11 Alasan Mengapa Harus Mulai Makan Tomat

Bagikan :

tomat, manfaat tomat, khasiat tomat
11 Alasan Mengapa Harus Mulai Makan TomatManis, segar, dan warnanya merah menggoda, itulah beberapa gambaran singkat tentang tomat yang lezat. Meskipun Anda bisa memikirkan ratusan alasan mengapa Anda harus makan buah enak dan bergizi ini. Tulisanwanita.com menuliskan beberapa alasan mengapa Anda harus mulai makan tomat.

1. Jika Anda mendambakan kulit yang cantik, tomat solusinya
Tomat melimpah akan lycopene, yang populer sebagai bahan pembersih dan merupakan bahan utama dalam banyak produk kecantikan di seluruh dunia. Kupaslah tomat dan tempatkan kulitnya di wajah Anda. Biarkan selama 10 menit dan setelah itu lihat perbedaannya. Kulit Anda akan mulai terlihat bersih dan bersinar.

2. Mencegah penyakit jantung
Tingginya tingkat kolesterol telah diidentifikasi sebagai salah satu alasan penting untuk pertumbuhan penyakit jantung di negara-negara maju. Tomat kaya akan vitamin dan antioksidan bersama dengan lycopene yang bertanggung jawab untuk menghilangkan atau mengurangi timbunan kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

3. Menurunkan berat badan dengan cara sehat
Tomat sangat rendah kalori. 100 g buah berair ini hanya mengandung sekitar 18 kalori. Juga, kehadiran serat membuat Anda merasa lebih kenyang dan karenanya Anda dapat secara efektif mengurangi kebiasaan ngemil. Juga, tomat adalah buah serbaguna yang dapat Anda buat beberapa masakan apa saja tanpa menambahkan kalori tambahan.

4. Melancarkan buang air besar
Jika Anda menderita sembelit, serat dapat menawarkan solusi yang terbaik. Tomat kaya akan serat dan menyertakanya sebagai bagian dari diet harian Anda dapat membantu menyingkirkan gangguan sembelit dan gejalanya.

5. Solusi untuk kanker
Beberapa penelitian telah membuktikan hubungan antara makan tomat dan mencegah kanker. Tingginya kadar lycopene dalam tomat mampu mengurangi resikonya. Lycopene mencegah pembentukan kanker prostat, usus dan perut. Lycopene mengganggu pembentukan sel-sel kanker sehingga mencegah timbulnya kanker.

6. Meningkatkan kesehatan mata
Tomat kaya akan berbagai vitamin dan mineral dimana vitamin A merupakan komponen penting. Kehadiran vitamin A dalam tomat menjadikan buah ini sangat efisien untuk memperbaiki visi. Makan tomat secara teratur dapat membantu Anda mencegah resiko kebutaan.


7. Menjadikan awet muda
Keriput dan garis-garis halus adalah tanda-tanda penuaan. Sementara ini mungkin tak terelakkan, tapi menunda gejala penuaan dapat dilakukan secara efisien melalui diet yang tepat. Di sinilah tomat memberikan kebaikan. Antioksidan dalam buah ini menunda tanda-tanda penuaan.

8. Baik untuk kesehatan rambut
Tomat dapat bekerja ajaib untuk mendapatkan rambut yang mengkilap, berkilau, dan kuat. Vitamin A dalam tomat berkontribusi untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

9. Memelihara kesehatan tulang yang kuat dan sehat
Tomat merupakan diet yang ideal untuk semua kalangan umur, tapi khususnya untuk anak-anak terutama selama fase pertumbuhan mereka. Tomat kaya akan kalsium dan vitamin K. Mereka memperbaiki dan memperkuat tulang Anda. Pada wanita, tomat telah dikenal dapat mengurangi risiko akibat osteoporosis.

10. Sumber kromium
Tomat adalah sumber kromium yang membantu dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Dan karenanya buah ini sangat dianjurkan untuk pasien diabetes.

11. Penghilang nyeri
Tomat berfungsi sebagai pereda nyeri yang hebat. Mereka membantu individu yang menderita arthritis dan nyeri punggung. Tomat memiliki agen anti-inflamasi seperti bioflavonoid dan karotenoid yang melawan dan mencegah peradangan.

Tomat adalah buah sangat serbaguna, yang dapat ditemukan di supermarket maupun pasar tradisional. Mereka adalah solusi alami untuk banyak masalah. Dengan menyertakan tomat sebagai bagian dari diet harian, maka Anda segera mendapatkan banyak manfaat kebaikan tomat.

Bagikan :

You may also like...