10 Cara Tetap Tenang Saat Mengalami Panik

Bagikan :

panik, cara mengatasi panik

10 Cara Tetap Tenang Saat Mengalami PanikApa itu serangan panik? Ini adalah perasaan menjadi terlalu gelisah dan mengalami kelebihan kekhawatiran tidak logis. Mereka lebih jauh dapat mempengaruhi kesehatan fisik Anda. Efek buruk jangka panjangnya bahwa serangan panik bisa mengarah pada gangguan kesehatan yang fatal. Beberapa gejala serangan panik seperti mual, kaki dingin, detak jantung sangat cepat, dan kalut. Tidak peduli apa yang dilakukan seseorang, seringkali stres tak terelakkan. Oleh karena itu penting bagi seseorang mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk tetap tenang saat dihadapkan pada situasi tersebut. Berikut adalah beberapa cara untuk tetap tenang selama dilanda serangan panik.


1. Tarik napas dalam-dalam
Saat mengalami serangan panik, ada kemungkinan besar bahwa Anda mulai kehabisan napas. Hal ini akan menyebabkan Anda bernapas sangat cepat. Akibatnya, Anda akan mulai merasa kehabisan napas dan mual. Namun, bahkan jika itu tidak terjadi, cobalah mengatur napas lebih dalam dan mengeluarkannya pelan-pelan, itu akan membantu Anda untuk menenangkan diri dengan mengaliri oksigen ke otak Anda. Dalam beberapa menit, Anda akan merasakan otot dan saraf perlahan santai. Ini akan segera membawa Anda kembali pada kondisi normal.

2. Cari cara untuk mengalihkan perhatian Anda
Di tengah serangan panik, yang terbaik dan yang paling mendesak untuk dilakukan adalah mengalihkan perhatian Anda. Anda dapat melakukannya dengan menghitung angka mundur, membaca puisi, atau menyanyikan lagu favorit Anda. Anda juga bisa mulai berpikir tentang kenangan bahagia atau sesuatu yang lucu di masa lalu. Ini akan membantu Anda untuk mendinginkan diri.

3. Dapatkan udara segar
Berjalan-jalanlah di sekitar taman atau teras. Jika memungkinkan, pergilah untuk jogging. Mengagumi keindahan di lingkungan sekitar Anda, menikmati kicau burung-burung, pohon-pohon, bunga-bunga, orang lain bahagia. Ini akan mengurangi sumber gangguan dan akan membantu Anda menemukan hiburan dan perasaan damai.

4. Kendurkan otot-otot Anda
Mulailah dengan wajah Anda dan perlahan-lahan bergerak ke setiap bagian dari tubuh Anda. Lanjutkan bernapas pelan-pelan. Relaksasi otot-otot Anda akan membantu oksigen melewati setiap bagian dari tubuh Anda, sehingga menenangkan Anda. Cobalah cara ini dan Anda akan merasa jauh lebih baik dari sebelumnya.

5. Bicara dengan seseorang
Berbicara dengan orang lain yang merupakan pendengar yang baik pasti akan membantu Anda untuk menenangkan diri. Dengan demikian, Anda akan benar-benar membiarkan keluar semua keluhan dari sistem tubuh anda. Terlepas dari apakah orang itu mampu memberikan nasihat yang baik, Anda pasti akan merasa lega berbicara tentang apa yang Anda rasakan.

6. Mandi
Cara lain untuk rileks adalah dengan mandi. Hanya menutup mata Anda, nikmati, dan dengarkan air jatuh. Anda dapat bersenandung saat melakukannya. Ini cara membersihkan tubuh Anda dari luar, pasti akan membantu Anda untuk membersihkan perasaan Anda dari kecemasan dari dalam juga.

7. Praktek meditasi
Berlatih meditasi akan membantu tubuh Anda melepaskan hormon endorfin, yang membantu dalam peningkatan perasaan pikiran positif dan fokus. Sudah banyak orang mencoba dan menguji, dan metode inilah yang sangat efektif untuk membuat perasaan menenangkan.

8. Dengarkan musik yang menenangkan dan lembut
Ini adalah fakta yang dikenal, bahwa musik memiliki kemampuan untuk melakukan keajaiban merubah suasana hati Anda. Oleh karena itu simpan beberapa koleksi musik klasik di smartphone Anda agar bisa mendengarkannya setiap kali Anda membutuhkannya. Perlahan-lahan, coba lupakan alasan mengapa Anda sedang stres dan berkonsentrasilah pada irama musik yang Anda dengarkan. Anda akan terkejut melihat seberapa efektif metode ini.

9. Ambil bantuan profesional
Jika Anda merasa meskipun sudah melakukan semua hal di atas belum juga dapat menenangkan diri, yang terbaik adalah mencari bantuan profesional. Hal ini untuk memastikan apakah yang sedang Anda alami. Oleh karena itu, Anda harus mengunjungi seorang konselor untuk menerima saran.

10. Jangan pernah kehilangan harapan
Selalu ingat, jangan pernah kehilangan harapan. Selalu terus meyakinkan diri sendiri bahwa yang terbaik adalah optimis Anda akan keluar dari situasi apapun. Terus katakan kepada diri sendiri bahwa serangan panik bisa diatasi dan Anda pasti akan baik-baik saja dalam hitungan beberapa menit. Jadi jangan kehilangan harapan, apapun yang terjadi.

Bagikan :

You may also like...