5 Perawatan Alami untuk Rambut Beruban

Bagikan :

uban, rambut beruban, menghilangkan uban

5 Perawatan Alami untuk Rambut BerubanRambut beruban merupakan proses alami yang tak terelakkan. Tapi jika uban prematur telah teridentifikasi sebagai salah satu faktor penting pemicu kekhawatiran dalam kehidupan masyarakat saat ini. Mungkin ada sejumlah alasan yang berkontribusi terhadap munculnya uban dini termasuk diet, gaya hidup, dan gen. Tapi, apa pun yang menjadi faktor pemicu, menghindari atau mencari solusi untuk rambut ubanan tentu diinginkan setiap individu. Obat penghitam rambut yang ditawarkan di pasaran memiliki kandungan bahan kimia yang tidak alami, atau terkadang tidak menunjukkan hasil yang memuaskan. Tentu cukup berisiko untuk merawat rambut Anda dengan bahan kimia. Berikut adalah beberapa perawatan alami untuk rambut beruban yang tidak hanya efektif tetapi juga aman.


1. Gooseberry
Gooseberry atau amla adalah jenis berry sangat serbaguna yang berfungsi untuk beberapa tujuan pengobatan. Buah ini adalah gudang vitamin C dan anti-oksidan yang membantu Anda menyelesaikan sejumlah masalah rambut, termasuk uban dan rambut rontok. Selain dapat dimakan buahnya, jusnya dapat diterapkan langsung pada rambut untuk memberikan manfaat tambahan. Rebus potongan gooseberry kering dalam minyak kelapa sampai menjadi hangus. Biarkan campuran dingin dan pindahkan ke wadah bersih lain. Oleskan minyak ini pada kulit kepala dan rambut setidaknya dua kali seminggu dan bilas.

2. Rosemary dan sage
Rosemary dan sage tidak hanya digunakan sebagai bumbu rahasia masakan untuk hidangan terbaik di seluruh dunia tetapi juga merupakan tonik rambut yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Rebus setengah cangkir rosemary dan sage segar dalam 2 gelas air selama sekitar 30 menit. Biarkan air dingin dan menggunakannya secara berkala untuk memijat kulit kepala dan rambut. Tonik ini sangat menutrisi rambut Anda dan mencegah banyak masalah rambut.

3. Daun kari
Jika daun kari sebagian besar hanya menjadi bagian dari bumbu masak, ada manfaat lain yang sudah terbukti. Ambil beberapa lembar daun kari, rebus dalam minyak kelapa sampai berubah gelap. Setelah itu, dinginkan minyak dan pijatlah ke kulit kepala dan rambut Anda untuk hasil yang ajaib. Daun kari dapat dicampur dengan dadih susu untuk memberikan manfaat yang lebih baik dalam mengatasi masalah rambut dan uban.

4. Blackstrap molase
Blackstrap molase adalah salah satu jenis molase, cairan gelap produk sampingan dari proses pengolahan gula tebu menjadi gula dapur, rasanya manis bercampur pahit. Sirup blackstrap molase kaya tembaga yang mempromosikan produksi pigmen rambut. Telah terbukti untuk mencegah uban prematur dan juga menutup rambut abu-abu secara efektif dan alami. Mineral lain seperti besi, selenium dan magnesium juga dapat ditemukan dalam sirup gula molasses yang sehat bagi tubuh Anda.

5. Jus bawang merah dan jus lemon
Campuran jus bawang dan jus lemon merupakan kombinasi yang sangat ampuh untuk mencegah uban prematur. Sebelum pewarna rambut diciptakan; orang jaman dulu menggunakan bawang merah di kulit kepala mereka untuk merawat rambut beruban. Hal ini karena bawang merah kaya akan enzim katalase berlimpah yang berfungsi menetralkan hidrogen peroksida dan menutupi rambut abu-abu.

Bagikan :

You may also like...