5 Tanda Kamu Sedang Ngerasa Nggak Nyaman dalam Pertemanan

tidak nyaman dalam persahabatan, merasa tidak nyaman berteman, bagaimana berhenti merasa tidak nyaman

Berbicara soal rasa nggak nyaman memang tidak akan ada habisnya. Akan selalu ada hal yang membuat seseorang menjadi nggak nyaman, terutama dalam hubungan pertemanan. Rasa tak nyaman ini disebabkan oleh berbagai faktor dan yang paling utama adalah lingkungan.


Perasaan nggak nyaman dalam sebuah pertemanan kerap kali terjadi, tapi kamu tidak akan pernah mengetahui bahwa dirimu sedang di zona ini. Untuk dapat membuktikan bahwa kamu sedang dalam perasaan nggak nyaman, ada baiknya untuk melihat lima tanda di bawah ini.

1. Merasa sering diabaikan
Di dalam pertemanan keakraban dan kedekatan satu sama lain adalah faktor penting untuk saling memahami. Namun, jika kamu sering merasa kehadiranmu diabaikan, ucapanmu tidak didengar dan keberadaanmu tidak pernah dianggap ada, maka kamu sedang berada di zona nggak nyaman.

Seseorang yang nggak nyaman cenderung merasa bahwa dirinya kurang diperhatikan, sosoknya selalu diabaikan. Padahal, teman-teman di sekelilingnya justru selalu menganggap dia ada, tapi justru kamu yang malah menjauh dari mereka.

2. Keberadaanmu tidak membawa dampak penting di pertemanan tersebut
Rasa nggak nyaman dalam diri akan membuatmu merasa kurang berharga dalam hidup. Alhasil, kamu menutup dirimu dari orang-orang luar, termasuk dari teman-temanmu. Kamu merasa bahwa kamu tidak sepadan hadir dalam pertemanan ini dan mulai menjauh dari mereka.


Ketika berkumpul, sebenarnya kamu dianggap oleh mereka, bahkan mereka selalu mencoba berinteraksi denganmu. Namun, sikap rendah diri yang kamu miliki justru menutup akses mereka untuk berteman lebih dalam denganmu. Hasilnya, justru kamu merasa bahwa keberadaanmu tidak pernah dianggap penting oleh temanmu.

3. Merasa selalu dijauhi
Hidup dengan memiliki banyak teman, terkadang di beberapa situasi kamu pernah merasa dijauhi tanpa sebab. Hal itu wajar terjadi dalam pertemanan.

Baca juga :  3 Cara Menghadapi Pacar yang Cemburu Saat Kamu Chat dengan Cowok Lain

Namun, ketika dirimu terus menerus berada dalam rasa itu dan enggan untuk mencoba mendekatkan diri dengan teman-temanmu yang lain, dapat diartikan bahwa kamu sedang merasa nggak nyaman. Kamu tidak memiliki kepercayaan diri untuk ikut bergabung dan berinteraksi lagi selayaknya teman.

Dirimu malah menutup akses pertemanan dengan menjauhi mereka. Padahal yang menjauh itu adalah dirimu sendiri, bukan malah mereka yang menjauhimu.

4. Tidak pernah merasa nyambung saat ngobrol
Pernah merasa tidak nyambung saat ngobrol dengan teman? Padahal topik yang kamu bicarakan justru menarik untuk dibahas. Sebelum menghakimi bahwa teman-teman tidak nyambung saat kamu ajak bicara, ada baiknya untuk kamu introspeksi diri. Apakah yang tidak nyambung itu teman-temanmu atau justru topik pembicaraanmu yang ngawur?

Rasa nggak nyaman itu muncul bisa jadi karena dirimu tidak bisa membawa pribadimu pada lingkungan teman-temanmu. Ikutilah alur perbincangan yang ada, berikan gurauan untuk mencairkan suasana dan jangan berikan topik yang terlalu berat untuk kamu bicarakan. Bisa jadi juga kamu merasa tidak nyambung dengan mereka karena topik pembicaraanmu yang terlalu serius, padahal obrolan yang dibahas hanya mengenai hal lucu saja.

5. Merasa dirugikan
Ketika kamu merasa hanya dimanfaatkan dan dirugikan saja dalam pertemanan, ada baiknya untuk segera ambil tindakan. Namun sebelum mengambil tindakan, kamu juga harus berpikir matang, apakah kamu benar-benar merasa dirugikan atau hanya sekadar perasaanmu saja?

Perlu diketahui, rasa nggak nyaman juga bisa hadir dalam sebuah tanda dalam diri bahwa kamu merasa dirugikan. Padahal, jika diteliti lebih dalam, tidak ada pihak yang dirugikan. Semuanya hanyalah perasaaanmu saja karena kamu tidak mampu bergabung dan berbaur dengan teman-temanmu.

Baca juga :  5 Alasan Mengapa Membalas Berselingkuh adalah Ide Buruk

Itulah lima tanda tak terbantahkan bahwa kamu adalah sosok yang nggak nyaman dalam pertemanan. Di antara kelima tanda di atas, apakah salah satunya pernah kamu rasakan? Jika iya, kamu harus waspada dan segera cari solusi yang tepat agar tidak larut dalam ketidaknyamanan.


You may also like...