5 Cara Tenangkan Perbedaan Pendapat dalam Hubungan

Bagikan :

perbedaan pendapat dalam hubungan, perbedaan opini dalam hubungan
5 Cara Tenangkan Perbedaan Pendapat dalam HubunganFakta yang tak terbantahkan adalah perbedaan pendapat pasti akan selalu timbul diantara setiap pasangan, tidak peduli seberapa cocok dan serasinya mereka. Dibutuhkan beberapa kedewasaan ketika Anda dan pasangan sering memperebutkan setiap hal kecil. Tulisanwanita.com memberikan beberapa metode untuk menyelesaikan perbedaan pendapat semacam itu tanpa menyebabkan keretakan pada hubungan Anda.


1. Kompromi
Apa cara yang lebih baik untuk mengakhiri perbedaan pendapat? Anda dan pasangan Anda perlu memahami bahwa kompromi adalah satu-satunya jalan keluar dari situasi rumit. Ketika Anda dan pasangan saling berebut menginginkan hal yang berbeda, daripada terus ngotot tak ada yang mau mengalah, cobalah menganalisis apakah kompromi bisa dibuat. Anda mungkin bisa memikirkan solusi yang akan membawa kepentingan Anda berdua ke dalam pertimbangan, sehingga menyelesaikan perbedaan pendapat dengan mudah.

2. Memahami
Kadang-kadang perbedaan opini itu terjadi karena setiap pasangan memiliki prinsip masing-masing. Jika pasangan Anda punya sebuah prinsip sangat kuat yang dipertahankannya, maka benar-benar tidak adil untuk memintanya melepaskan keyakinannya hanya untuk kepentingan Anda. Memahami pasangan dan menghormati prinsipnya sangat penting dalam sebuah hubungan. Jadi dalam kasus tersebut, Anda harus menjadi orang yang mundur.

3. Ubah persepsi Anda
Hal ini penting untuk berpikir dari sudut yang berbeda ketika muncul perbedaan pendapat. Mungkin pandangan pasangan Anda rasional dan berpikir Anda-lah yang tidak rasional. Mungkin pendapat pasangan Anda lebih masuk akal, sementara pendapat Anda hanya hasil dari pemikiran egois, dsb. Untuk menjadi orang yang bijaksana, Anda akan perlu untuk memahami pasangan Anda dari waktu ke waktu dan melihat hal-hal dari sudut pandangnya. Ini akan membantu Anda mendapatkan perspektif yang lebih baik dari semua hal dan membantu Anda menyelesaikan perbedaan dengan lebih mudah.

4. Jelaskan faktanya
Jika Anda yakin bahwa pendapat Anda benar saat terjadi perbedaan pendapat, tapi pasangan Anda tidak mau memahaminya, maka Anda perlu bersabar. Cobalah menjelaskan dan memberikan fakta-fakta dengan pasangan Anda mengapa Anda bisa berpikir begitu. Mungkin sekali dia akan mulai memahaminya, dia akan mulai melihat kebenaran yang Anda sampaikan.

5. Dengarkan
Ya, Anda perlu untuk mendengarkan juga. Bahkan jika Anda yakin bahwa pendapat pasangan Anda benar-benar tidak masuk akal dan egois, Anda perlu mendengarkan apa yang dia katakan. Dia mungkin akan berubah pikiran setelah Anda diam dan mendengarkan pembenaran dan penjelasannya. Terkadang Anda harus mengerti bahwa cinta kadang memang penuh dengan perbedaan, namun semua itu tidak menjadi alasan untuk bertengkar.

Cara menyatukan perbedaan pendapat dalam hubungan hampir sama dengan menyatukan usul dan gagasan dalam rapat dengan orang lain karena pada dasarnya kita mencari solusi terbaik dari adanya perbedaan yang ada sehingga semua pihak akan lega dengan keputusan yang ditentukan. Dalam hal ini harus ada pengakuan dan keinginan sendiri untuk menyampaikan keadaan yang sama dengan kita sehingga tidak ada lagi selisih paham yang akan menyebabkan lahirnya perdebatan tidak berujung. Sampai akhirnya dapat mengerti satu sama lain sehingga memperoleh jalan keluar untuk lepas dari masalah dan dapat menerima hal tersebut dengan rela hati.

Bagikan :

You may also like...