13 Makanan untuk Membersihkan Liver

Bagikan :

makanan pembersih liver, detoksifikasi liver
14 Makanan untuk Membersihkan LiverKetika kita makan berlebihan atau makan makanan olahan atau digoreng, dan kapan saja kita terkena polusi lingkungan atau stres, liver menjadi terlalu banyak bekerja dan kelebihan beban. Ketika liver terganggu, maka tidak dapat memproses racun dan lemak dalam cara yang efisien. Ada banyak makanan yang dapat membantu membersihkan hati secara alami dengan merangsang kemampuan alaminya untuk membersihkan limbah beracun dari tubuh.

Daftar makanan berikut ini lebih spesifik membersihkan liver dan merupakan cara terbaik untuk menjaga liver Anda sehat serta berfungsi dengan normal. Sertakan makanan detoks untuk liver ini dalam diet mingguan Anda.

1. Bawang putih
Bawang putih memiliki kemampuan untuk mengaktifkan enzim hati yang membantu sistem tubuh Anda membilas racun. Bawang putih juga mengandung jumlah tinggi allicin dan selenium, dua senyawa alami yang membantu dalam pembersihan hati.

2. Jeruk bali
Jeruk bali kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga meningkatkan proses pembersihan alami dari liver. Segelas kecil jus jeruk bali segar akan membantu meningkatkan produksi enzim detoksifikasi hati yang membantu mengeluarkan karsinogen dan racun lainnya.

3. Bit dan Wortel
Keduanya sangat tinggi kandungan flavonoid dan beta-karoten. Makan bit dan wortel dapat membantu merangsang dan meningkatkan fungsi hati secara keseluruhan.

4. Teh hijau
Minuman ini penuh antioksidan tanaman yang dikenal sebagai catechin, senyawa yang dikenal untuk membantu fungsi hati. Teh hijau tidak hanya enak, tapi juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Pelajari lebih lanjut tentang manfaat teh hijau.

5. Sayuran berdaun hijau
Salah satu sahabat kita yang paling kuat dalam membersihkan hati, sayuran hijau dapat dimakan mentah, dimasak, atau dijus. Sangat tinggi kandungan klorofil, sayuran berdaun hijau menyedot racun dari aliran darah. Dengan kemampuannya menetralisir logam berat, bahan kimia dan pestisida, makanan ini menawarkan mekanisme perlindungan yang kuat untuk liver Anda.

Cobalah menyertakan sayuran hijau seperti pare, dandelion, bayam, sawi, dan sawi putih ke dalam diet Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan zat yang menghilangkan limbah dari organ-organ dan darah.

6. Alpukat
Makanan super padat nutrisi ini membantu tubuh memproduksi glutathione, senyawa yang diperlukan hati untuk membersihkan racun berbahaya.

7. Apel
Tinggi pektin, apel menyimpan konstituen kimia yang diperlukan bagi tubuh untuk membersihkan dan melepaskan racun dari saluran pencernaan. Sehingga membuat liver lebih mudah menangani timbunan racun selama proses pembersihan.

8. Minyak Zaitun
Minyak organik seperti zaitun dan biji rami baik untuk liver, bila digunakan dalam moderasi. Mereka membantu tubuh dengan menyediakan basis lipid yang dapat menyedot racun berbahaya dalam tubuh.

9. Sayuran silangan
Makan brokoli dan kembang kol akan meningkatkan jumlah glukosinolat dalam sistem tubuh Anda, menambah produksi enzim dalam hati. Enzim alami membantu membilas karsinogen pemicu kanker, dan racun lainnya keluar dari tubuh kita yang mungkin risiko secara signifikan.

10. Lemon dan jeruk nipis
Buah jeruk ini mengandung jumlah yang sangat tinggi vitamin C, yang membantu tubuh dalam mensintesis bahan beracun menjadi zat yang bisa diserap oleh air. Minum segelas perasan lemon atau jeruk nipis segar di pagi hari membantu merangsang liver.

11. Kenari
Memegang jumlah tinggi asam amino arginin, kenari membantu hati dalam mendetoksifikasi amonia. Kenari juga tinggi kandungan glutathione dan asam lemak omega-3, yang mendukung tindakan pembersihan hati yang normal.

12. Kubis
Seperti brokoli dan kembang kol, kubis membantu merangsang aktivasi dua enzim penting liver yang membantu membilas racun. Cobalah makan lebih banyak kubis untuk lalapan Anda.

13. Kunyit
Rempah-rempah yang baik untuk liver. Kunyit membantu meningkatkan detoksifikasi hati, dengan membantu enzim yang aktif membuang karsinogen makanan.


Makan makanan yang tercantum di atas adalah cara yang bagus untuk membantu menjaga hati Anda berfungsi dengan baik.

Bagikan :

You may also like...