5 Cara untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Bagikan :

jantung, cara menjaga jantung sehat
5 Cara untuk Menjaga Jantung Tetap SehatPenyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di sebagian besar negara di dunia. Ini berlaku untuk negara-negara berkembang dengan pesat seperti Amerika Serikat dimana kebiasaan dan gaya hidup mempengaruhi tingkat kebugaran keseluruhan seseorang. Apakah Anda ingin menyelamatkan diri dari penyakit mematikan ini? Artikel berikut menuliskan 5 cara untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

1. Bergerak aktif
Jantung adalah salah satu dari otot-otot terbesar dalam tubuh Anda. Memompa darah Anda dan membuat Anda hidup. Namun, sama seperti semua otot juga, perlu beberapa latihan untuk memperkuatnya. Ketika orang-orang yang menerapkan gaya hidup yang lebih aktif, jantung mereka lebih banyak memompa. Tapi hari ini, orang tidak sempat cukup latihan karena kesibukan yang menguras waktu. Akibatnya, otot-otot jantung mereka melemah. Ini berarti bahwa setiap beban kerja fisik berpotensi dapat membunuh Anda. Berlari, naik-turun tangga, bersepeda – sebagian besar melatih jantung Anda agar bekerja lebih baik.


2. Nutrisi
Makanan juga berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Beberapa makanan juga dapat merusak sistem kardiovaskular Anda. Orang di pedesaan dapat menjaga jantungnya tetap sehat selama bertahun-tahun dan panjang umur. Rahasia mereka adalah makan banyak sayuran dan buah-buahan. Orang-orang jaman dulu tidak mengenal makanan cepat saji dan makanan kaleng. Sesekali, konsumsi daging tanpa lemak dan mengurangi asupan kolesterol jahat.

3. Merokok
Asap dari rokok menumpuk plak pada jantung dan sistem kardiovaskular Anda. Kebiasaan ini meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke. Berhenti merokok adalah salah satu hadiah terbesar yang dapat Anda berikan untuk jantung Anda. Kesehatan Anda akan kembali bugar.

4.Stres
Stres membuat tubuh kita menghasilkan lebih banyak hormon seperti epinefrin dan kortison. Mereka mempengaruhi jantung dan pembuluh, sehingga lambat laun merusak kesehatan Anda, terutama jika stres adalah bagian dari rutinitas kehidupan Anda. Hidup lebih bahagia dan lebih damai membuat jantung Anda sehat. Rajinlah bermeditasi untuk mengurangi tingkat stres.

5. Emosi
Jika Anda memendam semua emosi Anda di dalam diri, maka hal ini menempatkan terlalu banyak tekanan pada sistem saraf dan jantung Anda. Energi dari emosi negatif dan positif yang tersimpan di dalam tubuh menyakiti Anda. Manfaatkanlah mereka dengan cara yang bijaksana. Temukan cara untuk mengekspresikan diri, misalnya disalurkan lewat hobi dan kreativitas lainnya.

Bagikan :

You may also like...