6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda

Bagikan :

daya ingat, memori otak. cara meningkatkan daya ingat, meningkatkan memori otak
6 Cara Meningkatkan Daya Ingat AndaAda banyak sebagian besar dari kita yang memiliki daya ingat lemah dan dapat memiliki efek yang cukup signifikan dalam mempengaruhi aktivitas dan karier kita. Tulisanwanita.com memberikan beberapa tips tentang bagaimana cara meningkatkan daya ingat Anda.

1. Gunakan perangkat mnemonik
Perangkat mnemonik sangat efektif dalam membantu mengingat. Mnemonik adalah teknik yang teruji ilmiah berdasarkan pengetahuan manusia tentang prinsip-prinsip memori. Terdapat hubungan kata untuk membantu mengingat bahan-bahan, metode pancang (angka), teknik potong, asosiasi (cerita), asosiasi humor dan penggunaan akronim dan akrostik. Teknik akronim dapat digunakan saat mempelajari warna-warna pelangi, yaitu mejikuhibiniu. Anda dapat menggunakan asosiasi dengan mengaitkan istilah dengan item yang Anda kenal. Anda bisa berlatih sendiri mengembangkan daya ingat dari sebuah lagu, sajak, atau humor yang akan membantu Anda mengingat aspek tertentu dari informasi.


2. Tidur nyenyak
Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan bagi otak untuk memfungsingkan daya ingat secara optimal. Jika Anda kurang tidur, maka pikiran Anda tidak akan berfungsi dengan baik, dan sering lupa hal-hal penting. Ini tidak hanya mempengaruhi kemampuan Anda dalam memecahkan masalah, kreativitas, dan keterampilan berpikir kritis, tetapi juga berbahaya untuk konsolidasi memori. Studi menunjukkan bahwa aktivitas memori semakin meningkat saat Anda mengalami tahap tidur lelap.

3. Pikiran stres
Stres menyebabkan kelebihan hormon stres kortisol dalam hippocampus, yang merupakan pusat kontrol untuk belajar dan mengingat. Akibatnya, Anda menghadapi masalah dalam pengkodean informasi atau mengambilnya. Jika Anda berada di bawah stres yang terus-menerus, akhirnya dapat menyebabkan gangguan memori. Jadi, untuk memastikan bahwa Anda memiliki memori yang baik, Anda harus menjauhkan diri dari stres dan menjaga pikiran Anda tetap segar dan santai.

4. Olahraga teratur
Hanya ketika Anda memiliki tubuh yang sehat secara keseluruhan, Anda bisa berharap untuk memiliki kemampuan dalam mengingat dan memproses informasi. Melakukan latihan fisik secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membawa oksigen ke otak Anda, sehingga membantu dalam menjaga masalah seperti daya ingat menurun.

5. Makan dengan tepat
Anda harus menyertakan banyak makanan otak dalam diet Anda. Pastikan Anda makan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Juga, mengurangi asupan kalori dan lemak jenuh. Makanan tersebut dapat membuat Anda rentan terhadap demensia. Anda harus menyertakan banyak buah-buahan dan sayuran dalam diet harian Anda karena merupakan sumber antioksidan yang membantu dalam menjaga sel-sel otak Anda dari kerusakan. Minuman seperti teh hijau juga dapat memberikan banyak polifenol, yang merupakan antioksidan kuat. Teh hijau juga dikenal untuk meningkatkan memori dan kewaspadaan mental. Anggur juga dapat membantu meningkatkan memori Anda. Pilihlah anggur merah karena memiliki resveratrol, sebuah flavonoid yang meningkatkan aliran darah ke otak. Anda juga bisa mengkonsumsi jus buah lain seperti jus cranberry.

6. Bermain game asah otak
Ini berarti Anda harus melakukan sesuatu yang menantang mental, sehingga memberikan latihan untuk otak Anda. Ini bisa meliputi kegiatan seperti belajar instrumen baru atau memecahkan teka-teki silang, dll. Hal-hal seperti ini membantu dalam menciptakan koneksi baru dalam otak Anda. Akhirnya, sel-sel baru membantu dalam membangun cadangan kognitif yang signifikan untuk menciptakan ingatan-ingatan baru.

Bagikan :

You may also like...