5 Alasan Mengapa Tindakan Bully Sangat Berbahaya

Bagikan :

bully, intimidasi, akibat tindakan bully
5 Alasan Mengapa Tindakan Bully Sangat BerbahayaBullying adalah tindakan pemaksaan/intimidasi terhadap seseorang untuk melakukan sesuatu yang tidak mereka inginkan. Orang yang secara fisik lebih kuat sering menindas yang lebih lemah. Anda mungkin berpikir bahwa bullying terjadi hanya di sekolah, tapi tidak juga! Hal ini dapat terjadi di mana saja, di kampus, tempat kerja, dan tempat lainnya. Tulisanwanita.com menuliskan beberapa alasan mengapa tindakan bully bisa berbahaya dampaknya.

1. Depresi berat bagi yang diganggu
Bullying atau tindakan intimidasi adalah salah satu hal terburuk yang dilakukan seseorang. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada mental orang yang ditindas. Orang yang ditindas akan merasa tidak nyaman, takut, malu dan tak berdaya. Dalam beberapa kasus, intimidasi bahkan dapat menyebabkan keinginan untuk bunuh diri. Meskipun orang yang mengganggu sangat menikmati tindakannya, orang yang sedang ditindas sebaliknya, semakin menderita.


2. Bisa berakibat fatal
Ketika seseorang terus-menerus diganggu maka hal ini dapat menyebabkan mereka menjadi tidak berdaya dan putus asa. Jika mereka tidak memiliki siapa pun untuk dimintai bantuan dan takut akan ancaman dari si tukang intimidasi, mereka mungkin mencari cara alternatif untuk mengakhiri hidup seperti bunuh diri. Bullying dapat berakibat fatal dalam beberapa kasus.

3. Bisa mengubah hidup
Tindakan intimidasi dapat mengubah hidup seseorang lebih buruk. Orang yang sering diganggu mungkin kehilangan kepercayaan diri dan menjadi takut menghadapi segala sesuatu. Mereka mungkin merasa tak berdaya dan putus asa. Mereka bahkan merasa takut untuk berada di tempat umum. Ketakutan dan ketidakberdayaan ini dapat terus tertanam dalam kehidupan mereka, sehingga memaksa mereka untuk menjalani hidup terasing dan terus-menerus dibayangi trauma.

4. Gangguan psikologis
Dalam beberapa kasus, gangguan psikologis yang parah dan perubahan karakter dapat terjadi pada seseorang yang ditindas. Mereka mungkin saja bisa berubah yang semula orang baik menjadi orang yang brutal, dengan melampiaskan dendam dan dapat menyebabkan perilaku kekerasan. Mereka bahkan mencoba untuk menyakiti orang yang mengintimidasi. Dengan demikian, intimidasi dapat mengakibatkan si pengganggu mendapatkan luka fisik atau lebih fatal dibunuh karena perbuatannya sendiri.

5. Si tukang bully adalah pecundang sebenarnya
Nah, intimidasi bukan berarti bahwa mereka yang lebih kuat. Ini bisa diartikan bahwa mereka sebenarnya bersembunyi di balik kekuatan fisik mereka. Setiap orang sangat benci pengganggu dan mereka jarang memiliki teman. Pengganggu tentu tidak bisa berhasil dalam hidup karena mereka tidak mau bekerja keras, tidak bisa berhubungan dengan orang lain dengan cara baik, dan tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka. Pengganggu memiliki nilai diri yang rendah dan tidak percaya diri, karena mereka merasa gagal dalam hidup. Pengganggu tidak akan pernah dihormati orang lain, mereka hanya dibenci meskipun dia sudah tidak lagi melakukan tindakan intimidasinya.

Bagikan :

You may also like...