10 Cara Mendapatkan Tidur Pulas Selama Masa Sulit

Bagikan :

tidur, cara agar bisa tidur pulas, tidur nyenyak
10 Cara Mendapatkan Tidur Pulas Selama Masa SulitTidur berkualitas adalah suatu kebutuhan sehari-hari. Seringkali, mendapatkan tidur malam tepat waktu dan pulas adalah barang yang mahal. Apalagi banyak urusan di kantor yang belum selesai atau sedang menghadapi masalah-masalah lain yang menyita waktu tidur kita. Tulisanwanita.com memberikan beberapa tips yang dapat membantu Anda agar mendapatkan tidur nyenyak selama masa sulit.

1. Identifikasi penyebabnya
Cobalah untuk memahami mengapa Anda tidak dapat tidur dengan baik. Apakah karena beberapa faktor lingkungan atau ada sesuatu yang mengganggu Anda secara internal. Jika faktor lingkungan yang mengganggu tidur Anda, Anda dapat melakukan hal-hal seperti mematikan lampu, menutup telinga, dll. Jika Anda memiliki sesuatu yang mengkhawatirkan Anda, jangan sampai membiarkan tidur Anda terganggu, berpikirlah mencari cara untuk mengatasinya.

2. Jangan mencemaskan
Anda tidak akan mati jika Anda tidak mendapatkan tidur yang tepat di malam hari. Saat sudah berada di tempat tidur, jangan terus khawatirkan bahwa Anda tidak dapat tidur. Terus-menerus “mencoba keras” untuk tidur hanya akan membuat Anda lebih cemas. Namun, jika masalah terus berlanjut, segera hubungilah dokter Anda.

3. Cobalah untuk fokus pada kebaikan
Tidak peduli bagaimana buruknya masalah yang sedah membelit pikiran Anda, cobalah untuk melihat kebaikan di dalamnya. Mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi jika masalah Anda mempengaruhi tidur Anda maka itu justru dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Cobalah untuk melatih pikiran Anda untuk fokus pada hal positif dan lepaskan semua pikiran buruk.

4. Bicarakan
Berbicaralah dengan teman dan anggota keluarga. Berbagilah apa yang mengganggu Anda atau bagaimana situasi tersebut mempengaruhi Anda, cara ini mungkin memberikan sedikit keringanan Anda. Juga, membahas permasalahan dengan orang lain yang mungkin memberikan Anda perspektif baru. Jika Anda menyimpan semuanya, itu pasti akan menyebabkan penderitaan emosional dan mental, sehingga menyebabkan kurang tidur.

5. Kunjungi psikiater
Jika masalah terus berlanjut hingga lama, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli terapi. Mungkin ada saat-saat ketika Anda merasa kurang nyaman berbagi kekhawatiran Anda dengan orang yang Anda cintai. Dalam situasi seperti ini, psikiater dapat mendengarkan segala persoalan Anda dengan pemahaman hati.

6. Meminimalkan asupan kafein
Jika Anda kecanduan kafein, maka kurangi atau meminimalkan asupan yang dapat membantu Anda tidur lebih baik. Memiliki kafein yang berlebihan hanya akan menambah masalah tidur Anda.

7. Tidurlah ketika Anda memiliki kesempatan
Jika Anda tidak mendapatkan tidur yang tepat di malam hari, cobalah menemukan saat yang tepat dan lakukan ketika Anda bisa. Meskipun tidak ada pengganti tidur malam yang baik, setidaknya Anda dapat mencoba. Tubuh Anda memerlukan istirahat cukup untuk berfungsi dengan baik. Jadi, kapanpun jika Anda merasa ngantuk, cobalah rebahkan diri dan tidurlah.

8. Tidur siang sebentar
Jika situasi di rumah atau kantor membuat Anda kehilangan tidur Anda di malam hari, cobalah memilih untuk tidur-tidur ayam, tidur singkat diambang sebelum tidur nyenyak. Ini akan membuat Anda merasa segar dan direvitalisasi. Bahkan jika Anda mengambil tidur siang selama 6 sampai 10 menit di sela istirahat kantor, itu akan meningkatkan pembelajaran dan kinerja secara keseluruhan.

9. Dengarkan musik yang menenangkan
Mendengarkan beberapa lagu yang menenangkan dapat membantu Anda bersantai, dan menginduksi tidur. Jika situasi tidak memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik keras-keras, Anda dapat menggunakan earphone dan mencoba untuk mendengarkannya sendiri.

10. Meditasi
Bermeditasi benar-benar dapat membantu Anda rileks, dan menenangkan pikiran Anda. Ada sejumlah latihan meditasi yang bisa Anda pilih. Setelah Anda tahu apa yang menghambat tidur Anda, Anda dapat memilih meditasi yang akan membantu mengatasinya.


Loading...
Bagikan :

You may also like...