5 Pengobatan Alami untuk Sindrom Iritasi Usus

Bagikan :

sindrom iritasi usus, pengobatan sindrom iritasi usus
5 Pengobatan Alami untuk Sindrom Iritasi UsusSindrom iritasi usus (Irritable Bowel Syndrome) adalah masalah yang terjadi dengan usus, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada saluran gastro-intestinal. Kondisi ini juga dikenal sebagai kejang usus, sindrom usus fungsional, iritasi usus, kolitis mukosa, dan usus spastik. Dibalik nama panjangnya yang memberikan kesan beberapa kondisi medis yang rumit, tetapi sindrom iritasi usus adalah gangguan pencernaan sangat umum yang dapat diobati dengan mudah di rumah. Artikel berikut menuliskan 5 pengobatan alami sindrom iritasi usus.


1. Teh herbal
Teh herbal bekerja bagus untuk menyembuhkan sindrom iritasi usus. Siapkan teh chamomile dengan mencampur chamomile kering dalam segelas air panas dan biarkan larut selama 10 menit. Ambillah minuman ini dua kali sehari untuk memberi bantuan yang lebih baik dari kram perut. Teh peppermint juga merupakan obat lain untuk iritasi usus. Kandungan minyaknya yang kuat dalam peppermint membantu meringankan masalah pencernaan dan memberikan bantuan cepat dari diare. Jintan, adas manis, dan oregano adalah herbal lain yang dapat digunakan untuk membuat teh herbal untuk sindrom iritasi usus. Jika Anda rentan terhadap alergi atau heartburn, jangan mencoba chamomile atau herbal peppermint untuk teh Anda.

2. Cuka sari apel
Campur 2 sendok makan cuka sari apel dalam segelas air dan minum larutan ini sebelum makan. Ini akan mengurangi gejala iritasi usus dan membantu mempermudah pencernaan. Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri kuat yang membantu dalam membilas racun dari tubuh. Hal ini juga membantu dalam menyembuhkan sembelit. Selalu encerkan terlebih dahulu sebelum digunakan, karena rasanya sangat asam.

3. Lada dan kapulaga
Hancurkan kapulaga, jahe kering, beberapa butir merica dan mencampurnya dalam segelas air hangat. Meminumnya setelah makan. Hal ini akan membantu dalam menyembuhkan sindrom iritasi usus. Jahe adalah antibiotik alami yang membantu merangsang cairan pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan. Kapulaga juga mengandung zat anti-inflamasi yang membantu mengurangi gejala iritasi usus.

4. Sekam Psyllium
Campurkan 1 sdt sekam psyllium dengan setengah cangkir yogurt dan minum setelah makan malam. Ini adalah obat yang baik untuk sindrom iritasi usus. Psyllium memudahkan buang air besar, terutama jika Anda menderita sembelit, yang merupakan salah satu gejala utama sindrom iritasi usus. Hal ini juga mengurangi kembung dan perut kembung.

5. Asafetida
Campur sejumput asafetida, jahe bubuk kering dan garam dalam segelas air hangat dan minumlah untuk memberi bantuan cepat dari gejala sindrom iritasi usus. Asafetida merupakan obat anti-kembung, anti-inflamasi, dan sifat pencaharnya menjadikan asafetida obat yang baik untuk menyembuhkan sindrom iritasi usus.

Jika Anda menderita sindrom iritasi usus, hindarilah makanan non-vegetarian, teh, kopi dan alkohol. Minum lebih banyak air dan makan makanan berserat untuk menangkal masalah pencernaan.

Bagikan :

You may also like...