10 Manfaat Kentang yang Baik untuk Kesehatan

Bagikan :

kentang, manfaat kentang, khasiat kentang
10 Manfaat Kentang yang Baik untuk KesehatanKentang telah menjadi salah satu bahan makanan yang populer dari semua resep masakan di seluruh dunia, tapi juga ada beberapa fakta kesehatan tertentu. Tulisanwanita.com menuliskan beberapa manfaat kentang untuk kesehatan kita. Baca lebih lanjut.

1. Kaya akan serat
Kentang dianggap sebagai makanan yang cocok bagi mereka yang ingin gemuk, tetapi makanan ini kaya serat dan sering disarankan juga untuk orang-orang yang berencana diet. Tergantung cara penyajiannya akan menentukan berapa banyak kalori yang Anda tambahkan pada kentang, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

2. Memerangi penyakit
Karena sumber serat yang baik, kentang sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa kentang membantu dalam mengurangi risiko kanker dan juga memerangi penyakit jantung. Kandungan vitamin B6-nya, bisa membantu Anda melawan gangguan saraf.

3. Baik untuk penderita diabetes
Orang berpikir bahwa kentang tidak baik bagi mereka yang menderita diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Tapi kebenarannya menurut “American Journal of Clinical Nutrition” adalah, indeks glikemik kentang sangat rendah, jadi bisa mengendalikan diabetes. Makan kentang dalam jumlah moderat akan membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat meski Anda memiliki diabetes.

4. Kentang untuk perawatan kulit
Kentang mengandung Vitamin C yang sangat baik untuk perawatan kulit, terutama kulit wajah. Rutin memakai masker kentang dapat membuat kulit wajah Anda cantik dan bersinar. Juga jika irisan kentang diletakkan di mata Anda selama 30 menit, dapat mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam di bawah mata.

5. Mengurangi kadar kolesterol
Anda mungkin telah mendengar ratusan mitos tentang bagaimana kentang bisa membuat gemuk. Tetapi kenyataannya, kentang memiliki jumlah kalori sedang dan tak bikin gemuk. Juga, mengenyangkan dan tidak membuat Anda merasa lapar dalam waktu yang lama. Karena kentang memiliki setengah serat larut dan tidak larut, maka kentang juga membantu mengurangi tingkat kolesterol Anda.

6. Baik untuk otak
Kentang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kegiatan sehari-hari Anda. Mereka adalah sumber zat besi dan tembaga, yang memberi nutrisi untuk otak.

7. Mengurangi peradangan
Jika Anda menderita peradangan luar atau dalam, maka kentang bisa mememberikan solusi bantuan untuk Anda. Kentang memiliki tekstur yang lembut, mudah dicerna, meringankan usus dan sistem pencernaan dari peradangan. Mereka dapat menyembuhkan peradangan eksternal ketika dibuat aplikasi topikal dengan cara digosokkan. Mereka juga baik bagi orang yang menderita sariawan.


8. Mengobati memar
Jus kentang sangat baik untuk pengobatan memar, luka bakar, keseleo, bisul dan mempercepat penyembuhan. Mereka juga membantu melawan efek narkotika dan masalah kulit. Kentang juga melawan kanker prostat, rahim, dan pembentukan kristal atau tumor.

9. Memberikan bantuan sakit batu ginjal
Batu ginjal disebabkan karena peningkatan kadar asam urat dalam darah. Dokter biasanya menyarankan pasien yang menderita batu ginjal untuk menyertakan kentang dalam makanan mereka karena tingginya tingkat zat besi dan kalsium.

10. Melepaskan hormon stres
Sangat kaya akan vitamin B6, zat yang dibutuhkan untuk pembaharuan sel, kentang sangat bermanfaat dalam menghilangkan stres dari pikiran dan tubuh Anda. Mereka membuat hormon adrenalin yang membantu kita menanggapi stres, dan GABA, yang memungkinkan kita rileks dan memberikan perasaan kesejahteraan.

Kentang sangat sehat hanya jika dihidangkan dengan cara yang benar. Alih-alih menggorengnya atau menambahkan kalori, idealnya bisa diolah dengan cara dikukus atau dipanggang saja.

Bagikan :

You may also like...