10 Daftar Makanan yang Harus Dihilangkan dari Diet Anda

Bagikan :

makanan tidak sehat, jenis makanan tidak sehat
10 Daftar Makanan yang Harus Dihilangkan dari Diet AndaMakanan memiliki pengaruh besar untuk membuat tubuh Anda sehat atau sakit. Pilihan dari makanan yang Anda makan sehari-hari bisa menentukan perbedaannya. Tulisanwanita.com menuliskan beberapa contoh makanan dan kelompok makanan yang harus Anda hilangkan dari diet Anda sedini mungkin agar tubuh tetap sehat dan bugar.

1. Lemak jenuh
Lemak jenuh mungkin menjadi pelaku nomor satu yang bertanggung jawab sebagian besar penduduk dunia mengalami obesitas. Mereka ada dalam bentuk makanan cepat saji yang sulit untuk tidak dinikmati, sangat gurih tapi sangat berbahaya. Selain menumpuk kalori, lemak jenuh juga berkontribusi terhadap persentase berkembang pesatnya jantung koroner, stroke, dan serangan jantung di dunia.


2. Makanan instan
Bukankah makanan instan adalah cara yang paling nyaman dan cepat untuk dibuat makan siang atau makan malam saat di perjalanan? Namun, pilihan makanan ini jika keseringan dikonsumsi bisa berubah menjadi mimpi buruk bagi penduduk perkotaan. Mereka mungkin mengklaim diri sebagai makanan rendah kalori, tetapi sangat miskin nutrisi. Kekurangan serat makanan dan protein. Makanan ini adalah sumber karbohidrat yang diproses dan tidak memenuhi standar nilai gizi selain hanya memuaskan rasa lapar Anda. Selain itu, kandungan MSG dalam bumbunya juga berbahaya bagi kesehatan.

3. Lemak trans
Saat Anda melihat tulisan ‘lemak trans’ pada label makanan, maka pilihan yang lebih baik tidak usah membelinya karena merugikan kesehatan Anda di kemudian hari. Lemak terhidrogenasi juga terdiri dari lemak trans, karenanya kedua kategori ini tidak layak untuk dikonsumsi. Lemak trans bertindak meningkatkan kadar kolesterol LDL dan menyebabkan meningkatnya jumlah penyakit jantung dan banyak masalah kesehatan lainnya. Makanan ringan dan makanan yang dipanggang adalah contoh makanan yang banyak mengandung lemak trans.

4. Pewarna dan pemanis buatan
Jika Anda menganggap pemanis buatan bisa digunakan sebagai alternatif pengganti gula, Anda keliru. Tidak ada dalam kamus bahwa makanan yang mengandung bahan tambahan sintesis itu sehat bagi tubuh manusia. Pemanis buatan seperti sucralose, aspartam, dan sakarin berkontribusi pada sejumlah masalah kesehatan termasuk penyakit fatal seperti kanker. Mereka juga berkontribusi melemahkan kondisi seperti migrain, kelelahan kronis, nyeri sendi dan otot, masalah penglihatan, mual, gangguan pencernaan dan fibromyalgia. Pewarna buatan juga bertanggung jawab memiliki efek yang sama.

5. Yogurt berasa
Beralihlah ke yogurt tanpa rasa sebagai gantinya. Yogurt kemasan rasa buah mungkin tampak menggoda dan sehat karena persepsi kita minuman ini mengandung buah asli. Tapi rasa buah yogurt kemasan hanyalah nama lain dari perisa makanan. Jadi, memilih buatan rumahan atau membuat yogurt sendiri dengan ditambah rasa buah asli adalah pilihan yang bijaksana.

6. Daging olahan
Daging olahan yang mengandung nitrit merupakan pelaku lebih berbahaya. Sosis, nugget, dan beef burger cepat saji yang mengandung nitrit dapat bercampur dengan bahan lain dalam perut Anda dan berubah menjadi karsinogenik. Mereka bertanggung jawab meningkatkan resiko kanker.

7. Tepung putih
Tepung putih adalah jenis tepung yang telah diproses sedemikian rupa. Dan karena melalui pemrosesan tersebut maka hampir tidak memiliki nutrisi. Selain tidak ada nilai gizinya, mereka menguras penyimpanan nutrisi dalam tubuh Anda. Lebih baik beralih ke tepung gandum atau terbuat dari biji-bijian sebagai gantinya.

8. Soda
Baik itu biasa atau diet, soda telah diidentifikasi sebagai alasan utama untuk pertumbuhan masalah kesehatan di Amerika. Soda meningkatkan keinginan Anda makan berlebihan, menguras kepadatan tulang Anda, meningkatkan pembentukan pengeroposan, dan mempercepat risiko penyakit jantung dan stroke.

9. Keju olahan
Setiap makanan yang memiliki umur simpan/masa kadaluarsa jelas memiliki banyak pengawet di dalamnya. Jika Anda ingin makan keju, makanlah jenis keju yang ditumbuhi jamur bila disimpan lama. Keju olahan bisa awet dalam waktu yang lama di lemari es Anda. Biasa dikemas dalam irisan dibungkus rapi, kaleng, atau kotak kardus. Makanan ini memiliki jumlah pengawet yang dapat membahayakan tubuh daripada yang dapat Anda bayangkan.

10. Monosodium glutamat (MSG)
MSG sebagai salah satu dari bentuk penyedap rasa, sudah digunakan dalam kurun waktu yang lama. Ada banyak laporan efek buruk MSG sebagai penyedap rasa, meski penggunaan MSG sendiri diperbolehkan oleh pemerintah. Efek dari penyedap rasa berupa MSG ini ini menimbulkan reaksi yang dinamakan symptom complex MSG seperti poin-poin di atas. Menurut beberapa penelitian, MSG bisa memicu reaksi yang membahayakan kesehatan jantung, sistem gastrointestinal, sistem syaraf, organ genital, dsb. Pilihlah bumbu masak alami sebagai gantinya.

Kesehatan adalah modal paling utama yang dapat Anda tentukan sendiri. Ketika tubuh sehat, tentu saja Anda dapat menikmati hidup tanpa dibayangi sakit-sakitan pada usia berapapun. Minimalkan jenis makanan tidak sehat ini, dan mulailah kehidupan yang lebih baik. Makan makanan sehat, dan menjalani hidup bebas penyakit.

Bagikan :

You may also like...