5 Cara Menanamkan Kebiasaan Membaca Anak Anda

Bagikan :

membaca, menumbuhkan minat baca , menanamkan kebiasaan membaca
5 Cara Menanamkan Kebiasaan Membaca Anak AndaMembaca adalah salah satu kebiasaan terbaik yang dapat Anda tanamkan pada anak-anak Anda. Ini bukan hanya meningkatkan pengetahuan, tetapi juga meningkatkan pemahaman bahasa dan kemampuan analitis otak. Membaca, harus dimulai dari usia dini supaya menjadi kebiasaan seumur hidup. Telah diamati bahwa anak-anak, yang mulai terbiasa membaca ketika mereka masih muda, mengembangkan pikiran lebih kuat. Orang tua harus memastikan anak-anaknya diperkenalkan dengan buku sesuai dengan tingkat usia dan minat mereka. Beberapa orang tua tampaknya belum sepenuhnya mengerti bagaimana cara menanamkan kebiasaan membaca pada anak-anak mereka. Berikut adalah 5 cara yang dapat membantu anak-anak Anda mengembangkan minat terhadap kebiasaan membaca.

1. Jadikan kegiatan membaca lebih menyenangkan
Kadang-kadang orang tua, mengurangi waktu bermain atau waktu nonton TV, memaksa anak-anak mereka membaca. Hal ini dilihat sebagai hukuman oleh anak-anak, dan akhirnya mereka malas membaca buku. Untuk membuat mereka menyukai kegiatan membaca secara alami, perkenalkan sebagai hadiah atau membuat lebih menarik lagi dengan membacakannya kepada anak-anak. Misalnya, bacakan buku tentang kegiatan renang sebelum pergi berlatih renang. Mereka akan merasakan keterhubungan dengan suasananya.

2. Sering bacakan untuk anak-anak Anda
Ketika Anda memperkenalkan anak Anda ke dunia buku, pastikan Anda membacakannya dengan sepenuh hati. Buatlah cerita yang Anda sampaikan semenarik mungkin, sehingga menanamkan semangat mereka untuk membaca. Dari buku komik sampai pamflet, bacalah semuanya. Tapi pastikan cara Anda membaca harus membuat mereka menikmati, sehingga mereka merasa membaca sebagai kegiatan yang menarik.

3. Letakkan buku dalam jangkauan mereka
Buku-buku yang ditumpuk di salah satu sudut rumah tidak akan pernah menarik minat anak-anak Anda untuk membacanya. Mereka akan berpikir itu hanya sebagai pajangan yang menghiasi rak Anda. Letakkan buku di tempat di mana mereka dapat dengan mudah mengambilnya dan mulai tertarik membaca.

4. Hadiahi mereka
Buku adalah cara yang menyenangkan untuk menanamkan pengetahuan dan kebiasaan yang baik. Namun, kegiatan ini terlihat membosankan bagi anak kecil yang hanya ingin bermain daripada belajar. Untuk mengatasinya, Anda harus memberinya insentif untuk hal itu. Buatlah kesepakatan dengan anak Anda jika ia selesai membaca buku, ajaklah mereka jalan-jalan keluar.

5. Biarkan mereka memilih bacaannya sendiri
Jangan hanya memaksakan buku-buku pengetahuan umum pada anak-anak Anda. Jika mereka menikmati membaca cerita, biarkan mereka membacanya. Jika anak Anda tertarik dalam dunia dongeng, atau cerita-cerita rakyat, hadiahi buku yang terkait dengan pilihan mereka sendiri. Dengan cara ini, mereka akan mengembangkan kebiasaan membaca secara bertahap dan sedikit demi sedikit akhirnya menerima buku sebagai bagian alami dari kehidupan mereka.

Sebagai orang tua, Anda harus berhati-hati untuk tidak memaksakan membaca buku kepada anak-anak Anda. Buku memang pendamping terbaik mereka, jadi ketahui bacaan sesuai tingkat usia anak-anak Anda dan perlahan-lahan buatlah mereka membaca buku atas kesadaran sendiri.


Loading...
Bagikan :

You may also like...