10 Manfaat Kesehatan dari Kapulaga

Bagikan :

kapulaga, manfaat kapulaga, khasiat kapulaga

10 Manfaat Kesehatan dari KapulagaKapulaga adalah sejenis buah yang sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga Jawa (Amomum compactum) dan kapulaga sabrang atau kapulaga India (Elettaria cardamomum), keduanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae. Di beberapa daerah kapulaga dikenal dengan nama kapol, palago, karkolaka, dan lain-lain. Artikel berikut menuliskan beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan.

1. Baik untuk perut
Kapulaga membantu mengatur empedu dan cairan lambung sehingga mencegah keasaman, memiliki sifat karminatif. Jadi, jika perut Anda bermasalah, obati dengan kapulaga.

2. Baik untuk jantung
Kapulaga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan darah. Jadi dianjurkan untuk penderita hipertensi, meskipun sama pentingnya bagi individu yang sehat untuk memastikan kesehatan jantung mereka. Hal ini juga mencegah pembekuan darah dengan menghentikan agregasi trombosit.

3. Baik untuk tulang
Kapulaga mengandung dua zat penting yang diperlukan untuk kesehatan tulang – mangan dan Vitamin C. Hal ini terutama penting bagi wanita pada masa menopause untuk membantu mencegah osteoporosis.

4. Analgesik
Kapulaga dikenal memiliki sifat menghilangkan rasa sakit dan bantuan untuk nyeri sendi, nyeri otot dan kejang. Selain itu, kapulaga juga diketahui memiliki sifat anti inflamasi dan dapat memberikan bantuan gusi bengkak.

5. Baik untuk ginjal
Penelitian menunjukkan bahwa kapulaga juga memiliki sifat diuretik dan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal ini juga bermanfaat terhadap penyakit lain terkait saluran kemih seperti nefritis dan sistitis.

6. Afrodisiak
Kapulaga telah lama dianggap memiliki sifat afrodisiak dan beberapa ahli berpendapat karena kemampuannya untuk menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini.

7. Perisai terhadap kanker
Uji coba terbaru pada tikus yang dilakukan peneliti menunjukkan, kapulaga sebenarnya membantu individu dalam melawan penyakit kanker terutama pada saluran pencernaan.

8. Anti depresan
Lain kali jika Anda merasa down, mencoba untuk menyembuhkannya dengan cara alami dengan mengambil satu atau dua kapulaga. Teh kapulaga dianjurkan untuk mengangkat suasana hati Anda.

9. Digunakan dalam terapi aroma
Tanyakan setiap terapis aroma, dan mereka akan menjelaskan semua khasiat kapulaga. Tampaknya kapulaga tidak hanya baik untuk tubuh Anda, tetapi juga dapat membantu Anda bersantai dan menghilangkan stres.

10. Memerangi kuman
Kapulaga dapat memberikan dorongan untuk kekebalan tubuh Anda. Sistem imun yang kuat sangat dibutuhkan untuk melawan bakteri dan patogen lainnya dan mencegah mereka berkembang biak sehingga memastikan kesehatan Anda.

Bagikan :

You may also like...