10 Manfaat Kesehatan dari Minyak Biji Rami

Bagikan :

minyak biji rami, manfaat minyak biji rami

10 Manfaat Kesehatan dari Minyak Biji RamiSebuah penemuan mengejutkan baru-baru ini telah mengungkapkan bahwa penggunaan biji rami sejak sekitar 30.000 SM! Biji rami sudah lama digunakan untuk bahan membuat kain, finishing kayu, sebagai tanaman hias, dan diperoleh minyak nabatinya. Biji rami (flaxseed) yang diperkaya dengan berbagai nutrisi seperti serat makanan, karbohidrat, lemak yang sebagian besar tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, protein dan banyak vitamin, asam lemak omega-3, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, besi, dan seng . Namun, minyak biji rami harus diambil setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. Ini berguna dalam mengendalikan sejumlah kondisi kesehatan, tetapi Anda harus membeli yang terdaftar dalam departemen kesehatan untuk memastikan terhindar dari senyawa logam berat dan merkuri. Berikut adalah beberapa daftar manfaat minyak biji rami.

1. Kontrol kolesterol
Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa minyak biji rami menurunkan kadar kolesterol ‘buruk’ dan mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak biji rami juga membantu menangkal serangan angina (angin duduk).

2. Penghilang peradangan
Asam lemak omega-3 dalam minyak biji rami tampaknya mengurangi respon inflamasi tubuh terutama untuk asam urat, lupus, dan payudara fibrokistik, yang semuanya tentu sangat menyakitkan.


3. Bisa mencegah hipertensi
Sebuah hasil yang mungkin dari penggunaan dari minyak biji rami adalah pencegah hipertensi.

4. Kontrol penyakit usus, saluran usus, dan batu empedu
Minyak ini berguna dalam mengendalikan penyakit radang usus, memperbaiki saluran usus, serta mencegah pembentukan batu empedu dan membantu dalam melarutkan yang sudah ada jika dikonsumsi secara rutin.

5. Membantu wanita yang menderita gangguan pra-menstruasi
Ini mungkin bisa membantu perempuan yang menderita gangguan sebelum menstruasi. Ini memiliki efek positif pada siklus menstruasi, mencegah perdarahan berat, mengurangi semburan panas selama peri-menopause dan menopause, meningkatkan fungsi rahim dan menangani masalah-masalah kesuburan pada wanita.

6. Mencegah masalah prostat
Asam lemak esensial dalam minyak biji rami telah terbukti untuk mencegah masalah prostat, dan membantu dalam mengobati infertilitas pria.

7. Meminimalkan kerusakan saraf
Hal ini juga membantu dalam transmisi impuls saraf, dan memiliki nilai yang besar dalam mengobati kondisi yang melibatkan mati rasa atau saraf kesemutan.

8. Menjaga usus besar yang sehat
Minyak biji rami membantu untuk mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh, dan menjaga usus besar yang sehat. Kandungan serat yang tinggi juga mengurangi sembelit.

9. Memiliki kekuatan penyembuhan kulit
Asam lemak dalam minyak ini mengandung penyembuhan luas untuk penyakit kulit. Asam lemak omega-3 mencegah pori-pori tersumbat, sehingga membantu mengurangi jerawat. Pasien dengan penyakit eksim, psoriasis, dan menderita rosacea – mirip dengan jerawat – juga bisa diobati dengan minyak biji rami. Kulit yang terbakar matahari juga dikatakan bisa sembuh lebih cepat setelah menerapkan minyak ini.

10. Membuat rambut dan kuku yang sehat
Penggunaan minyak biji rami telah ditemukan dapat membantu pertumbuhan rambut sehat dalam kasus terkait masalah psoriasis atau eksim kulit kepala. Asam lemak esensial dalam minyak ini juga menyehatkan kuku dan mencegahnya dari kerusakan.

Bagikan :

You may also like...