5 Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Sakit

Bagikan :

cara menghindari sakit, cara agar tidak mudah sakit
5 Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah SakitTidak ada satu orang pun yang mau menikmati sakit, meskipun kapan saja kita pasti dapat menjadi mangsa penyakit. Perubahan lingkungan, seperti buruknya kualitas udara yang kita hirup, dapat menyebabkan perkembangan alergi, asma atau penyakit paru. Seseorang mengembangkan penyakit tertentu seperti – kanker, rheumatoid arthritis atau lupus erythematosus sistemik – ketika sistem kekebalan tubuh sendiri bekerja melawan. Kita bisa mencoba, namun untuk menjaga kesehatan yang baik harus dengan menanamkan beberapa kebiasaan sehat.


1. Makan sehat
Pertama dan paling penting – diet sehat. Meskipun Anda makan lebih sedikit, itu sudah membantu untuk tidak melewatkan makan. Roti dengan mentega atau selai, telur, atau dua sosis dan susu saat sarapan, sereal, buah-buahan atau jus buah sangat baik untuk sarapan. Makan siang bisa secukupnya, mungkin pilihan sayuran atau keju, sandwich, ayam dan kambing, sosis dan steak ideal untuk Anda konsumsi. Makan malam idealnya harus terdiri dari sup dan sayuran atau menu non-vegetarian. Manjakan diri Anda makan beberapa kue, bahkan cokelat di siang hari ditemani teh hangat.

2. Berolahraga adalah suatu keharusan
Latihan adalah penting, karena membantu membentuk sistem kekebalan tubuh Anda agar tidak mudah terserang penyakit. Anda tidak perlu menjalani latihan kebugaran macam-macam. Melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga, jalan kaki berbelanja atau bahkan naik turun tangga sudah membantu untuk membakar kalori. Latihan jalan cepat di pagi hari selama 10-15 menit akan membantu kebugaran tubuh. Orang yang banyak makan harus membayar dengan berolahraga lebih banyak dan penuh semangat.

3. Hindari kebiasaan merokok
Dunia kesehatan sudah membuktikan bahwa merokok menyebabkan kanker, tapi sayangnya banyak orang terlanjur kecanduan. Pada saat Anda ingin merokok, pikirkan lagi. Jika orang-orang di sekitar Anda bisa menderita sebagai perokok sekunder, berapa banyak yang sudah Anda lakukan untuk menyakiti diri sendiri?

4. Berpikirlah positif
Banyak orang yang mengatakan, penyakit berasal dari pikiran. Stres dan beban hidup terkait masalah pekerjaan, hubungan, hingga masalah-masalah lainnya bisa merusak kesehatan. Jadi, sebisa mungkin manfaatkanlah waktu Anda setelah pulang kantor untuk rileks. Ambil mandi air hangat, bersantai sejenak bercanda di ruang keluarga, dan tidur berkualitas 7-8 jam per hari.

5. Kesehatan dan relaksasi – yoga dan meditasi
Semakin banyak orang yang beralih ke praktek berabad-abad lampau, yoga dan meditasi untuk kesehatan tubuh dan relaksasi. Setelah Anda telah belajar teknik ini dari pelatih, Anda dapat berlatih setiap hari sesuai dengan kenyamanan Anda. Jalan-jalan santai juga dapat membantu Anda untuk bersantai sejenak sambil menikmati mentari pagi, udara, dan vitamin D saat Anda menumpahkan beberapa kalori dengan cara yang menyenangkan.

Bagikan :

You may also like...