10 Jenis Makanan yang Menurunkan Gula Darah

Bagikan :

gula darah, makanan untuk menurunkan gula darah

10 Jenis Makanan yang Menurunkan Gula DarahJumlah penderita diabetes terus meningkat di seluruh dunia. Sementara faktor keturunan memainkan peran di dalamnya, faktor-faktor lain seperti kebiasaan diet dan gaya hidup sama-sama penting. Individu dengan gula darah tinggi harus ekstra hati-hati dengan apa yang mereka makan. Beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh tercantum disini. Apa saja?

1. Oatmeal
Oatmeal mudah tersedia dan murah, kabar baiknya adalah makanan ini juga lezat. Oatmeal memberikan semua nutrisi yang Anda butuhkan tanpa meningkatkan kadar gula darah Anda karena tinggi serat larut. Makanan ini baik untuk orang yang kelebihan berat badan karena membantu mereka menurunkan berat badan, selain melawan gula darah tinggi. Gunakan pemanis diet, bukan gula dan itu akan menjadi resep yang sempurna untuk menurunkan gula darah Anda.

2. Tomat
Karena diet diabetes sangat membatasi, penting untuk menyertakan tomat karena memberikan vitamin dan mineral penting sambil membantu mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh.

3. Bayam
Hampir tidak ada bahan makanan sehat seperti sayuran berdaun hijau, dan bayam berada di puncak daftar. Ini adalah sumber yang kaya vitamin dan mineral seperti besi, magnesium, folat dan asam askorbat. Selain itu, mengandung jumlah tinggi serat tapi rendah karbohidrat sehingga membantu Anda mencapai kadar gula darah rendah.

4. Bawang
Apakah dikonsumsi mentah atau dalam bentuk dimasak, bawang sangat membantu dalam menurunkan kadar gula darah karena mengandung senyawa yang membantu mengelola kadar gula darah dalam tubuh.

5. Brokoli
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa orang dengan gula darah tinggi lebih rentan terhadap penyakit lain terutama jantung. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga supaya jantung tetap sehat bersama dengan menurunkan tekanan darah. Brokoli mengandung kalium dan kromium yang membantu dalam menurunkan tekanan darah.

6. Kayu manis
Selain memiliki rasa yang tajam, kayu manis telah terbukti mengurangi kadar gula darah juga. Hal yang baik adalah bahwa tidak ada batasan untuk menambahkan beberapa bubuk kayu manis ke dalam bahan makanan Anda – baik teh sampai sereal.

7. Kedelai
Ini adalah sumber yang kaya protein, tapi mengandung sedikit karbohidrat yang membuatnya aman untuk penderita diabetes. Jika Anda sedang diet tanpa risau kadar gula darah Anda, kedelai adalah jawaban untuk masalah Anda.

8. Pare
Pare umumnya digunakan sebagai makanan dan obat-obatan dalam budaya Asia. Makan buah ini dapat menurunkan gula darah. Karena rasa pahitnya, sebaiknya sajikan pare yang dimasak dengan rempah-rempah atau sayuran lainnya.

9. Selada
Ini adalah cara yang bagus untuk melawan gula darah tinggi karena kandungan kolesterol dan karbohidratnya sangat rendah.

10. Biji rami
Biji rami adalah sumber yang kaya magnesium dan asam lemak omega-3 dan dapat dikonsumsi dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain mengkonsumsi makanan diatas, mencoba olahraga rutin, istirahat yang cukup, serta menjauhi stres adalah langkah yang baik untuk mengontrol gula darah Anda.

Bagikan :

You may also like...