5 Teknik Meditasi untuk Pemula

Bagikan :

meditasi, teknik meditasi, meditasi untuk pemula
5 Teknik Meditasi untuk PemulaMeditasi bukan berarti diharuskan duduk diam di satu tempat dalam jangka waktu tertentu. Tapi jika sudah terbiasa, meditasi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun meski sedang berjalan di tempat ramai atau sedang duduk santai. Seperti yang Anda tahu, pikiran kita cenderung mengembara kemana-mana ketika tidak ada kegiatan atau sedang melamun. Meski tampaknya sangat sederhana, meditasi sangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran, merilekskan tubuh, membangun energi internal (chi, ki, prana), mengembangkan rasa kasih sayang, meningkatkan konsentrasi, menurunkan kecemasan, dan masih banyak manfaat lainnya. Tapi Anda bisa memulai langkah awalnya dengan beberapa teknik sederhana. Tulisanwanita.com menuliskan 5 teknik meditasi untuk pemula.

1. Mulailah dengan latihan pernapasan dalam
Tutup mata Anda, duduklah tegak tapi rileks, dan berkonsentrasilah pada pola pernapasan Anda. Anda dapat mulai dengan pernapasan normal. Cobalah untuk menyalurkan semua pikiran Anda pada pola pernapasan Anda, amati, dan pusatkan seluruh perhatian Anda. Hitung sendiri dalam pikiran Anda saat Anda mengambil/mengelurkan napas, cara ini membantu agar pikiran Anda tetap fokus. Secara bertahap ambil nafas dalam-dalam lalu keluarkan pelan-pelan, lakukan dengan pola yang sama.

2. Relaksasi otot dan latihan peregangan
Salah satu cara untuk mempersiapkan pikiran dan tubuh untuk meditasi adalah memulainya dengan latihan peregangan dasar. Cara ini efektif melemaskan otot-otot tubuh dan membantu kemajuan Anda secara bertahap menuju meditasi tingkat tinggi, dimana Anda diminta untuk duduk diam dan menyalurkan energi internal Anda. Lakukan peregangan tangan, kaki, memutar bahu dengan gerakan searah jarum jam dan melawan jarum jam. Juga lakukan latihan yang sama untuk mengendurkan otot leher Anda.


3. Meditasi audio
Rekaman audio meditasi yang memainkan instrumen musik menenangkan bisa bertindak sebagai ketukan. Atau, Anda juga bisa mendengarkan rekaman panduan audio yang membantu melatih pikiran Anda sesuai instruksi. Audio panduan akan membantu Anda agar tetap fokus, serta menuntun Anda untuk bermeditasi secara independen pada tahap berikutnya. Berikut kami sertakan audio untuk membimbing meditasi Anda.

4. Berjalan sambil diam
Beberapa orang tidak bisa duduk di satu tempat untuk jangka waktu tertentu. Ada kebutuhan untuk terus bergerak atau melakukan sesuatu. Jadi cara terbaik untuk memulai meditasi berjalan hanya dengan berjalan-jalan sendirian. Cobalah pergi berjalan-jalan di taman atau ke tempat-tempat yang tidak terlalu banyak orang. Tempat yang nantinya Anda buat meditasi berjalan tidak boleh sangat mengganggu. Anda bisa memutar alunan musik instrumental yang menenangkan dan berjalan-jalan selama beberapa menit. Berfokuslah pada pikiran, dan biarkan pikiran Anda diam dengan sendirinya.

5. Meditasi lampu
Meditasi lampu adalah jenis yang unik dari teknik meditasi bagi pemula. Anda tinggal menyalakan lilin dan fokuskan pandangan Anda pada api. Ini bukan latihan tidak berkedip dalam jangka waktu lama, tapi sebagai latihan melihat dalam satu arah. Cara ini akan mengasah kemampuan Anda untuk fokus dan berkonsentrasi.

Bagikan :

You may also like...