5 Hal yang Dapat Dilakukan Setelah Anda Kena PHK

Bagikan :

phk, terkena phk, pengurangan tenaga kerja, pengurangan pegawai

5 Hal yang Dapat Dilakukan Setelah Anda Kena PHKIni adalah saat yang paling ditakuti dalam kehidupan setiap orang yang bekerja. Pengurangan pegawai/tenaga kerja dan PHK menghasilkan ketakutan terus-menerus seperti telur di ujung tanduk. Paling menyedihkan lagi ketika Anda tidak memiliki cukup tabungan, tuntutan hidup semakin bertambah, dan pemasukan hanya tergantung pada gaji bulanan Anda untuk memenuhi kebutuhan harian. Perasaan putus asa, depresi, dan panik cukup umum di rasakan, namun di butuhan kejernihan pikiran untuk mengatasinya dan melakukan hal-hal alternatif lain untuk mendapatkan kembali kehidupan lebih baik. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan setelah Anda terkena PHK di perusahaan tempat Anda bekerja yang akan membuat Anda merasa lebih aman dan mampu mengatasi rasa panik.

1. Jangan panik
Hampir mustahil untuk tidak panik dan tidak mungkin untuk tidak memikirkan apa yang akan terjadi pada Anda. Panik tidak membantu Anda dalam cara apapun. Ini akan menambah stres dan membawa Anda membuat beberapa keputusan yang sangat bodoh. Di PHK bukanlah akhir dari dunia, hal itu terjadi pada banyak orang di luar sana dan mereka telah mampu bangkit dari keputusasaan. Jadi berhentilah panik.

2. Berpikirlah jernih
Alih-alih berfokus pada pikiran negatif karena tidak memiliki pekerjaan, pikirkan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan lain. Carilah peluang lain, perbarui resume Anda dan cobalah meletakkannya di perusahaan-perusahaan luar sana sebanyak mungkin. Buatlah rencana tentang cara untuk mendapatkan pekerjaan lain, membuat jadwal dan menaatinya. Membuat rencana dan selalu optimis membuat Anda termotivasi.

3. Lepaskan ego Anda
Bila Anda telah di-PHK dan mencari sesuatu yang lain, Anda mungkin tidak segera mendapatkan sesuatu yang mirip dengan pekerjaan lama Anda. Dalam kasus ini, terkadang seseorang mendapatkan upah yang kurang sepadan atau sedikit turun dari gaji lama. Anda bisa lebih memahami untuk menjalankan peran yang berbeda dengan menerima pemotongan gaji daripada tidak bekerja sama sekali untuk jangka waktu yang panjang. Seiring waktu, nasib Anda pasti akan berubah lebih baik. Tuhan Maha Adil, Dia selalu bersama hambaNya yang bersyukur.

4. Jelajahi peluang lain
Mengeksplorasi cara untuk melihat apakah Anda dapat mengubah hobi menjadi sumber pendapatan. Jika Anda adalah seorang fotografer amatir, Anda dapat menemukan cara untuk menjual hasil jepretan Anda. Jika Anda adalah seorang koki atau juru masak, pasti tidak ada salahnya mengambil pekerjaan lain yang datang dengan cara Anda dengan berwirausaha.

5. Jadilah bos untuk diri Anda sendiri
Ini bukan jalur yang mudah, tetapi bukan tidak mungkin baik bagi Anda. Ada begitu banyak hal yang dapat Anda lakukan dan menjadi bos bagi diri sendiri. Anda dapat mencoba membuka sebuah usaha katering kecil-kecilan, membeli dan menjual barang-barang untuk keuntungan, melakukan beberapa konsultasi freelance atau menggunakan pengalaman Anda sebelumnya untuk memulai suatu bidang yang mirip dengan pekerjaan lama Anda.

Terkena PHK bukan berarti Anda kehilangan segalanya. Jadikan pengalaman ini sebagai pelajaran berharga bagi Anda untuk lebih bijaksana memandang hidup. Jangan menggerutu karena PHK sudah mengambil sebagian besar kehidupan Anda. Diberhentikan dari tempat bekerja sebagai tanda untuk memulai sesuatu yang baru. Yang penting adalah mengambil beberapa waktu untuk berpikir dan melihat ke depan yang lebih baik.

Bagikan :

You may also like...