10 Langkah Efektif untuk Menghilangkan Bau Mulut

Bagikan :

bau mulut, cara menghilangkan bau mulut, cara mengusir bau mulut, bau mulut tak sedap
10 Langkah Efektif untuk Menghilangkan Bau MulutBau mulut sering dikaitkan dengan adanya masalah kesehatan organ internal dan cenderung dinilai sebagai salah satu hal yang paling menjengkelkan. Bau mulut juga merupakan tanda dari kebersihan yang buruk dan tidak ada orang yang mau berlama-lama di sekitar seseorang yang memiliki kebersihan mulut yang buruk. Jika Anda menderita bau mulut, yang juga disebut halitosis, ikutilah beberapa trik untuk menghilangkannya. Pelajari cara untuk menghentikan bau mulut dengan 10 tips berikut.

1. Kunyahlah permen karet bebas gula
Air liur adalah senjata alami tubuh Anda dalam melawan penumpukan bakteri di mulut. Sebuah cara yang bagus untuk menghentikan bau mulut adalah dengan meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Kunyahlah permen karet bebas gula. Pastikan bahwa Anda mengunyah permen karet yang benar-benar bebas gula ketika Anda mencoba untuk menghentikan bau mulut.

2. Bersihkan lidah Anda
Anda sudah menggosok gigi setiap hari, tetapi apakah Anda rutin membersihkan lidah? Jika tidak, apakah Anda melihat penumpukan lapisan putih pada lidah? Kuman dan bakteri pada lidah dapat menjadi penyebab bau mulut Anda. Anda dapat membersihkan lidah Anda dengan pembersih lidah atau dengan menggosok sisi belakang sikat gigi Anda. Untuk menghentikan bau mulut, jangan lupa membersihkan lidah Anda setiap kali Anda menyikat gigi.

3. Gunakan obat kumur
Penggunaan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut telah banyak direkomendasikan oleh para ahli. Namun, banyak dari kita cenderung membuat kesalahan dengan mengganti kebiasaan menyikat gigi hanya dengan berkumur dengan obat kumur saja. Anda harus ingat bahwa obat kumur hanya efektif ketika bertindak mengurangi bau mulut dan membatasi penumpukan bakteri di dalam mulut. Kami sarankan Anda menyimpan botol kecil obat kumur dalam tas untuk dipakai kumur setelah selesai minum kopi di tempat kerja untuk menghindari bau mulut.

4. Minum air dan menjaga asupan cairan yang dianjurkan
Apakah Anda tahu bahwa bau mulut sering dapat disebabkan oleh kekeringan di mulut Anda? Kami memahami bahwa tidak mungkin kita mengunyah sesuatu sepanjang waktu, apalagi saat tidur. Anda dapat menghindari bau mulut dengan memastikan asupan rutin air untuk menghindari mulut kering. Hanya semudah itu!

5. Bilas mulut sehabis makan
Kami memahami bahwa Anda mungkin tidak selalu mengunyah permen karet bebas gula atau menggunakan obat kumur setelah menyantap makanan ringan. Tapi itu bukan berarti Anda tidak membilas mulut Anda, bukan? Biasanya ada beberapa sisa makanan terselip di antara gigi Anda yang dapat menyebabkan bau mulut. Anda dapat menghilangkan bau mulut dengan berkumur setelah makan. Dengan membilas mulut Anda, Anda akan menghindari bau mulut karena gusi terbebas dari sisa makanan yang dapat menyebabkan lebih banyak bakteri bercokol di mulut Anda.

6. Simpan sekotak permen menthol
Anda harus membawa permen rasa menthol untuk mengurangi bau mulut, jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan penyegaran untuk memperbaiki bau mulut Anda. Konsumsi permen berlebihan dapat menyebabkan kerusakan gigi dan menambah asupan kalori, karena kandungan gula dalam permen. Tetapi jika Anda tiba-tiba terburu-buru untuk rapat, atau menemui klien, permen rasa menthol akan berguna dan segera memperbaiki bau mulut Anda.

7. Hilangkan kebiasaan buruk
Bau mulut juga hasil dari kebiasaan merokok, minum kopi, teh, alkohol, atau minuman ringan. Apakah Anda benar-benar bisa berharap menghentikan bau mulut jika Anda seorang perokok berat atau seseorang yang terus-menerus menyeruput kopi atau teh? Mulut Anda akan tercium bau busuk setelah melakukan kebiasaan tersebut. Mengurangi kebiasaan buruk sudah secara alami akan menghilangkan bau mulut Anda. Kita tidak bisa memikirkan alasan yang lebih baik untuk melawan bau mulut dan menjaga kesehatan dengan berhenti merokok atau membatasi 5 cangkir kopi setiap hari, bukan?

8. Mengetahui makanan yang harus dihindari
Ketahui jenis-jenis makanan yang menyebabkan bau mulut, dan cobalah menghindarinya agar tidak menimbulkan bau mulut yang menyebabkan malu. Makanan seperti bawang putih, bawang merah, makanan manis, dan makanan pedas dapat mengakibatkan bau mulut. Jangan khawatir, kami tidak meminta Anda untuk berhenti mengkonsumsi makanan ini secara total, tetapi cobalah untuk menghindari makan makanan ini sebelum Anda menghadiri pertemuan penting atau saat berada di tengah orang-orang penting.

9. Mempraktekkan kebersihan gigi sehari-hari
Apakah Anda sering langsung pergi ke tempat tidur karena Anda sudah melewati hari yang melelahkan? Apakah Anda mengabaikan menyikat dan flossing gigi Anda setidaknya dua kali setiap hari? Jika iya, kami menyarankan Anda segera mulai menjaga kebersihan gigi yang tepat untuk menghentikan bau mulut. Kebersihan gigi yang baik dimulai dengan kebiasaan menyikat gigi teratur, flossing gigi, dan berkunjung tepat waktu ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan berkala.

10. Ikuti rutinitas pembersihan berkala jika Anda memiliki gigi palsu atau lainnya
Bau mulut juga bisa menjadi hasil dari kurang higienisnya penggunaan gigi palsu atau perlengkapan lainnya. Jika Anda memiliki gigi palsu, rendam dalam larutan anti-bakteri seperti anjuran dokter gigi Anda. Jika tidak, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda hari ini dan merencanakan pembersihan rutin untuk gigi palsu atau perlengkapan lain yang mungkin Anda miliki untuk menghilangkan bau mulut. Bakteri yang banyak menumpuk pada gigi palsu atau perlengkapan lain bisa menjadi penyebab bau mulut Anda.


Loading...
Bagikan :

You may also like...