10 Superfood untuk Meningkatkan Kesehatan yang Jarang Dikenal

Bagikan :

superfood, makanan super, makanan untuk meningkatkan kesehatan
10 Superfood untuk Meningkatkan Kesehatan yang Jarang DikenalYang membedakan antara makanan super dengan makanan biasa tentu saja adalah kualitas yang lebih bermanfaat bagi tubuh manusia. Superfood memiliki lebih banyak nutrisi, membantu dalam menyembuhkan berbagai penyakit, dan juga sangat sehat untuk dikonsumsi. Berikut adalah beberapa makanan super yang jarang dikenal orang untuk meningkatkan kesehatan Anda. Anda mungkin pernah mendengar beberapa, tapi sudah saatnya menyertakan dalam diet Anda untuk kesehatan yang lebih baik.

1. Kale
Kale kaya akan zat besi, fosfor, kalium, dan vitamin A, C, K yang diperlukan untuk pembekuan darah. Ini adalah salah satu sayuran sehat yang dapat dimakan mentah atau dimasak untuk mengurangi kolesterol. Kale juga mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan membuat tulang kuat dan sehat.

2. Kacang Brazil
Kacang Brazil sebenarnya biji yang muncul seperti kacang. Ditemukan di daerah hutan hujan Brazil dan Amazon. Mereka mengandung lemak sehat yang mengontrol kolesterol, sehingga mencegah serangan jantung. Mereka juga mengandung tiamin, seng, serat dan protein, yang membantu dalam penurunan berat badan. Kacang ini harus dikonsumsi dalam jumlah sedang dan dalam bentuk tawar, atau ditambah dengan garam yang sangat sedikit, karena terlalu banyak bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Kakao
Kakao atau biji kakao berasal dari pohon kakao Theobroma. Biji kakao digunakan dalam minuman cokelat panas dan cokelat. Sangat bergizi, meningkatkan energi, dan diyakini mampu memberikan panjang umur. Mereka termasuk makanan super karena mengandung antioksidan yang menunda penyakit Alzheimer dan kanker.

4. Biji rami
Biji rami merupakan makanan sumber protein, yang mengandung asam amino penting. Digunakan untuk merawat kulit kering dan meringankan nyeri haid. Manfaat lainnya, mengurangi kolesterol dan peradangan dalam tubuh, menurunkan tekanan darah dan arthritis.


5. Royal Jelly
Royal Jelly meningkatkan vitalitas dan libido yang tidak ditemukan pada makanan super kaleng lainnya. Makanan ini sarat dengan asam amino, vitamin D dan E, kalsium dan zat besi dalam jumlah berlimpah. Digunakan oleh atlet untuk meningkatkan energi, bagi wanita untuk meningkatkan kesuburan, bagi orangtua untuk memerangi kegelisahan dan depresi. Royal jelly juga digunakan dalam bahan kosmetik untuk menyehatkan kulit dan rambut.

6. Spirulina
Spirulina adalah sejenis ganggang hijau-biru, yang mengandung sejumlah besar beta-karoten, protein dan zat besi, dan karena itulah dicari oleh banyak atlet. Superfood yang satu ini digunakan untuk mengobati kekurangan gizi dan anti-kanker. Bermanfaat dalam membangun otot dan mengurangi masalah memori.

7. Bee Pollen
Bee pollen adalah serbuk sari yang terkumpul pada tubuh lebah saat mereka mengumpulkan madu atau Royal Jelly. Tapi, harus dihindari oleh ibu hamil dan menyusui. Bee pollen juga digunakan dalam bahan kosmetik, memberikan bantuan dari alergi dan asma, dan juga membantu dalam meningkatkan energi para atlet. Namun harus dikonsumsi setelah mendapatkan rekomendasi dari seorang praktisi medis

8. Quinoa
Quinoa adalah tanaman biji-bijian yang memiliki biji dapat dimakan. Mengandung magnesium yang menyediakan oksigen ke otak dan membantu dalam pembentukan hemoglobin. Berisi zat besi untuk sel-sel darah yang sehat serta kandungan serat yang membantu dalam penurunan berat badan. Juga, mengandung semua asam amino dan tinggi protein dan lemak, yang tetap utuh meski dimasak.

9. Salmon liar
Ikan salmon liar adalah ikan dari keluarga Salmonide yang berkembang biak di air tawar. Asam lemak Omega-3 ampuh menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menguatkan jantung dan juga menjaga tekanan darah. Ikan ini juga mengandung Vitamin A, D, dan selenium, yang mencegah penyakit Parkinson dan Alzheimer.

10. Schisandra Berry
Ditemukan terutama di timur laut Cina dan Rusia, banyak digunakan dalam bahan obat-obatan untuk meningkatkan vitalitas, memperlambat penuaan, mengontrol depresi, dan meningkatkan kesehatan mental. Tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul. Buah ini juga bisa dibuat jus.

Banyak ahli kesehatan menyarankan gaya hidup hari ini, sangat penting untuk menyertakan makanan super dalam diet mereka. Karena orang-orang terlalu ceroboh dengan kebiasaan makan mereka, makanan super ini mengkompensasi kekurangan nutrisi dalam tubuh, dan membantu dalam menjaga kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Bagikan :

You may also like...