5 Cara Cerdas untuk Meningkatkan Kecerdasan

Bagikan :

cerdas, kecerdasan, cara meningkatkan kecerdasan
5 Cara Cerdas untuk Meningkatkan KecerdasanKami yakin bahwa sebagian besar dari Anda pasti pernah merasa minder karena tidak secerdas teman/orang di sekitar Anda. Nah, kenyataannya adalah meskipun kecerdasan juga bisa karena faktor bawaan, tapi Anda juga bisa mengasahnya dengan mengikuti kebiasaan tertentu secara konsisten. Jika Anda ingin meningkatkan kecerdasan Anda, cukup ikuti 5 langkah berikut.

1. Matikan TV
Menonton televisi tidak melatih otak Anda, selain mencari hiburan. Otak Anda hanya menerima informasi yang sebagian besar kadang-kadang tidak berguna sama sekali, dan malah tersimpan dalam memori. Tidak ada banyak pengolahan informasi yang terlibat dalam otak. Jadi jika Anda ingin memberikan waktu hanya untuk kegiatan yang benar-benar akan melatih otak dan meningkatkan kecerdasan Anda, langkah pertama adalah dengan cara meminimalkan waktu menonton TV.


2. Memilih buku yang menantang
Sebagian besar dari kita saat berjalan ke sebuah toko buku lebih tertarik mengambil buku-buku novel kisah cinta romantis atau suspense thriller, yang sebenarnya tidak ‘memberi nutrisi’ untuk meningkatkan produktivitas otak. Sebaliknya, Anda harus mengambil sebuah buku yang sesekali menantang, sebuah buku yang memaksa Anda untuk berpikir dan memproses informasi lebih dalam. Bacalah buku-buku tentang isu-isu yang bisa membuat pikiran dan hati berdebat, dengan persepsi yang sama sekali berbeda dari pemikiran Anda sebelumnya. Buku-buku seperti spiritual, sains modern, psikologi, dan filsafat bisa Anda jadikan referensi bacaan. Ketika Anda mengekspos diri Anda dengan ideologi dan persepsi yang berbeda, maka kemampuan berpikir Anda sendiri yang akan mendapatkan dorongan untuk semakin berkembang mencari pengetahuan yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya.

3. Memecahkan teka-teki dan permainan
Telah terbukti secara ilmiah bahwa kegiatan seperti memecahkan teka-teki Sudoku, bermain catur, atau kubus Rubik sangat membantu untuk latihan otak. Bawalah buku asah otak saat Anda bepergian dan manfaatkan waktu perjalanan Anda dengan menjawabnya. Juga, setelah Anda merasa bahwa Anda telah menjadi baik pada satu jenis puzzle, mencoba tangan Anda di yang baru untuk meningkatkan tingkat kecerdasan.

4. Perluas jaringan sosial
Hal ini sangat diperlukan karena membantu pikiran lebih terbuka ketika Anda memperluas cakrawala Anda. Bertemulah dengan orang-orang baru, berkenalan, dan mengobrol dengan mereka akan membantu otak Anda memperluas kapasitas untuk menyerap informasi. Selain itu, Anda akan selalu belajar sesuatu yang baru ketika berbicara dengan orang-orang yang berbeda, entah itu tentang dunia, hobi, atau bisa juga psikologi manusia!

5. Atur gaya hidup
Terakhir namun tidak sedikit, olahraga fisik, diet sehat, dan kebiasaan tidur yang tepat (7-8 jam) akan selalu mampu membantu dalam meningkatkan kecerdasan Anda. Latihan, makanan bergizi dan tidur cukup membantu untuk meremajakan tubuh dan merangsang fungsi dari otak Anda secara sehat dan tepat juga.

Anda bisa mencoba langkah-langkah ini, mengikutinya secara tekun, dan lihat hasilnya!

Bagikan :

You may also like...