5 Perbedaan Antara Jerawat dan Rosasea yang Harus Anda Ketahui

Bagikan :

jerawat, rosasea, perbedaan jerawat dan rosasea
5 Perbedaan Antara Jerawat dan Rosasea yang Harus Anda KetahuiAkan sulit untuk menemukan seseorang yang tidak pernah mengeluh tentang masalah kulit. Entah mereka remaja, pria, wanita, orang tua, kita semua pernah mengalaminya. Wajah kita adalah fitur pertama yang sering dilihat orang, jika memiliki perubahan warna atau noda tentu bisa mengurangi rasa percaya diri. Yang paling tidak menyenangkan adalah, noda kulit dan perubahan warna dapat menjadi masalah yang berulang sepanjang hidup. Lebih buruk lagi, kadang sulit untuk menentukan penyebab dari kondisi kulit ini tanpa konsultasi dengan dokter, karena banyak dari mereka terlihat memiliki kemiripan gejala. Nah, dua masalah yang membingungkan kita adalah jerawat dan rosasea. Berikut adalah beberapa perbedaan antara jerawat dan rosacea yang perlu Anda ketahui, agar Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengatasinya.

1. Jerawat
Jutaan orang menderita jerawat, menjadikannya penyakit kulit atau kondisi kulit yang paling umum. Timbulnya jerawat disebabkan ketika pori-pori di kulit Anda tersumbat oleh sebum, minyak yang disekresikan oleh kulit. Jika pori-pori yang tersumbat kotoran cukup banyak dan cukup dalam, bakteri bisa masuk, menduduki dan menyebabkan peradangan. Bila Anda memiliki kasus jerawat yang parah Anda akan mengalami kemerahan pada kulit dan pembengkakan.

2. Rosasea
Rosasea, di sisi lain adalah suatu kondisi yang melibatkan pembuluh darah di wajah Anda. Gejala umum dari timbulnya rosasea adalah munculnya kemerahan pada pipi dan hidung. Jika dibiarkan tidak diobati, kondisi akan semakin lebih buruk dan Anda dapat melihat kelompok pembuluh darah dan benjolan merah di wajah Anda. Dalam kasus yang jarang terjadi dan sangat ekstrim, hidung dan wajah kemungkinan bisa menjadi cacat dan bengkak. Kadang-kadang rosasea bahkan menyebar ke mata dan dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan bila tidak segera ditangani.


3. Usia orang yang menderita jerawat dan rosasea
Sebagian besar remaja dan orang dewasa lebih banyak menderita jerawat, sedangkan pasien yang lebih tua berusia lebih dari 30 tahun cenderung menjadi korban rosasea.

4. Tampilan kulit setelah jerawat dan rosasea
Jerawat yang terkena kulit akan muncul komedo atau whitehead berisi nanah, sementara kulit yang terkena rosasea akan ditandai dengan kemerahan dipermukaan kulit dan bintik-bintik merah yang menyebar berkelompok.

5. Masalah mata
Rosasea dapat mempengaruhi mata dan bisa mengakibatkan kebutaan, sementara jerawat hanya mempengaruhi kulit dan tidak menyebar di tempat lain.

Hal penting yang perlu diingat tentang jerawat dan rosasea adalah bahwa jika Anda menderita salah satu dari masalah ini, Anda harus berhenti dan menahan diri dari keinginan menggaruk. Menggaruk hanya akan membuat kulit semakin terinfeksi lebih parah dan meninggalkan bekas luka. Infeksi juga dapat membuat bengkak pada area wajah Anda dan menyakitkan.

Bagikan :

You may also like...