10 Jenis Makanan Sumber Vitamin E

Bagikan :

sumber vitamin e, makanan sumber vitamin e, sumber dan fungsi vitamin e
10 Jenis Makanan Sumber Vitamin ESeringkali vitamin E diremehkan bagi banyak orang dibandingkan dengan jenis vitamin lainnya, seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin B kompleks. Padahal, vitamin E mempunyai peran yang sangat penting bagi kesehatan kita. Kandungan tokoferol dan tokotrienol pada vitamin E bermanfaat untuk mencegah oksidasi yang berlebihan (radikal bebas) di dalam tubuh. Selain itu, vitamin E juga membantu dalam menjaga fungsi-fungsi penting lain dari tubuh seperti aktivitas enzimatik dan kerusakan sel. Tulisanwanita.com memberikan informasi daftar makanan sumber vitamin e alami.


Asupan harian vitamin E ternyata juga dapat mencegah timbulnya penyakit defisiensi seperti retinopati dan ataksia. Bahkan berdasarkan penelitian, vitamin E berguna untuk menurunkan resiko penyakit kanker dan Alzheimer. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menyertakan jumlah vitamin E yang cukup dalam diet Anda. Berikut adalah daftar makanan yang menjadi sumber vitamin E alami.

10 Jenis makanan sumber vitamin E alami

1. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari dalam bentuk kering maupun minyak merupakan sumber vitamin E yang baik. Anda bisa menggunakan kuwaci sebagai camilan yang menyehatkan karena dalam 100 gram kuwaci terkandung 36,6 mg vitamin E.

2. Kacang
Hampir semua kacang-kacangan, terutama almond, merupakan sumber yang kaya akan vitamin E. Jika Anda berniat meningkatkan asupan vitamin E, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi kacang almond, hazelnut atau jenis kacang lainnya mulai dari sekarang.

3. Bayam
Sayuran ini pada dasarnya memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Selain mengandung vitamin E, bayam juga merupakan sumber makanan yang serba komplit dan memiliki sejumlah nutrisi penting lainnya. Dalam 100 gram penyajian, bayam mengandung 3, 5 miligram vitamin E.

4. Brokoli
Sumber vitamin E selanjutnya yaitu brokoli. Selain berguna untuk mencegah penyakit kanker, brokoli juga mengandung beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, C, D, E, dan K. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, brokoli sebaiknya dimasak dengan cara dikukus.

5. Daun Kemangi
Oregano atau biasa disebut daun kemangi ternyata memilik kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Siapa sangka, daun rempah beraroma wangi ini mengandung 7,38 miligram vitamin E dalam 100 gram penyajian.

6. Tomat
Selain kaya akan vitamin A, tomat juga terbukti mengandung sejumlah vitamin E. Anda bisa mengkonsumsinya dengan berbagai cara, misalnya dibuat jus, sambal, campuran sup, saus, dan lain sebagainya.

7. Minyak zaitun
Pemakaian minyak zaitun sebagai pengganti jenis minyak yang mengandung lemak jenuh adalah langkah yang paling tepat untuk memelihara kesehatan. minyak zaitun mengandung vitamin E sebesar 18 % dan juga kandungan polifenol alami yang mencegah beberapa jenis kanker. Ketika terjadi masalah stres oksidatif maka sel kanker akan menyerang sel sehat. Dan minyak zaitun mampu mengendalikan proses stres oksidatif sehingga sel kanker tidak bisa tumbuh.

8. Ikan salmon
Ikan salmon adalah salah satu sumber alami vitamin E yang sangat tinggi untuk tubuh. Kandungan vitamin E menjadi zat anti oksidan yang sangat kuat dan bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, menormalkan LDL dalam tubuh dan mengurangi penimbunan plak dalam arteri. Selain itu anti oksidan dalam ikan salmon juga sangat berperan untuk melawan radikal bebas. Konsumsi 3 ons ikan salmon perhari sudah mencukupi kebutuhan vitamin E perhari untuk orang dewasa.

9. Tahu
Tahu adalah salah satu jenis makanan olahan yang terbuat dari bahan kedelai. Ini adalah makanan yang sangat murah dan terjangkau untuk semua orang. Dalam satu potong tahu yang memiliki berat 100 gram terdapat 5.3 % vitamin E. Isoflavon yang ditemukan dalam tahu menjadi salah satu jenis zat yang bisa memiliki kemampuan untuk mengikat zat radikal bebas dalam tubuh. Senyawa ini sangat efektif untuk mencegah kanker dan juga mencegah masalah efek penuaan dini pada kulit.

10. Talas
Talas ternyata bukan sekedar makanan kuno tempo dulu. Faktanya, dalam 100 gram penyajiannya, terdapat sekitar 2,9 miligram vitamin E.

Meskipun saat ini sumber vitamin E juga banyak dikemas dalam bentuk kapsul suplemen, tidak ada salahnya jika Anda tetap memenuhi asupan vitamin E dengan cara mengkonsumsi makanan alami yang mudah ditemukan di sekitar Anda. Selain alami, Anda juga dapat memperoleh nutrisi penting lainnya yang terdapat pada makanan tersebut.

Bagikan :

You may also like...