5 Cara Memotivasi Anak Anda untuk Belajar

Bagikan :

memotivasi anak, cara memotivasi anak agar belajar
5 Cara Memotivasi Anak Anda untuk BelajarSebagian besar anak-anak kurang tertarik mengembangkan minat dalam belajar karena mereka menganggapnya sebagai beban yang telah dipaksakan pada mereka. Mereka tidak merasakan hal seperti itu saat sedang bermain karena pada dasarnya tidak ada anak yang pernah dipaksa untuk bermain, dan terlebih lagi, mereka menikmatinya. Jadi jika Anda ingin memotivasi anak-anak Anda untuk mau belajar, Anda harus memastikan dahulu mereka merasa seolah-olah sedang bermain dan bersenang-senang. Artikel berikut menuliskan 5 langkah sederhana yang akan membantu Anda. Dibutuhkan kesabaran untuk memberi bimbingan.

1. Mempraktikkan teori
Wajar bagi seseorang merasakan bosan dalam belajar jika semua yang mereka lakukan hanyalah membaca teori dan tidak memiliki pengalaman praktik. Cara terbaik untuk menghilangkan kebosanan ini dengan melakukan beberapa praktik belajar. Jika dia belajar sejarah, bawalah anak Anda untuk mengunjungi museum dimana ia benar-benar bisa melihat hal-hal yang hanya ia baca di buku. Jika dia belajar matematika, buatlah permainan berhitung dengan obyek tertentu. Jika dia belajar tentang aneka hewan dan tumbuh-tumbuhan, putarkan channel film dokumenter National Geographic agar dia bisa melihat dan belajar tentang flora dan fauna. Bantulah mereka melihat hal-hal di luar buku dan mencontohkan teori-teori dalam kehidupan nyata.

2. Buat mereka memahami nilai pengetahuan
Sebagai orang tua, kita sering memiliki kecenderungan mendorong anak kita untuk mendapatkan nilai yang lebih baik, dan jika mereka tidak mampu, kita merasa kecewa atau memarahinya. Ini adalah perilaku yang dapat menghambat motivasi anak Anda. Sebaliknya, lebih berkonsentrasi pada apa yang telah ia pelajari di sekolah. Setiap hari, ketika anak Anda kembali dari sekolah, mintalah dia untuk mengulang kembali apa yang telah ia pelajari hari itu, dan hargai segala sesuatu yang mereka katakan. Cara ini bermafaat agar ia tidak mudah lupa. Tindakan ini akan memotivasi mereka untuk belajar lebih banyak dan akhirnya akan ditunjukkan dengan nilai-nilai bagus mereka.

3. Biarkan waktu bermain yang cukup
Seorang anak hanya dapat menikmati waktu belajar jika ia mendapatkan cukup waktu bermain. Memaksa anak Anda untuk belajar terus-menerus siang dan malam tidak akan membawa hasil yang positif, mereka akan merasa tertekan. Buatlah jadwal untuk mereka, berikan keseimbangan waktu antara studi, mengaji, les, dan waktu bermain mereka. Pastikan bahwa ia mengikuti jadwal di meja belajarnya, dan hasil positif akan segera terlihat.

4. Tumbuhkan mereka ke dalam kebiasaan membaca
Ada jutaan jenis buku dan novel dengan genre yang berbeda yang tersedia untuk orang-orang dari semua kelompok umur. Tumbuhkan minat anak Anda untuk suka membaca sedini mungkin. Sejak masa kanak-kanak, Anda dapat mulai dengan membaca cerita dongeng sebelum tidur untuk mereka, dan setelah mereka belajar membaca sendiri, pastikan mereka melanjutkan dengan membaca. Membaca cerita bergambar yang baik dapat membuat kecintaan terhadap buku. Dengan cara ini, ketika mereka harus belajar di sekolah, buku-buku pelajaran tidak akan lagi menghantui mereka.

5. Bermain game saat mengajar
Permainan selalu menyenangkan. Ambillah keuntungan dari cara ini, dan ajarkan mereka konsep penting dengan bantuan permainan. Ini benar-benar sederhana dan hanya membutuhkan sedikit kreativitas dari Anda. Anda bisa mencobanya dengan permainan kreasi Anda sendiri untuk berhubungan dengan subjek materi pelajaran. Game sederhana kuis, scrabble, atau berburu harta karun berdasarkan apa yang telah mereka pelajari di sekolah dapat membuat belajar lebih menyenangkan.


Loading...
Bagikan :

You may also like...