6 Alasan Agar Jangan Terlalu Terobsesi dengan Penampilan

Bagikan :

terobsesi dengan diri sendiri, merasa bangga dengan diri sendiri
6 Alasan Agar Jangan Terlalu Terobsesi dengan PenampilanMeski penampilan luar terlihat cantik, bila tidak punya kepribadian baik, apalah gunanya kecantikan itu? Menjadi cantik memang menyenangkan, tapi itu hanya bertahan beberapa tahun. Kecantikan hatilah yang akan bertahan selamanya. Terlalu mementingkan penampilan luar sama halnya memiliki pandangan sempit, kita tidak mampu lagi melihat atau mempedulikan hal lain di luar objek itu. Lebih fatal lagi jika kecantikan luar sudah mengalahkan kecantikan dalam diri (inner beauty). Tulisanwanita.com memberikan beberapa alasan mengapa kita tidak harus begitu terobsesi dengan penampilan luar.

1. Mempengaruhi hubungan
Terobsesi dengan penampilan luar membuat Anda menyukai orang berdasarkan penampilan luarnya saja, tentu saja karena Anda hanya mencari seseorang yang selevel dengan Anda. Dengan demikian, Anda juga akan bertemu dengan orang-orang yang juga mementingkan penampilan fisik Anda, bukan melihat diri Anda apa adanya. Orang yang terlihat baik secara fisik, belum tentu bisa memberikan kebahagiaan untuk Anda.

2. Mudah kecewa
Orang yang terobsesi dengan penampilan luar cenderung menilai seseorang dengan cara mereka terlihat. Jika mereka menemukan seseorang yang terlihat menarik, maka mereka secara otomatis menganggap bahwa orang tersebut baik. Namun apa yang tidak mereka sadari adalah penampilan dapat menipu. Jika Anda selalu terobsesi dengan penampilan fisik, pasti akan mudah dikecewakan jika nantinya seseorang tidak bisa menjadi seperti yang Anda harapkan, karena selama ini Anda selalu menuntut kesempurnaan.

3. Rentan mengembangkan inferiority complex
Tidak selamanya Anda selalu bisa berpenampilan cantik. Akan ada hari-hari dimana Anda merasa ‘jelek’, merasa benci dengan diri sendiri saat melihat seseorang yang lebih cantik daripada Anda. Bila Anda bertemu orang seperti itu, Anda akan mulai mengalami perasaan rendah diri dan iri hati. Akhirnya Anda akan terus-menerus terobsesi ingin tampil sempurna demi sebuah pengakuan atau mengungguli orang lain. Siklus ini tak akan pernah berhenti menyiksa Anda sampai Anda mampu menyadari sendiri bahwa kesempurnaan hanyalah milik Tuhan.

4. Anda cenderung menjadi materialistis
Jika Anda terobsesi dengan penampilan, waktu demi waktu hanya Anda habiskan untuk menggali apa saja agar terlihat glamor. Hal ini bisa berbentuk apa saja, seperti tas mahal, ponsel yang Anda gunakan atau bahkan pakaian yang Anda kenakan. Ini membuat Anda lebih materialistis.


5. Membuang-buang uang
Materialisme akan membuat Anda boros. Anda secara tidak sadar akan terus mengeluarkan uang demi keharusan agar terlihat menarik di mata orang lain.

6. Anda cenderung tidak bahagia
Orang yang terobsesi dengan kecantikan luar jarang menemukan kebahagiaan dengan kehidupan mereka. Mereka terus-menerus mencari cara agar terlihat lebih baik dan lebih baik lagi, dan tidak pernah puas dengan apa yang sudah mereka dapatkan. Akibatnya, mereka tidak pernah mampu untuk menjadi bahagia, karena tidak peduli seberapa keras mereka mencoba, mereka tidak akan pernah benar-benar puas.

Loading...
Bagikan :

You may also like...