12 Pengobatan Alami Angular Cheilitis

Bagikan :

angular cheilitis, obat angular cheilitis, pengobatan cheilitis angularis
12 Pengobatan Alami Angular CheilitisApa itu Angular Cheilitis? Angular Cheilitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada satu atau kedua sudut mulut. Ini sebenarnya semacam luka sensitif yang dimulai dengan sedikit rasa tidak nyaman dan kemudian menyebabkan pecah, kering, perih, dan luka kemerahan pada sudut mulut. Angular cheilitis tidak menyebar karena hanya menempel pada area bibir. Tulisanwanita.com memberikan beberapa pengobatan alami untuk kondisi ini.

Satu hal yang harus diingat, jika angular cheilitis hanya berkembang pada satu sisi mulut, maka pastikan untuk tidak menyentuh sudut lain mulut Anda dengan lipstik, lip balm, atau dengan jari yang sama. Jika Anda menyentuh sudut lain yang tidak terinfeksi dengan jari yang sama, maka akan menyebar ke sisi itu juga.

Penyebab Angular Cheilitis
Penyebab umum dari angular cheilitis adalah kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut, kekurangan mineral penting seperti Vitamin B2, Seng dan Besi, gigi palsu, merokok, dan usia. Ini semua penyebab utama cheilitis angular tetapi Anda dapat mengobati masalah ini melalui perawatan sederhana, mudah dan alami di rumah.

Gejala Angular Cheilitis
Gejala angular cheilitis mungkin bisa ringan atau berat. Tetapi biasanya, tanda pertama dari masalah ini mengalami bibir pecah-pecah dan kering. Tiga tahap angular cheilitis dari yang ringan, sampai parah umumnya adalah :

Angular Cheilitis Ringan
Setiap kali orang menderita tahap ringan dari sudut cheilitis gejala umumnya tidak diketahui, gejala pada tahap awal ini adalah :

  • Kulit kecil melepuh terlihat di sudut-sudut mulut.
  • Anda juga dapat merasakan sensasi kaku pada satu atau kedua sudut mulut.
  • Anda juga mungkin merasa gelisah saat membuka mulut lebar.

Angular Cheilitis Sedang
Pada tahap sedang, gejalanya terlihat nyata. Seperti berikut .

  • Saat makan atau membuka mulut lebar, lesi terlihat pada satu atau kedua sisi mulut Anda.
  • Kulit sedikit terkelupas juga terbentuk pada satu atau kedua sudut mulut Anda.
  • Ada bengkak kecil atau kemerahan juga terlihat di sudut mulut.

Angular Cheilitis Parah
Pada tahap ini, gejala angular cheilitis terlihat sangat jelas, dimana terdapat luka pada sudut mulut. Gejalanya seperti :

  • Sangat tidak nyaman atau terasa sakit saat berbicara, makan dan menggerakan mulut.
  • Pada satu atau bahkan kedua sisi mulut terdapat luka lecet parah dan menyakitkan.
  • Tepi mulut juga pecah-pecah yang sangat sulit disembuhkan.

12 Pengobatan Alami untuk angular Cheilitis
Berikut adalah beberapa pengobatan alami sederhana dan efektif untuk menyembuhkan angular cheilitis :


1. Madu
Untuk melawan infeksi yang menyebabkan mikro-organisme, Madu merupakan pilihan terbaik. Madu juga tersedia di toko obat, tapi pastikan Anda memiliki madu murni. Oleskan madu langsung dengan bantuan jari Anda pada daerah yang terkena dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci area bibir atau mulut dengan air. Madu dapat digunakan bersama mentimun karena juga bekerja dengan baik.

2. Gel Aloe Vera
Aloe Vera sangat efektif untuk mengurangi dan mengobati rasa sakit angular cheilitis. Ambil satu batang lidah buaya dan ambillah gel secukupnya. Oleskan langsung pada sudut yang terkena atau retak pada mulut Anda. Sebelum menerapkan lidah buaya pada daerah yang terkena, dinginkan terlebih dahulu. Setelah menggosok biarkan kering setidaknya 15 sampai 20 menit. Setelah kering cuci dengan air segar.

3. Pelembab dan lip balm
Gunakan lip balm tanpa rasa seperti petroleum jelly atau minyak kelapa murni untuk menyembuhkan infeksi angular cheilitis. Karena perawatan alami ini sangat efektif dalam mengatasi masalah ini. Pastikan bahwa lip balm atau pelembab yang Anda gunakan tidak mengandung zat kimia apapun. Oleskan pelembab sebanyak yang Anda bisa dalam satu hari dan jangan lupa untuk menerapkannya sebelum tidur.

4. Air
Salah satu obat terbaik untuk mengobati masalah angular cheilitis adalah menghidrasi. Dalam satu hari, minumlah air sebanyak mungkin sehingga bibir Anda tidak kering atau pecah-pecah. Untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah atau kering, jaga tubuh Anda agar jangan sampai dehidrasi, dan konsumsilah 10 sampai 12 gelas air setiap hari.

5. Mentega kakao
Mentega kakao adalah pelembab alami yang sangat efektif untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Bukan hanya bertindak sebagai pelembab alami saja, tetapi juga sangat efektif untuk menyembuhkan angular cheilitis. Terapkan mentega kakao sesuai kebutuhan dengan bantuan jari Anda pada daerah yang terkena. Terapkan pengobatan ini dua sampai tiga kali sehari.

6. Minyak pohon teh
Jika mulai ada luka menganga pada sudut mulut Anda, gunakan minyak pohon teh. Angular cheilitis pada tahap ringan atau berat sangat menyakitkan, karena menimbulkan rasa sakit saat makan atau berbicara. Siapkan campuran minyak pohon teh dan minyak Vitamin E untuk pengobatan angular cheilitis. Ambil minyak pohon teh dan minyak Vitamin E secukupnya dan campurkan sampai merata. Terapkan campuran ini pada daerah yang terkena dan biarkan menetap. Setiap hari, oleskan campuran ini setidaknya lima kali sehari untuk mempercepat penyembuhannya.

7. Lemon
Untuk pengobatan angular cheilitis, lemon juga bisa menjadi obat rumah yang baik karena bertindak menyembuhkan infeksi yang menyebabkan angular cheilitis. Sebelum Anda menerapkan air lemon di sudut-sudut retak mulut, pastikan melunakkan jaringan yang rusak terlebih dahulu dengan direndam dalam air hangat. Cara ini membantu untuk membuka lesi. Peras lemon dan ambil airnya, terapkan pada daerah yang terkena, lalu pijat perlahan dengan gerakan melingkar selama sekitar dua sampai tiga menit. Setelah itu bilas sudut mulut Anda dan keringkan mulut Anda dengan kain lembut. Untuk mendapatkan hasil terbaik dan cepat, ulangi prosedur ini setiap lima jam.

8. Mentimun
Mentimun adalah salah satu pengobatan alami yang efektif untuk menyembuhkan angular cheilitis. Karena kemampuannya melembabkan bibir kering dan pecah-pecah disebabkan angular cheilitis serta mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh lukanya. Ambil irisan mentimun dan kompreskan di daerah yang terkena selama beberapa menit dan ulangi proses ini dua kali dalam sehari. Sebelum aplikasi, dinginkan mentimun dalam lemari es.

9. Minyak kelapa
Untuk menghancurkan mikroorganisme berbahaya penyebab angular cheilitis, minyak kelapa sangat bermanfaat. Minyak kelapa merupakan pelembab yang baik untuk pengobatan angular cheilitis. Tiga sampai empat kali sehari, oleskan minyak kelapa pada daerah yang terkena. Minyak kelapa juga dapat mencegah angular cheilitis di kemudian hari.

10. Bubuk baking soda
Untuk membunuh mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi seperti angular cheilitis, baking soda juga dapat membantu. Buatlah pasta dengan mencampur baking soda dengan beberapa tetes air, terapkan pasta ini pada daerah yang terkena. Biarkan pasta selama sekitar lima menit, cuci dengan air, kemudian keringkan kulit Anda dengan kain lembut. Ulangi proses ini dua kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

11. Gliserin
Untuk menjaga kelembabkan bibir Anda sepanjang hari, gliserin sangat efektif dan juga bermanfaat untuk pengobatan angular cheilitis. Setidaknya tiga sampai empat kali dalam sehari, oleskan gliserin secukupnya di jari Anda dan terapkan pada daerah yang terkena angular cheilitis.

12. Salep untuk angular cheilitis
Ada juga salep yang dijual di toko obat atau apotek secara khusus digunakan untuk pengobatan angular cheilitis. Salep ini juga dapat meringankan iritasi, kemerahan, dan peradangan yang terkait angular cheilitis.

Langkah-langkah yang dapat membantu mencegah angular cheilitis adalah, hindari menjilati bibir Anda, minum banyak air, meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan juga dengan mengambil suplemen folat, zat besi, dan vitamin B untuk mengatasi kekurangan vitamin dalam tubuh Anda.

Bagikan :

You may also like...