4 Tips Meditasi untuk Anda yang Belum Terbiasa

Bagikan :

meditasi, cara meditasi, meditasi untuk pemula

4 Tips Meditasi untuk Anda yang Belum TerbiasaKita sudah mendengar banyak tentang manfaat meditasi, tetapi ketika kita meluangkan waktu untuk melakukannya, banyak yang merasa kesulitan untuk masuk menuju fase ketenangan. Artikel berikut menjelaskan beberapa cara meditasi untuk pemula.

Kadang-kadang untuk mendalami kesadaran spiritual seperti meditasi – Setiap orang tertarik untuk membaca tentang hal itu, dan ingin belajar lebih banyak – sebenarnya, memulai berlatih meditasi bisa menjadi cerita yang berbeda bagi pemula, gampang-gampang susah.

Pada titik tertentu, Anda menyadari bahwa Anda harus menggabungkan praktik-praktik ini dalam hidup Anda, dan mungkin juga akan mencari dorongan untuk membantu mendapatkan ketenangan. Jika demikian, maka artikel ini tepat untuk Anda. Setelah itu, berhentilah berpikir terlalu banyak dan lakukan saja.


1. Bagaimana cara memulai meditasi?
Waktu yang nyaman untuk meditasi adalah sebelum tidur, dan setelah bangun tidur. Ketika Anda memulai meditasi, postur tubuh Anda harus tegak. Postur tegak akan memudahkan Anda berkonsentrasi pada keluar masuk napas setiap kali Anda menarik dan mengeluarkannya. Jika Anda duduk di kursi dengan sandaran, jangan bersandar atau membungkuk. Berusahalah duduk tegak sebisa mungkin.

Pilihlah pose kaki yang paling nyaman. Anda bisa meluruskan kedua kaki ke depan atau duduk bersila di lantai, jika menggunakan alas duduk. Apapun cara duduk yang Anda pilih, postur tubuh Anda harus selalu tegak.

Anda boleh meletakkan telapak tangan di paha atau luruskan saja lengan Anda ke bawah. Pilihlah posisi yang menurut Anda paling mudah untuk menenangkan pikiran dan berkonsentrasi pada napas.

2. Saya tidak punya waktu
Jadi Anda wanita karir, mengasuh anak-anak, dan menjalani kewajiban. Kita juga semua memiliki waktu lima menit untuk berhenti dan hanya mengatur bernapas.

Memang, ketika Anda baru pertama kali memulai latihan meditasi, tentu saja membutuhkan waktu untuk menyelam ke dasar diri lebih dalam. Sama seperti lari maraton, Anda tidak bisa memulai lari dengan mengambil jarak 26 km. Di butuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Meditasi sebenarnya dapat menghemat waktu, setelah Anda terbiasa latihan yang teratur. Kita menjadi lebih waspada dan bisa mengurangi kesalahan sehari-hari.

3. Pikiran saya selalu kemana-mana (tidak bisa fokus)
Ya, kita hidup di dunia nyata dan harus fokus pada masalah-masalah dunia nyata. Namun, kadang masalah-masalah kehidupan tidak selalu menyenangkan, dan kita tidak harus fokus pada banyak masalah sepanjang waktu. Meditasi adalah waktu yang tepat untuk melepaskan beban dan melangkah menemukan solusi, memberi kesempatan jeda dari kesibukan dunia.

Jika Anda menemukan pikiran mengganggu dan Anda benar-benar tidak bisa berpikir jernih, coba memberikan beberapa menit berlatih meditasi untuk menangani masalah Anda untuk menemukan kedamaian.

4. Bosan duduk diam, adakah alternatif lain?
Cobalah untuk menemukan sukacita dalam menenangkan pikiran. Ubah perspektif Anda : Itu bukan cara ‘membosankan,’ itu adalah jalan yang mencerahkan!

Jika Anda mengalami kesulitan, masih ada praktik meditasi lain yang menyenangkan, seperti contoh pertama. Namun, lewati tahap itu sekarang, jadi cobalah untuk fokus pada kalimat dzikir, do’a, atau mantra. Meditasi tidak harus hanya duduk di larut dalam kehampaan.

Ada berbagai macam metode meditasi. Meditasi yang dipandu adalah cara yang bagus untuk masuk ke zona keheningan, dan bisa menjadi awal yang menarik untuk mengembangkan latihan yang teratur. Setiap orang berbeda-beda cara, dan Anda hanya perlu menemukan metode apa yang bisa bekerja untuk Anda.

Bagikan :

You may also like...