5 Manfaat Jinten Hitam Yang Perlu Anda Tahu

Bagikan :

jinten hitam, cara mengkonsumsi jinten hitam, harga jinten hitam, pohon jinten hitam, jinten hitam untuk diet, kandungan jinten hitam, manfaat jinten hitam untuk kecantikan, manfaat jinten hitam untuk kesuburan wanita, khasiat jinten hitam untuk mengobati penyakit berat
5 Manfaat Jinten Hitam Yang Perlu Anda TahuCuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini menjadi pemicu seseorang gampang jatuh sakit, terutama pada orang yang kurang memperhatikan pola hidup sehat. Bahkan bagi mereka yang berusia diatas 40 tahun, gangguan flu saja sangat sulit sembuh. Ketika jatuh sakit, tentu akan mengacaukan aktivitas harian kita. Terlebih saat melakukan perjalanan jauh yang sudah dirancang bertahun-tahun, misalnya berangkat haji atau umroh. Supaya kita tidak mudah jatuh sakit, maka kekebalan tubuh harus selalu prima, karena sedikit saja menurun, besar peluang infeksi virus dan kuman akan menyerang. Bahan herbal harus jadi pilihan, karena selain sudah terbukti khasiatnya, keamanan pasti lebih terjamin dibandingkan obat dan suplemen kimiawi. Salah satu pilihan tepat adalah biji jinten hitam.

1. Mendongkrak kekebalan tubuh
Para herbalis pasti setuju dengan pendapat tentang manfaat jinten hitam untuk mendongkrak sistem imun tubuh. Bahkan mereka menganjurkan mengkonsumsi jinten hitam agar tidak terserang stroke. Sejak dulu, masyarakat Timur Tengah dan Asia Tenggara memakai jinten hitam untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan. Seperti asma, bronkitis, radang, gangguan saluran cerna, dan lain-lain.

2. Merawat kulit wajah
Biji jinten hitam mengandung minyak lemak yang bagus untuk perawatan kulit wajah dan mengatasi gangguan kesehatan kulit. Seperti eksem dan kekeringan kulit. Bahkan, kini telah tersedia krim untuk perawatan kulit wajah berbahan dasar jinten hitam yang dijual bebas di pasaran. Dengan memanfaatkan jinten hitam sebagai pelembab untuk merawat kulit wajah secara teratur, bikin tekstur kulit bertambah lembut, mengencangkan kulit, dan mengobati jerawat.

3. Menyembuhkan luka
Untuk membantu menyembuhkan luka dalam, sebaiknya minumlah 250 mililiter seduhan atau rebusan serbuk jinten hitam yang sudah disaring sehari sekali. Sedangkan untuk menyembuhkan luka luar (luka di permukaan), terlebih dahulu cucilah luka hingga bersih. Setelah itu, bilas dengan air rebusan biji jinten hitam. Untuk tujuan ini, pastikan panci untuk merebus benar-benar bersih. Sebelum digunakan untuk merebus jinten hitam, cucilah panci hingga benar-benar bersih terlebih dahulu, dan bilas dengan air hangat.


4. Melancarkan ASI
Jinten hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan pengeluaran air susu Ibu. Minyak lemak kandungan biji jinten hitam baik untuk mengatasi peradangan pada rematik dan gangguan kesehatan kulit. Jadi, khusus Anda yang baru saja melahirkan, dianjurkan rajin minum rebusan atau seduhan biji jinten hitam sebelum dan saat menyusui.

5. Anti kanker
Jinten hitam mengandung senyawa timokuinone. Sebuah penelitian mengatakan kalau senyawa ini menunjukkan prospek yang cerah, yaitu untuk mengobati dan mencegah kanker. Pastinya dalam hal ini, mencegah pasti lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, rajinlah mengkonsumsi jinten hitam. Sediakan selalu dirumah Anda.

Tips

  • Biji jinten hitam mudah didapat. Tapi tidak sembarangan membelinya. Sangat dianjurkan membeli di toko atau kios penjual bahan jamu herbal, agar dapat bahan yang baik dan benar. Tekstur biji jinten hitam keras, maka sebelum digunakan dianjurkan untuk dibuat serbuk terlebih dahulu. Caranya mudah, cucilah biji jinten hitam dengan air bersih, dan tiriskan, lalu disangrai dengan api kecil, jangan terlalu lama. Setelah itu ditumbuk hingga menjadi serbuk.
  • Untuk membuat minuman dari rebusan atau seduhan jinten hitam sangatlah mudah. Ambil 1 sendok teh serbuk jinten hitam, rebus dengan 150 mililiter air selama 10-15 menit. Setelah itu, minumlah satu gelas setiap hari air rebusan jinten hitam yang sudah disaring.
  • Ampas serbuk jinten hitam hasil rebusan, bisa digunakan untuk merawat kulit. Caranya, oleskan serbuk pada kulit wajah, tangan, dan kaki sampai merata. Biarkan sampai kering selama 20 menit. Selanjutnya dibilas air hangat. Lakukan minimum tiga kali seminggu.
  • Sekarang sudah tersedia bubuk jinten yang dijual dalam bentuk kapsul. Anda tinggal mengkonsumsinya sesuai dosis yang ditentukan.
  • Untuk memperoleh khasiatnya, pastikan membeli jinten hitam yang asli. Memang tidak mudah membedakan mana jinten hitam asli atau palsu. Karena warna jinten hitam yang gelap membuat kita sulit mendeteksi adanya campuran dari bahan lain. Apalagi belum banyak masyarakat Indonesia yang mengenal dan mengkonsumsi jinten hitam, karena tanaman ini memang hanya tumbuh di kawasan Timur Tengah. Sehingga tidak mudah mendapatkannya di toko, kecuali toko yang menjual barang-barang dari Timur Tengah.
Bagikan :

You may also like...