5 Tips Mengasuh Anak Pertama Selama Kehamilan Anak Kedua

Bagikan :

kehamilan kedua, mengasuh anak selama hamil kedua
5 Tips Mengasuh Anak Pertama Selama Kehamilan Anak KeduaBanyak wanita mengalami kesulitan dalam mengasuh anak pertamanya saat sedang hamil anak kedua. Ada yang berinisiatif diasuh baby sitter, dititipkan ke rumah orangtua, atau bahkan kurang diperhatikan. Akibatnya, sang kakak timbul rasa cemburu karena fokus Anda dicurahkan untuk calon adiknya. Jika Anda adalah seorang ibu hamil yang sedang menghadapi kesulitan mengasuh anak pertama Anda, Tulisanwanita.com memberikan beberapa tips yang dapat membantu Anda.

1. Kunjungi teman-teman lain yang memiliki lebih dari satu anak
Jika Anda mengalami kesulitan mengasuh anak pertama saat hamil anak kedua, maka Anda harus memberikan pengertian sedikit demi sedikit bahwa sudah hal yang umum bagi orangtua untuk memiliki dua anak atau lebih. Anda bisa membawanya mengunjungi teman-teman Anda yang memiliki anak lebih banyak. Cara ini akan sangat membantu ibu hamil jika menghadapi kesulitan mengasuh anak pertama mereka saat kehamilan kedua. Seorang anak dapat mulai memahami dinamika memiliki saudara kandung dengan melihat anak-anak lain.


2. Libatkan anak pertama Anda dalam perkembangan kehamilan Anda
Ketika Anda periksa kehamilan ke dokter, atau membeli semua kebutuhan untuk calon bayi Anda, Anda harus selalu mengajak serta anak pertama Anda. Kebanyakan wanita hamil menghadapi kesulitan dengan anak pertama mereka karena mereka berbagi hal-hal seputar kehamilannya dengan suami mereka saja, sementara anak pertama mereka lebih banyak dititipkan karena takut mengganggu.

3. Katakan padanya bahwa dia akan mendapatkan teman bermain
Cobalah menjelaskan kepada anak pertama Anda tentang semua hal baik yang akan segera datang. Misalnya, beritahu dia nantinya akan mendapatkan teman bermain sehari-hari di rumah, mereka akan tidur bersama-sama, menonton film, liburan bersama-sama dan seterusnya. Cobalah membangun ikatan emosi sang kakak dengan adiknya dengan cara positif. Mintalah ia mengelus-elus perut Anda, atau ikut memintanya mengajak adiknya berbicara.

4. Minta anak Anda untuk membuat hadiah untuk bayi
Ibu hamil seringkali dibuat kerepotan dengan rasa ingin tahu anak pertama mereka ketika mereka sibuk menyiapkan keperluan untuk bayi yang baru. Cara terbaik untuk menangani ini adalah meminta anak Anda untuk mempersiapkan hadiah buatan tangan untuk adiknya. Misalnya, bisa membuat kartu ucapan, lukisan, atau mainan kecil. Apakah Anda tidak berpikir ini adalah cara yang sangat lucu bagi seorang ibu untuk menangani anak pertamanya selama kehamilan kedua?

5. Berikan perhatian ekstra untuk anak pertama Anda
Tentu saja, ini bukan berarti memanjakan anak Anda berlebihan, tetapi Anda harus memastikan bahwa anak pertama Anda tidak merasa ditinggalkan dan iri karena persiapan besar sedang dilakukan untuk bayi yang baru. Hal-hal sederhana seperti mengajaknya bercerita, jalan-jalan di taman, dan menemaninya makan atau tidur siang akan sangat bermanfaat. Itu poin yang baik. Bahkan, ini adalah salah satu poin penting dalam mengasuh anak pertama mereka agar tidak kehilangan kasih sayang selama kehamilan kedua.

Bagikan :

You may also like...