5 Cara Memulai Bisnis Online Shop

Bagikan :

online shop, bisnis online shop, cara bisnis online shop
5 Cara Memulai Bisnis Online ShopMemulai bisnis online shop adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Serius, banyak sekali orang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memasarkan produk mereka demi menjaring banyak konsumen. Banyak pebisnis online mengeluarkan biaya untuk membayar domain dan hosting, dan tidak segan-segan mengeluarkan uang lebih untuk membayar biaya iklan. Bagian yang sulit dari bisnis online adalah bagaimana situs kita bisa masuk ke halaman satu mesin pencari, sehingga akan mudah sekali mendapatkan pelanggan untuk membeli barang kita, dan membuat mereka datang lagi berbelanja di kemudian hari. Berikut adalah 5 cara memulai bisnis online shop Anda sendiri.

1. Laptop/gadget
Jika Anda masih baru memulai berjualan online mungkin akan bingung cara awal bagaimana mempromosikan barang jualan Anda. Tentu saja setiap pebisnis online memerlukan alat seperti komputer PC/laptop dan ponsel yang bisa memantau penjualan Anda setiap saat atau merespon calon pembeli. Alat-alat ini tentu sangat diperlukan untuk pemasaran penjualan online Anda.

2. Buat konten menarik
Jika Anda memasarkan produk menggunakan website, buat konten situs semenarik mungkin. Ada banyak platform yang bisa Anda pilih sendiri seperti WordPress. WordPress memiliki pilihan theme online shop yang menarik, sekaligus menawarkan berbagai pilihan plugin eCommerce yang sangat dibutuhkan untuk memasarkan bisnis online Anda. Dua faktor itulah yang nantinya akan mempermudah pelanggan menemukan barang yang akan dibeli.

3. Menentukan target pasar
Menentukan target pasar sangat penting. Dengan melakukan beberapa riset pasar, Anda akan mudah mengoptimalkan anggaran pemasaran sekaligus meningkatkan penjualan. Selanjutnya tentukan target penjualan, Anda harus memiliki pencapaian omzet berapa rupiah yang ingin dihasilkan setiap bulannya. Hal tersebut akan memotivasi Anda untuk mencapai kesuksesan.

4. Memasang Facebook Ads
Jika ingin membuka usaha eCommerce, Anda dapat berinvestasi iklan dalam sebuah website sosial media seperti Facebook, dan dapat mengambil keuntungan dari bayar per klik. Mengapa beriklan di Facebook? Banyak kisah sukses tentang orang-orang yang memiliki omset puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulan hanya dengan menggunakan Facebook Ads atau sering disebut juga Facebook Marketing. Anda dapat menjangkau target pelanggan Anda berdasarkan minat, usia, dan lokasi. Adapun poin-poin penting yang harus diperhatikancara membuat facebook ads adalah :

1. Memahami karakter target audience
Salah satu fitur istimewa dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk membidik target audience dengan sangat spesifik, berdasarkan demograhyi, geography, timing, behaviour, dan connection.

  • Demography : usia, jenis kelamin
  • Geography : lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)
  • Timing : hari dan jam berapa iklan anda aktif
  • Behaviour : pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb
  • Connection : membidik teman – temannya dari fans anda / tidak membidiknya

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai beriklan, pastikan dulu bahwa Anda sudah benar-benar kenal karakter dari target audience yang ingin Anda targetkan.

2. Membuat iklan yang menarik untuk target audience
Memahami format iklan yang Anda buat amatlah penting. Seperti yang Anda ketahui bahwa secara garis besar, format iklan yang kita pasang di facebook terdiri dari 2 komponen utama, yaitu :

  • Teks
  • Gambar

Dua komponen (teks dan gambar) inilah yang akan paling terlihat di facebook orang lain ketika iklan Anda tayang dan ini sangat menentukan performa iklan Anda. Bayangkan kalau Anda beriklan hanya dengan menuliskan kata-kata biasa yang bersifat jualan dan gambar seadanya (mungkin karena Anda tidak dpat mengedit foto) hampir dapat dipastikan respon dari target audience Anda akan sangat rendah dan inilah yang kebanyakan terjadi pada kenyataannya.

Oleh karena itu bila Anda mampu membuat iklan yang powerfull (strategi gambar + teks), maka iklan Anda akan dilihat dan diklik oleh semakin banyak orang yang melihatnya bahkan Anda bisa mendapatkan efek viral dari iklan tersebut kalau Anda bisa mempadukan kombinasi teks dan gambar yang sangat menarik.

Salah satu tool yang dapat Anda gunakan untuk membuat gambar dengan mudah adalah www.Canva.com. Silahkan anda registrasi gratis disana dan bereksplorasi dengan fitur–fitur yang telah disediakan seperti template–template gambar yang sudah ready.


3. Manfaatkan fitur–fitur Facebook Ads
Sejak berdiri sampai hari ini, Facebook selalu mengalami perubahan dan terus memperbaiki semua fiturnya mulai dari interface yang semakin mudah digunakan, sampai dengan fitur–fitur Facebook Ads yang semakin canggih. Jadi bisa Anda lihat, apabila Anda mengerti kegunaan masing-masing fitur diatas dan strategi optimasinya, Anda akan mendapatkan calon customer yang jauh lebih berkualitas di Facebook dan tentu saja membantu Anda untuk mencapai omset penjualan yang lebih tinggi.

Seperti yang Anda ketahui bahwa salah satu sumber income terbesar facebook sampai saat ini adalah melalui Facebook Advertising-nya. Hal ini tentu membuat Facebook secara konsisten melakukan pengembangan untuk fitur advertising tersebut.

4. Konversi dengan tepat
Setelah iklan Anda berjalan, biasanya Anda mulai mendapatkan cukup banyak orang yang melihat dan merespon iklan anda. Pada tahap ini Anda harus memahami bagaimana cara agar orang–orang yang merespon iklan Anda ini pada akhirnya menjadi tertarik dan membeli produk Anda. Inilah yang dinamakan sebagai cara untuk ‘mengkonversi’ calon customer menjadi customer loyal Anda untuk seterusnya. Nah, jika Anda dihadapkan pada situasi seperti ini, yang harus Anda kuasai adalah kemampuan komunikasi dan respon cepat. Karena calon pembeli terkadang agak rewel jika salah satu dari kemampuan kedua poin itu gagal terpenuhi.

Anda juga harus memahami perlunya melakukan tes awal saat beriklan untuk melihat tipe iklan seperti apa yang ternyata bekerja dengan baik terhadap target audience kita.

Kebanyakan orang, mereka menjalankan Facebook Ads secara general targeting (target umum tanpa di sesuaikan dengan kebutuhan kita). Dan ketika berjalan 3 – 5 hari tidak ada penjualan, maka mereka stop beriklan dan mengklaim bahwa Facebook tidak efektif untuk channel marketing. Hal seperti ini tentu tidak tepat apabila Anda ingin benar–benar mendapatkan hasil yang maksimal dari Facebook Ads.

5. Buat gambar produk semenarik mungkin
Display barang yang akan Anda jual menjadi hal yang sangat penting untuk memperkenalkan produk Anda. Foto yang ditampilkan juga harus menarik, jika Anda menjual pakaian sebaiknya menggunakan model/manekin untuk membuat produk tersebut menarik.

Tidak diragukan lagi, memulai bisnis online yang sukses jauh lebih membutuhkan banyak usaha dan waktu. Semoga cara memulai bisnis online shop ini akan membantu penjualan Anda menuju jalan kesuksesan.

Bagikan :

You may also like...