5 Cara Mengelola Waktu Jika Anda adalah Ibu Bekerja

Bagikan :

ibu bekerja, mengelola waktu untuk ibu bekerja
5 Cara Mengelola Waktu Jika Anda adalah Ibu BekerjaDari memasak sampai membersihkan, mengasuh anak sampai mempersiapkan makanan untuk semua, menghadiri pertemuan di sekolah anak-anak sampai membantu anak-anak mengerjakan pekerjaan rumahnyaa. Nah, jika Anda juga seorang ibu yang bekerja disamping sebagai ibu rumah tangga, jelas hidup Anda super sibuk. Terlepas dari semua tugas ini, Anda harus fokus pada komitmen profesional Anda juga. Ambil napas dalam-dalam dan rileks. Ada beberapa cara cerdas untuk menyiasati waktu Anda secara efektif. Artikel berikut menuliskan 5 tips manajemen waktu untuk ibu yang bekerja.

1. Rencanakan dengan baik
Jangan berpikir Anda tidak punya waktu untuk melakukan perencanaan karena Anda sudah terlalu capek bekerja. Percaya atau tidak, perencanaan yang cermat membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas Anda tepat waktu dengan stres minimal. Anda dapat membuat daftar prioritas penting, prioritas menengah, dan prioritas yang tidak terlalu penting. Ini akan membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas Anda secara efektif dan fokus hanya pada orang-orang yang Anda pentingkan. Saat akhir pekan, kerjakan tugas-tugas seperti memotong sayuran kemudian menyimpannya dalam wadah kedap udara, menyetrika pakaian, membeli bahan makanan dan pergi ke laundry. Anda dapat merencanakan menu mingguan selama akhir pekan, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang makanan apa yang harus dipersiapkan setiap hari.


2. Hindari menunda-nunda tugas
Satu hal yang jangan pernah Anda lakukan adalah, kebiasaan menunda tugas-tugas harian Anda. Membersihkan, mencuci, atau kegiatan lain yang Anda lakukan setiap hari harus dilakukan tanpa penundaan, atau itu akan menambah beban stres Anda hari berikutnya.

3. Persiapkan malam sebelumnya
Pagi hari adalah kepanikan bagi seorang ibu yang bekerja, karena dia harus mempersiapkan segala urusan rumah atau persiapan ke kantor. Ini tidak akan terjadi jika beberapa hal untuk pagi hari bisa dilakukan malam sebelumnya. Menyiapkan pakaian untuk besok pagi, menemani anak-anak mengerjakan pekerjaan rumah, membersihkan semua peralatan yang diperlukan untuk besok, jadi semua tugas bisa Anda selesaikan lebih awal. Meletakkan hal-hal yang sering Anda lupakan seperti kunci, dompet, atau ponsel di tempat yang sama setiap hari.

4. Libatkan anak-anak dan suami Anda
Untuk meringankan beberapa pekerjaan rumah Anda, mintalah suami Anda terlibat. Memintanya mengerjakan beberapa tugas seperti membantu anak-anak belajar, menyiapkan tempat tidur atau membantu Anda mempersiapkan makan malam. Anak-anak juga dapat diberikan beberapa tanggung jawab kecil seperti menyiapkan buku-buku pelajaran atau baju untuk dipakai besok, membantu adik-adiknya, berdandan sendiri dan mengepak keperluan mereka sendiri. Ini akan membantu mereka menjadi cerdas dan memberi mereka pelajaran tanggung jawab sedini mungkin.

5. Nikmatilah pekerjaan Anda
Ini akan menjadi pekerjaan yang sangat melelahkan mengingat Anda harus fokus bekerja di tempat kerja dan juga rumah. Jadi, supaya Anda bisa bersantai dan sedikit menikmati pekerjaan Anda, coba mainkan beberapa musik yang membuat Anda rileks. Sehingga seluruh pekerjaan menjadi menyenangkan. Hal seperti ini mungkin terdengar konyol bagi sebagian orang, tapi tidak ada salahnya mencoba.

Bagikan :

You may also like...