10 Cara untuk Mengetahui Apakah Anda Siap Menjadi Orangtua

Bagikan :

orangtua, menjadi orangtua, cara agar siap menjadi orangtua
10 Cara untuk Mengetahui Apakah Anda Siap Menjadi OrangtuaMenjadi orangtua dikatakan tahap yang paling indah dari kehidupan. Fase kehidupan ini mengajarkan Anda tentang banyak hal. Ada saat-saat ketika Anda ingin tertawa dan menangis pada saat yang sama. Seiring dengan semua kebahagiaan dan pelajaran, penting untuk diingat bahwa menjadi orangtua membutuhkan kesiapan mental dan fisik juga. Untuk menghindari kebimbangan, selalu lebih baik untuk memastikan bahwa Anda siap untuk memiliki anak sebelum Anda mengambil tanggung jawab. Tulisanwanita.com memberikan 10 cara yang harus Anda ketahui, apakah Anda siap untuk menjadi orangtua. Bacalah lebih lanjut.

1. Apakah ada masalah dalam hubungan pernikahan Anda?
Atau apakah Anda menemukan kesulitan dalam memahami karakter masing-masing? Apakah Anda berdua berencana untuk memiliki bayi agar bisa melekatkan hubungan Anda? Anda berada di jalan yang salah. Anak Anda perlu tumbuh dalam suasana bahagia dan nyaman. Oleh karena itu, jangan membebani bayi Anda dengan masalah yang timbul dari kedua orangtuanya. Meskipun, jika Anda selama ini sering bertengkar sebelum berencana memiliki anak, getaran negatif dari hubungan Anda hanya akan menghambat pertumbuhan bayi Anda nantinya. Oleh karena itu, tingkatkan kemesraan hubungan Anda dengan pasangan Anda terlebih dahulu, baru kemudian berencana untuk memiliki bayi.

2. Apakah Anda sudah menyiapkan segala biaya kebutuhan?
Membesarkan anak adalah pekerjaan yang mahal, Anda harus ikhlas tanpa menerima bayaran. Membeli segala bentuk kebutuhan sampai membayar biaya pendidikan mereka nantinya, Anda harus menyiapkan segalanya sedini mungkin. Entah itu membeli baju, mainan, popok, susu, biaya berobat jika ia sakit, semua butuh biaya. Anda harus memperhitungkan betul finansial keluarga Anda secara matang.

3. Apakah Anda stabil secara finansial?
Selain mengelola biaya-biaya tertentu yang penting, Anda juga perlu menyisihkan uang gaji agar suatu saat jika dibutuhkan Anda tak perlu pinjam sana-sini. Pastikan Anda memiliki tabungan yang cukup. Juga pertimbangkan bahwa Anda memiliki polis asuransi untuk mengamankan keluarga Anda dan membayar biaya pendidikan anak Anda sampai dewasa.

4. Apakah Anda memiliki masalah kesehatan?
Selalu lebih baik untuk melakukan check up kesehatan lengkap sebelum Anda berencana untuk memiliki anak. Jika Anda menderita dari segala jenis penyakit serius, segeralah mencari pengobatan. Berkonsultasilah dengan dokter apakah penyakit Anda ada kemungkinan akan mempengaruhi anak Anda juga.

5. Bagaimana kedewasaan Anda?
Kedewasaan tidak dapat diperoleh atau dipelajari. Ini adalah keadaan yang hanya bisa dicapai melalui pengalaman. Ini harus diketahui bagi pasangan yang baru menikah, Anda pasti merasa canggung saat pertama memiliki dan membesarkan anak. Anak-anak tidaklah bersalah, karena belum banyak yang mereka pelajari. Seringkali mereka tidak sengaja memecahkan hal-hal di sekitar rumah, bangun di tengah malam, mengotori tembok, atau membuat ulah. Pada saat seperti itu, Anda harus tetap menjaga kestabilan emosi dan mampu menenangkan anak Anda. Anda harus menanamkan nilai-nilai budi pekerti luhur dan kebajikan pada anak Anda. Oleh karena itu, Anda sendiri harus cukup dewasa dalam menangani semua ini.

6. Apakah Anda cukup bertanggung jawab?
Apakah Anda rela mengambil tanggung jawab bersama suami atau memilih menyerahkannya pada orang lain? Apakah Anda suka ceroboh dan sering melupakan hal-hal penting? Sebelum menjadi orangtua, sangat dibutuhkan menjadi individu yang bertanggung jawab. Terbangun di tengah malam untuk menghentikan tangisan bayi Anda, mengganti popok, memberi makan, memandikan, menidurkan, menenangkan saat dia rewel adalah beberapa tugas yang perlu Anda lakukan dengan pasangan Anda. Kecuali jika Anda belum memiliki tanggung jawab cukup, Anda tidak akan mampu menghadapi tekanan saat menjadi orang tua dan kemungkinan akan gagal dalam mengasuh anak.

7. Apakah Anda memiliki pengetahuan cukup mengenai dunia anak-anak?
Ini tidaklah terlalu penting, tetapi sedikit memiliki beberapa pengetahuan tentang anak-anak akan membantu. Ini akan membantu Anda dalam mengetahui bagaimana berurusan dengan mereka dan mengatasi masalah mereka. Pelajari tentang anak-anak dengan berbicara dengan keluarga, teman-teman yang sudah berpengalaman, membaca buku, menghadiri seminar parenting dan bimbingan orangtua.

8. Mengapa Anda menginginkan anak?
Alasan dibalik mengapa Anda menginginkan anak adalah hal yang penting. Jangan pernah berencana memiliki bayi hanya karena semua teman-teman Anda sudah memiliki anak. Anda harus memiliki bayi juga harus karena suami Anda menginginkannya. Milikilah momongan hanya ketika Anda berdua merasa memang sudah waktunya.


9. Apakah Anda siap saat mengalami masa transisi?
Hidup pasti akan berubah setelah Anda memiliki anak. Anda tidak akan lagi memiliki banyak waktu luang dan kebebasan seperti yang Anda miliki saat ini. Setidaknya selama setahun kedepan ketika Anda sedang hamil sampai bayi mulai berjalan, saat-saat bersantai akan banyak berkurang. Setelah Anda memiliki bayi, hidup Anda akan berubah selamanya. Jika Anda siap untuk menjalani masa-masa transisi itu, Anda boleh memiliki bayi.

10. Apakah Anda berdua sudah membicarakan tentang hal itu?
Memiliki bayi harus menjadi keputusan bersama yang diambil oleh kedua pasangan. Oleh karena itu, penting untuk membahas secara rinci rencana memiliki bayi dengan pasangan Anda. Perencanaan bersama-sama akan membantu Anda berdua untuk menjadi orang tua yang baik. Kunjungi dokter kandungan sebelum Anda benar-benar memutuskan. Konsultasikan setiap hal kecil seperti kesehatan Anda, kesehatan suami Anda, komplikasi yang mungkin timbul, dsb. Ini tidak hanya akan membantu Anda mengatasi tekanan kehamilan, tetapi juga nantinya berpengaruh bisa menjadi orang tua yang baik.

Menjadi orangtua bukanlah tugas main-main, karena melibatkan banyak kesabaran dan usaha. Jika Anda bersedia untuk mengambil tanggung jawab dan melakukan apa yang diperlukan untuk menjadi orangtua, maka Anda sudah siap menikmati salah satu pengalaman paling manis yang akan Anda miliki sepanjang hidup Anda!

Bagikan :

You may also like...