5 Cara Mengatasi Penolakan Kerja

Bagikan :

ditolak kerja, penolakan kerja
5 Cara Mengatasi Penolakan KerjaJadi, Anda semua sudah berhasil tes wawancara kerja, tapi sayangnya Anda tertekan karena belum diterima bekerja di perusahaan. Hal ini jelas membuat putus asa, tetapi pada saat yang sama, sangat banyak orang-orang berburu pekerjaan yang mengalami nasib sama. Setelah ‘kenyataan pahit’ ini mampu Anda redam, Anda tidak akan merasa kecewa berlarut-larut. Jadi, setiap kali Anda ditolak setala wawancara kerja, tegakkan kepala Anda, dan bergeraklah maju. Hal lain sudah menanti untuk Anda. Namun, bagi mereka yang berpikir terlalu menyedihkan ketika lamaran kerja ditolak, berikut ada 5 cara untuk menghadapinya.

1. Jangan terlalu diambil hati
Ketika Anda mulai berburu pekerjaan, perlu diingat bahwa penerimaan dan penolakan adalah dua bagian dari proses. Milikilah persepsi dari kedua hal itu. Meskipun benar bahwa ditolak kerja memang sakit, belajarlah untuk tidak terlalu kecewa. Anda mungkin ditolak bukan karena kinerja Anda, tetapi karena kriteria perusahaan mungkin berbeda. Jika Anda melihat dengan cara itu, maka akan jauh lebih baik.

2. Berkonsentrasi pada kekuatan Anda
Hal paling penting yang Anda butuhkan adalah fokus pada kekuatan Anda. Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang bidang dan apa yang Anda kuasai. Hanya karena Anda telah ditolak oleh beberapa perusahaan bukan berarti Anda gagal. Anda memiliki potensi Anda sendiri, dan mungkin diperlukan perusahaan lain yang membutuhkan tenaga Anda. Jangan berputus asa.

3. Introspeksi diri
Setelah Anda ditolak oleh perusahaan, alih-alih terus menggerutu dan sakit hati, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu Anda belajar dari pengalaman. Apakah Anda sudah melakukan yang terbaik? atau bagaimana Anda bisa memperbaiki semua kekurangan diri sendiri? Apakah ada pertanyaan yang belum pernah Anda pikir atau dengar sebelumnya? Bagaimana cara terbaik Anda untuk mengatasi sendiri melalui pendekatan yang berbeda? Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini akan membuat Anda lebih kuat dan Anda akan siap untuk menghadapi tantangan berikutnya.

4. Tetap update info kerja
Anda bukanlah satu-satunya orang yang belum diterima kerja. Pahamilah bahwa Anda hanya salah satu di antara banyak orang yang juga memiliki pengalaman yang sama. Lebih baik untuk tetap berhubungan dengan para pelamar pekerjaan lain dalam mencari pekerjaan serupa. Saling mendukung dan berbagi informasi lowongan pekerjaan terbaru akan banyak membantu Anda. Jangan lupa update informasi di situs-situs penyedia lowongan kerja.


5. Lepaskan
Jika Anda belum juga menerima panggilan kerja, itu bukan akhir dari dunia. Hidup ini jangan diambil begitu serius, Anda akan bertambah stres. Melibatkan diri dalam beberapa latihan fisik seperti kegiatan berjalan, berenang, bersepeda atau ke gym. Ini akan menyegarkan tubuh dan pikiran Anda. Lakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia untuk melupakan rasa sakit belum dapat panggilan kerja.

Singkatnya, jika Anda mengambil sisi positif penolakan sebagai bagian dari proses berburu pekerjaan, tidak akan ada air mata kesedihan lagi. Setiap penolakan hanya akan membuat Anda lebih kuat dan lebih percaya diri untuk menghadapi tantangan yang berikutnya. Jadi, lakukan yang terbaik!

Bagikan :

You may also like...