10 Makanan Terbaik yang Meringankan Sembelit

Bagikan :

sembelit, makanan untuk sembelit, cara mengatasi sembelit

10 Makanan Terbaik yang Meringankan SembelitHampir semua orang pernah menderita sembelit. Untungnya, sembelit bukan kondisi yang serius dan sering dapat diobati dengan mudah tanpa bantuan medis. Salah satu cara terbaik untuk meringankan sembelit adalah untuk makan cukup makanan tinggi serat. Artikel berikut menuliskan beberapa makanan yang meringankan sembelit.

Diet serat diklasifikasikan sebagai serat larut atau tidak larut. Kedua serat ini sangat penting untuk menjaga usus berjalan lancar. Serat larut adalah serat pangan yang larut dalam air. Di dalam lambung, serat larut mennyerap air dan membentuk gel, yang membantu memperlambat proses pencernaan. Serat larut memperlambat pengosongan perut sehingga anda merasa kenyang lebih lama dan tidak ingin segera makan lagi. Hal ini akan membantu anda mengendalikan berat badan. Pengosongan lambung yang lambat juga membantu pengendalian kadar glukosa darah sehingga mengurangi resiko diabetes. Serat larut juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan sehingga dapat mengurangi kolesterol darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Sedangkan serat tak larut adalah serat pangan yang tidak larut dalam air. Serat pangan ini tidak larut dalam air, oleh karena itu serat tak larut melewati saluran pencernaan dengan relatif utuh dan mempercepat perjalanan makanan melalui usus. Serat tidak larut sangat berguna untuk melancarkan buang air besar sehingga mengurangi resiko sembelit dan diare. Serat tak larut juga membantu menghilangkan racun dari usus besar dan membantu mempertahankan pH (tingkat keasaman) usus, sehingga mengurangi resiko kanker usus.

Jika Anda ingin meringankan sembelit Anda dengan cepat, berikut adalah beberapa makanan tinggi serat yang harus Anda sertakan ke dalam diet Anda.

1. Apel
Apel mengandung serat larut dan tidak larut, yang diperlukan untuk pencernaan yang tepat, sebagian besar serat itu berasal dari kulit apel. Selain serat, apel juga mengandung pektin, yang dapat membantu melembutkan kotoran dan mempromosikan gerakan usus. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus makan apel pada waktu perut kosong. Cara terbaik untuk melakukannya adalah, makan 2 sampai 3 buah apel setelah bangun di pagi hari.

2. Pisang
Pisang adalah obat yang baik untuk sembelit karena kandungan serat yang tinggi. Mereka membantu menormalkan fungsi usus, kalium dalam pisang membuat otot usus berfungsi dengan baik.

3. Kubis
Kubis sangat membantu dalam mengurangi sembelit karena sangat kaya akan kandungan serat. Anda dapat menggunakan kubis untuk memudahkan sembelit dengan menggiling dan mempersiapkan untuk membuat jus. Ambil setengah cangkir kubis dua kali sehari untuk memiliki gerakan usus yang sehat.

4. Wortel
Wortel menawarkan sumber alami yang baik dari serat makanan. Satu segar 7 1/2 inci wortel mengandung 1,2 g serat tidak larut. Serat tidak larut sangat penting untuk kesehatan usus. Dalam hal ini, pergerakan usus Anda menjadi lebih teratur dan nyaman.

5. Mentimun
Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam mentimun sangat efektif dalam mengurangi sembelit. Jika Anda menderita sembelit kronis, tambahkan mentimun dalam diet harian Anda untuk memberikan bantuan.

6. Jeruk
Kandungan serat yang tinggi dalam jeruk bertindak sebagai stimulator alami untuk perut Anda. Mengambil satu atau dua buah jeruk sebelum tidur adalah cara yang bagus untuk mempromosikan gerakan usus yang baik di pagi hari.

7. Minyak almond
Minyak almond sangat bermanfaat untuk pengobatan sembelit karena memiliki efek pencahar alami. Campur 2 sendok makan minyak almond dalam segelas susu sebelum tidur untuk membantu melancarkan gerakan usus di hari berikutnya.


8. Kacang hitam
Kacang adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan serat tertinggi dari semua makanan. Sebagai contoh, satu cangkir kacang hitam yang dimasak mengandung sekitar 15 g serat. Karena kandungan serat yang tinggi, kacang hitam adalah salah satu solusi terbaik untuk sembelit.

9. Kubis Brussel
Kubis Brussel mengandung banyak serat, sehingga masuk dalam makanan penting untuk pencernaan yang sehat. Mereka mendukung pembentukan feses lunak yang memungkinkan gerakan usus yang cepat dan nyaman. Jika Anda menderita sembelit, tambahkan sayuran ini dalam diet Anda untuk meringankan sembelit.

10. Biji-bijian
Biji-bijian seperti beras merah, barley, dan oatmeal yang tinggi serat dan harus dimasukkan dalam diet seimbang untuk memastikan gerakan usus yang teratur.

Bagikan :

You may also like...