10 Cara Tetap Nyaman Saat Ber-High Heels

Bagikan :

high heels, tips high heels
Memakai sepatu hak tinggi (high heels) memang membuat wanita telihat lebih menarik. Namun, high heels juga kerap menimbulkan rasa tidak nyaman, seperti terasa sempit, kaki melepuh, dan masih banyak lagi rasa tidak nyaman lainnya. Agar Anda tetap nyaman saat memakai high heels, ikuti 10 tips berikut ini.

1. Simpan dalam freezer
Masukkan high heels yang baru dibeli kedalam plastik klip, kemudian simpan dalam freezer setidaknya selama enam jam. Setelah cukup beku, cobalah pakai sepatu itu selama 30 menit. Keringat dan suhu panas kaki akan memaksa kain dan kulit sepatu menjadi dingin dan menyesuaikan bentuk kaki, sehingga nyaman dipakai. Lakukan cara itu beberapa kali bila perlu, hingga high heel benar-benar nyaman dipakai. Atau, siapkan sepatu yang baru Anda beli dan dua kantong plastik. Isi kantong plastik itu dengan air secukupnya (bisa dimasukkan ke dalam sepatu). Setelah itu masukkan sepatu yang sudah ada airnya ke dalam freezer semalaman hingga air di dalam sepatu membeku dan meregangkan sepatu, sehingga nyaman dipakai.

2. Basahi sepatu
Cara ini khusus untuk sepatu yang tahan air. Caranya, pakai high heels Anda, kemudian melangkahlah ke dalam kamar mandi. Basahi dengan air hangat selama 2 menit. Setelah cukup basah, berjalanlah di sekitar rumah atau pakai sepatu sembari menonton televisi selama 30-60 menit. Cara ini akan membantu meregangkan bahan sepatu, sehingga nyaman dipakai.

3. Panaskan dengan hair dryer
Pakailah kaus kaki berbahan wol yang cukup tebal, kemudian pakailah sepatu. Setelah itu panaskan dengan hair dryer selama beberapa menit. Lakukan beberapa kali. Panas hair dryer akan membantu meregangkan bahan sepatu, sehingga nyaman dipakai.

4. Pakai sepatu saat tidur
Pakailah sepatu yang baru Anda beli, kemudian tidurlah hingga esok pagi. Sepatu akan terasa lebih longgar dan menyesuaikan dengan bentuk kaki, sehingga nyaman dipakai. Cara ini biasa dipakai oleh para balerina.

5. Pakai beraktivitas di rumah
Pakailah sepatu yang baru Anda beli beraktivitas di rumah, seperti bersih-bersih rumah dan menyapu. Aktivitas membungkuk, berjalan, dan melakukan gerakan saat beraktivitas akan melonggarkan sepatu, sehingga nyaman di kaki.


6. Oleskan deodoran atau vaseline
Untuk mencegah lecet saat memakai sepatu, oleskan deodoran, antiperspiran, atau vaseline pada area-area kulit yang bergesekan langsung denan sepatu. Ini berguna untuk menjaga kelembaban sekaligus mengurangi gesekan antara kaki dengan sepatu.

7. Oleskan minyak
Oleskan gel minyak pada permukaan sepatu untuk memberikan lapisan tipis. Cara ini berguna seperti Anda memberikan deodoran, antiperspiran, dan vaseline. Tujuannya untuk mengurangi gesekan antara kaki dengan bagian dalam sepatu.

8. Selotip jari ke-3 dan 4
Sebelum memakai sepatu, selotip lebih dulu jari ke tiga dan ke empat menjadi satu. Ini adalah cara paling mudah dan berguna untuk membantu mengurangi tekanan di saraf-saraf jari kaki saat memakai high heels. Cara ini sering dipraktekkan oleh model papan atas saat hendak tampil berjalan di catwalk.

9. Beli sepatu di sore hari
Sebaiknya belilah sepatu di sore hari. Menurut seorang fashion stylist dan costume designer Rebecca Raleigh, pada sore hari, ukuran kaki mencapai ukuran paling melar, meski tidak berbeda tidak terlalu jauh dengan ukuran saat pagi hari. “Itu karena pada sore hari seseorang sudah beraktivitas, sehingga membuat peredaran darah juga lancar. Nah, lancarnya peredaran darah inilah yang akan membuat ukuran kaki jadi lebih melar,” terangnya.

Sedangkan padi pagi hari, kaki masih dalam ukuran ‘freezing’, dan akan kembali ke ukuran normal pada siang atau sore hari. Pilih sepatu dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sehingga benar-benar nyaman dipakai.

10. Berjalanlah dengan benar
Pelajari apa jenis sepatu hak tinggi Anda, karena hal itu sangat memengaruhi cara Anda berjalan. POstur tubuh yang tepat saat berjalan dapat mengimbangi beberapa tekanan pada kaki, sehingga Anda tetap nyaman memakai sepatu hak tinggi.

Bagikan :

You may also like...