10 Trik Mendorong Anak Agar Mau Makan Sayur

Bagikan :

anak tidak mau makan sayur, cara agar anak makan sayur
10 Trik Mendorong Anak Agar Mau Makan SayurMendorong si buah hati supaya mau makan sayuran adalah salah satu pertanyaan yang telah meresahkan sebagian besar para ibu. Apakah Anda salah satu dari mereka? Berapa kali Anda melihat bahwa anak-anak Anda hanya bermain-main dengan sayuran di piring mereka, atau lebih parahnya lagi, malah dibuang ke dalam tempat sampah! Ya, membuat anak-anak agar suka makan sayur bisa menjadi tugas berat. Untuk mengatasi masalah ini, semua yang Anda butuhkan beberapa trik khusus dan anak-anak Anda akan mulai menyukai makan sayuran. Bacalah lebih lanjut.

1. Jadilah kreatif
Buatlah mie berbahan sayuran, atau rollade berisi daging cincang dan potongan sayur kecil-kecil. Dalam mengolah sayuran, Anda harus kreatif dalam menciptakan rasa sayur yang enak, lezat, dan tidak kalah nikmat dari daging ataupun makanan berprotein lainnya. Jika Anda memasak sayuran untuk buah hati Anda, usahakan mengganti menu sayuran setiap hari agar anak tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja.

2. Dibuat minuman
Seringkali, anak-anak menghindari makan sayuran karena mereka menganggap mengunyah sayuran terlalu membosankan. Cara terbaik keluar dari situasi seperti ini adalah dengan membuat sayuran dalam bentuk yang berbeda. Bagaimana jika dibuat minuman segar? Cobalah membuat smoothie dengan kombinasi buah dan sayur. Tuang smoothie dalam gelas lucu, tambahkan payung mainan di tepi gelasnya dan lihatlah anak-anak Anda minum semuanya. Meskipun mereka tidak mendapatkan banyak serat yang mereka butuhkan dari minum sayuran, tapi setidaknya lebih baik daripada tidak, bukan?

3. Berikan sayuran sebagai makanan pembuka
Sebagian besar anak-anak lapar ketika jam makan. Pada saat seperti itu, rasa lapar mengalahkan mereka dan mereka tidak peduli apa yang mereka makan. Saat Anda menyiapkan makan malam, taruh beberapa wortel, brokoli, dan seledri di atas piring dan menawarkan mereka sebagai makanan pembuka. Kemungkinan mereka akan segera memakan diam-diam karena mereka hanya membutuhkan sesuatu untuk dimakan.

4. Beri mereka pilihan
Letakkan wortel, brokoli, tomat dan sayuran lainnya dalam gaya prasmanan dan biarkan mereka memilih apa yang mereka sukai. Anak ingin memilih dan mengambil keputusan seperti orang dewasa. Ketika Anda membiarkan mereka membuat pilihan mereka sendiri, mereka lebih senang untuk makan karena itu memang pilihannya.

5. Biarkan mereka menciptakan sebuah karya seni
Anak-anak suka bermain dengan warna. Jadi berikan mereka sayuran dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Beritahu mereka untuk membuat kolase sayuran di piring mereka. Dengan cara ini, mereka juga akan makan sayuran kreasi mereka.

6. Libatkan mereka saat memasak
Libatkan mereka di dapur saat Anda memasak. Buat mereka mencuci sayuran, mengaduk, atau kegiatan apapun yang akan sesuai dengan usia mereka. Mereka akan bersemangat untuk mencoba semua yang mereka kerjakan saat Anda memasak.

7. Sembunyikan sayuran dalam makanan lainnya
Jika semua ide Anda gagal, lembutkan sayuran dan menambahkannya ke dalam makanan dan jangan sampai mereka curiga saat akan mengkonsumsinya.

8. Buatlah beberapa bentuk-bentuk lucu
Jika Anda menawarkan anak-anak sayuran yang dibentuk lucu bersama roti. Mereka akan memakannya dengan gembira saat mereka melihat makanan dengan bentuk superhero kesukaannya.

anak tidak mau makan sayur, cara agar anak makan sayur

9. Ajarkan menanam sayuran di pekarangan
Hal ini tidak hanya mengajarkan mereka berkebun dan merawat tanaman, tetapi mereka juga akan mau makan hasil yang telah mereka tanam sendiri. Cobalah ajari mereka menanam kecambah sebagai permulaan.

10. Mendidik mereka
Beri penjelasan mereka sayuran apa saja yang baik untuk tubuh dan buatlah semenarik mungkin. Siapkan gambar kartun anak dan biarkan mereka menempelkan stiker gambar sayuran atau buah pada setiap bagian tubuh setelah mereka makan satu porsi sayuran. Misalnya, setelah makan wortel, mereka dapat menempatkan stiker pada mata.


Apakah Anda menikmati cara-cara menyenangkan untuk membuat anak-anak Anda agar mau makan sayur? Lebih baik ikuti tips seperti diatas dan lihatlah anak-anak Anda mulai suka makan sayuran.

Bagikan :

You may also like...