anak atau untuk menonton TV dengan suami Anda. Jika Anda melakukan kebiasaan ini, mungkin akan menjadi kebiasaan untuk pergi tidur awal.

10. Mengatur alarm
Gunakan alarm dan katakan kepada diri sendiri di pagi hari, “Aku harus bangun sekarang.” Alarm benar-benar dapat membantu Anda bangun di pagi hari untuk menjalani hari.

Bagikan :

You may also like...