6 Cara Mengembalikan Kepercayaan Seseorang pada Anda

Bagikan :

mengembalikan kepercayaan seseorang, cara mengembalikan kepercayaan orang
6 Cara Mengembalikan Kepercayaan Seseorang pada AndaSetiap orang memiliki ‘pertahanan diri’ setiap waktu, jadi tidak mudah untuk benar-benar saling percaya jika belum mengenal lebih dekat. Setelah Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari seseorang, apabila sudah dirusak secara sengaja atau tidak, maka akan sulit untuk mendapatkan lagi kepercayaan yang hilang. Kepercayaan itu seperti cermin, sekali pecah memang bisa diperbaiki, tetapi tidak akan sama seperti semula. Ada beberapa cara dimana Anda dapat mengembalikan kepercayaan kembali dari orang yang Anda kecewakan, yang kami tuliskan disini.

1. Sabar
Maaf adalah proses yang lambat dan Anda harus bersabar serta konsisten. Hanya mengatakan maaf beberapa kali saja tidak akan cukup membuat orang percaya lagi kepada Anda dengan mudah. Kesabaran dan kegigihan Anda ditentukan oleh seberapa pentingnya hubungan tersebut bagi Anda. Tidak ada yang lebih penting dalam hubungan selain kepercayaan. Terkadang mungkin Anda merasa seolah tidak ada kemajuan atau Anda mulai tergiring ke arah yang salah. Biasanya, semua itu hanyalah ujian. Jika Anda ingin berhasil, bersabarlah.


2. Minta maaf dengan segala ketulusan
Minta maaflah dengan tulus dan penuh sesal. Lakukan apa saja. Jangan mencoba membenarkan tindakan Anda atau berdalih. Jangan mengatakan “tetapi” atau “kalau saja” ketika meminta maaf dan ketahuilah bahwa semua upaya untuk membuat dia tampak salah hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Anda tidak boleh menimpakan kesalahan dan harus bertanggung jawab sendiri.

3. Beri mereka ruang dan waktu
Sampaikan bahwa dia boleh mengekspresikan apa saja yang dia rasakan, dan Anda akan bersedia mendengarkan. Biarkan mereka marah jika memang mereka rasa perlu untuk meluapkan kekesalannya, Anda harus besar hati menerimanya. Terkadang dia hanya membutuhkan ruang untuk melihat bahwa Anda telah menyadari kesalahan dan mengubah tingkah laku sehingga kesalahan itu tidak akan terulang lagi. Dia membutuhkan waktu untuk melihat bahwa Anda telah berubah menjadi lebih baik. Mungkin Anda harus menunggu dua minggu hingga beberapa bulan, tergantung seberapa parah kesalahan yang Anda buat.

4. Penuhi janji Anda
Penting sekali bagi Anda untuk tidak mengingkari janji ketika membangun ulang kepercayaan. Mengingkari janji di titik ini biasanya berakibat lebih buruk daripada kesalahan yang pertama. Anda telah meyakinkan dia bahwa Anda telah berubah dan berusaha menjadi lebih baik. Jika Anda merusak kepercayaannya sekali lagi, dia mungkin tidak akan yakin Anda bisa berubah lebih baik.

5. Terima kenyataan
Sayangnya, ada kemungkinan bahwa kepercayaan yang rusak tidak dapat diperbaiki walaupun Anda telah menghabiskan waktu lama untuk menebusnya. Dalam kasus seperti itu, langkah terbaik bagi Anda berdua hanyalah melangkah maju dan melepaskan beban tersebut di belakang. Mungkin sebaiknya Anda menyerah jika setelah enam bulan tidak ada tanda-tanda perbaikan. Jika dia bersikap kasar secara fisik, Anda harus memprioritaskan keselamatan diri dan melupakannya.

Loading...
Bagikan :

You may also like...