10 Makanan yang Menurunkan Tekanan Darah

Bagikan :

tekanan darah tinggi, menurunkan tekanan darah, makanan penurun tekanan darah tinggi

10 Makanan yang Menurunkan Tekanan DarahTekanan darah tinggi adalah hal yang umum saat ini. Jumlah orang yang menderita hipertensi meningkat secara eksponensial di seluruh dunia. Berbagai alasan mulai dari obesitas dan asupan garam yang tinggi, terlalu banyak stres, dan diabetes telah dinyatakan sebagai penyebab utama tekanan darah tinggi. Tetapi langkah pertama untuk mengambil jika Anda sungguh-sungguh menurunkan tekanan darah Anda adalah dengan cara memeriksa diet Anda. Artikel berikut menuliskan beberapa makanan yang membantu menurunkan tekanan darah Anda.

1. Pisang
Tidak ada yang bisa lebih murah dan lebih sehat daripada pisang. Ini adalah jenis buah kaya potassium yang memainkan peran besar dalam menurunkan tekanan darah. Itu membuat ginjal menyaring kelebihan natrium yang bertanggung jawab meningkatkan tekanan darah dan juga membantu pembuluh darah untuk beristirahat.

2. Susu skim
Ini adalah sumber yang kaya vitamin D dan kalsium, selain membangun tulang, memainkan peran besar dalam mengurangi tekanan darah. Selain itu, dengan meminum susu skim Anda tidak perlu khawatir tentang kalori ekstra.

3. Bayam
Terkadang kita semua benci kalau ibu memaksa kita mengkonsumsi sepiring bayam. Tapi ternyata, bayam memiliki cara yang bagus dalam mengurangi tingkat tekanan darah dalam tubuh. Ini adalah sumber yang kaya vitamin dan mineral seperti besi, magnesium, folat dan asam askorbat.

4. Kiwi
Ternyata, buah lezat ini memiliki poin plus lain lebih dari sekedar memuaskan selera kita. Ini adalah senjata penting melawan hipertensi karena kaya akan kalium dan asam askorbat, terlepas dari lutein antioksidan.

5. Kacang
Kacang menyediakan cara bagus untuk memerangi tekanan darah tinggi karena mereka kaya dalam dua mineral penting – kalium dan magnesium. Jadi tidak peduli apakah Anda adalah penggemar kacang hitam, putih, atau kacang merah, biasakan untuk disertakan menjadi bagian rutin dari menu Anda.

6. Cokelat hitam
Siapa bilang cokelat tidak baik untuk yang berdiet? Jika Anda berhati-hati untuk tidak melampaui batas, cokelat hitam bisa menjadi hal yang sangat sehat untuk dikonsumsi. Cokelat hitam bisa membuat tekanan darah stabil. Hal ini juga meningkatkan aliran darah dan mencegah aterosklerosis.

7. Tomat
Selain sebagai gudang mineral penting seperti kalsium, kalium, dan vitamin A, C, dan E, tomat juga mengandung antioksidan lycopene yang mengurangi tingkat tekanan darah dalam tubuh secara signifikan.

8. Buah beri
Buah beri, seperti stroberi, cranberi dsb. Terutama bluberi, harus dimakan secara teratur karena mengandung berbagai antioksidan seperti antosianin dan flavonol, terlepas dari dosis yang sehat dari sejumlah vitamin dan mineral, buah ini bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda.

9. Brokoli
Kalium dan kromium yang hadir berlimpah dalam brokoli, sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Buatlah tumisan dari brokoli, dan pastikan tekanan darah Anda tetap terkontrol.


10. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari adalah sumber besar magnesium yang sangat penting untuk memastikan tekanan darah Anda tidak meroket naik. Tapi pastikan mengkonsumsi dalam bentuk biji yang tawar, karena jika sebaliknya itu hanya akan memiliki efek buruk karena adanya jumlah tinggi natrium.

Bagikan :

You may also like...