11 Efek Positif Kafein pada Tubuh Anda

Bagikan :

kafein, efek positif kafein, manfaat kafein
11 Efek Positif Kafein pada Tubuh AndaKafein adalah alkaloid berasa pahit, pada dasarnya merupakan obat perangsang yang ditemukan pada beberapa makanan dan produk makanan. Dari teh, kopi, minuman energi dan banyak minuman berkarbonasi, kafein hampir ditemukan pada setiap jenis minuman. Ini secara alami hadir dalam biji, daun dan buah dari beberapa tanaman. Sementara kepercayaan yang sudah berkembang, bahwa terlalu banyak kafein berbahaya bagi tubuh Anda. Ketika diambil cukup, kafein sebenarnya memiliki beberapa manfaat juga. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun, artikel di bawah ini menuliskan 11 efek positif dari kafein pada tubuh Anda.


1. Kafein membantu meningkatkan memori Anda. Studi di Jepang telah menunjukkan bahwa asupan 200 gram kafein secara signifikan meningkatkan daya ingat Anda.
2. Jika Anda berolahraga atau pergi ke gym, kombinasi kafein dan karbohidrat sebagai makanan pasca latihan adalah pilihan yang sangat baik. Kombinasi ini mengisi glikogen otot yang membantu dalam proses regenerasi otot setelah melakukan latihan yang ketat.
3. Kafein sebagai asupan pasca latihan juga membantu dalam mengurangi nyeri otot yang dialami setelah latihan berat.
4. Kafein juga membantu dalam memperbaiki dan meningkatkan stamina selama latihan. Dan dengan demikian, digunakan selama latihan pada tingkat moderat.
5. Kafein merangsang pertumbuhan rambut, dengan demikian digunakan sebagai salah satu prosedur pengobatan untuk kasus kebotakan pada wanita atau orang yang menderita rambut rontok.
6. Kafein adalah stimulan dan merangsang sekresi zat kimia yang disebut dopamin dalam tubuh. Dopamin merupakan neurotransmitter yang mengaktifkan pusat kebahagiaan pada otak. Ini juga membantu secara efektif mencegah depresi, atau depresi terkait penyakit psikologis.
7. Kafein membuat Anda waspada dan dapat menghindarkan rasa kantuk ketika Anda perlu berkonsentrasi pada sesuatu, seperti selama berkendara atau mengerjakan tugas-tugas kantor.
8. Dalam prosedur medis disebut kafein enema, cairan berkafein seperti kopi digunakan untuk membersihkan usus besar dan bahan beracun pada usus besar. Kafein membantu dalam detoksifikasi hati secara efektif. Kafein juga membantu untuk mencegah penyakit hati berlemak non-alkohol.
9. Kafein dalam tingkat sedang juga membantu dalam menghindari penyakit berat seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer. Menurut penelitian, mereka yang mengkonsumsi kafein juga lebih kecil melakukan tindakan bunuh diri.
10. Kafein juga membantu dalam menghindari penyakit mata seperti kejang mata dan katarak.
11. Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein membantu dalam menghindari kanker kulit.

Tetapi sekali lagi Anda harus mengingat, konsumsi kafein memiliki efek positif jika diambil moderat. Jadi, konsumsilah secara bijaksana.

Bagikan :

You may also like...