5 Alasan Bahwa Menangis Baik untuk Kesehatan

Bagikan :

menangis, manfaat menangis
5 Alasan Mengapa Menangis Baik untuk KesehatanAir mata bisa disebut sebagai keringat emosional. Ketika Anda menyebutnya keringat itu berarti adalah sesuatu yang sangat penting untuk hidup sehat Anda. Menangis sering dilihat sebagai tanda kelemahan, terutama dalam diri seorang pria. Air mata juga telah mendapat ‘stigma buruk’, ketika seorang perempuan yang menangis banyak orang menilainya sebagai senjata andalan untuk mendapatkan cara mereka sendiri. Tidak ada yang salah dalam menangis, kecuali jika Anda mudah sekali menangisi segala sesuatu, maka jelas Anda akan diberi label cengeng. Menangis bisa bermanfaat untuk kesehatan Anda dan disini dituliskan beberapa alasan mengapa menangis baik untuk kesehatan Anda.

1. Menangis melepaskan semua stres Anda
Ketika Anda benar-benar stres, disarankan untuk menangis. Alih-alih hanya menahan stres di dalam hati atau meluapkannya dalam amarah. Ketika Anda menangis, Anda melampiaskan semua stres dan frustrasi Anda. Menangis bisa menjadi pereda stres yang baik. Jika Anda merasa malu malu menangis di depan umum, Anda bisa pulang dan menangis sepuas-puasnya dalam kamar Anda.

2. Menangis mencerahkan suasana hati Anda
Pernahkah Anda perhatikan bahwa Anda merasa lebih baik setelah menangis? Anda mulai menangis karena Anda berada dalam suasana hati yang buruk atau karena Anda sedih. Ketika Anda selesai menangis, Anda akan selalu merasa sedikit lebih baik dan merasa seperti air mata telah menghanyutkan kepedihan Anda. Menangislah untuk meringankan suasana hati Anda.


3. Air mata membersihkan mata Anda
Fungsi normal dari air mata adalah untuk menjaga mata Anda cukup dilumasi, sehingga lensa dan kornea tidak tergores. Ini tidak hanya membantu Anda melihat dengan baik, tapi air mata juga membasuh kotoran yang mengendap di mata Anda. Air mata juga membilas semua racun yang terkumpul pada mata Anda dan membunuh bakteri yang bersarang di sana. Entah itu air mata tawa atau tangisan duka, menangis selalu baik untuk kesehatan mata Anda.

4. Menangis akan menurunkan tingkat mangan
Menangis yang baik juga membantu menurunkan kadar mineral mangan dalam tubuh Anda. Mangan bertanggung jawab menurunkan suasana hati Anda. Dengan menguranginya maka akan menjaga suasana hati Anda tetap baik. Menangis yang baik membuat mood Anda lebih baik.

5. Menangis juga menurunkan tekanan darah
Ketika Anda menangis, Anda otomatis menghilangkan tubuh Anda dari banyak stres dan juga kadar garam. Baik stres dan garam dapat membuat tekanan darah Anda naik drastis. Jadi, jangan membiarkan kemarahan mengambil alih dan membuat tekanan darah naik, cobalah menitikkan air mata dengan menonton film sedih.

Menangislah, Anda tak perlu malu. Anda perlu menangis karena memang manusiawi, dan juga untuk membiarkan orang lain tahu tentang emosi yang sedang membebani Anda. Tidak ada gunanya mencoba untuk terlihat tegar dan dianggap sebagai orang yang kuat atau dingin. Menangis juga menimbulkan ikatan kuat antara Anda dan orang lain.

Bagikan :

You may also like...