6 Cara Menumbuhkan Kebiasaan Suka Membaca

Bagikan :

membaca, menumbuhkan minat membaca, hobi membaca
6 Cara Menumbuhkan Kebiasaan Suka MembacaYang satu ini dikhususkan bagi mereka yang ingin mengembangkan kebiasaan membaca, tapi tidak dapat melakukannya karena berbagai alasan. Juga, artikel ini akan memberikan ide-ide bagi mereka yang sudah melakukan kegiatan membaca tapi entah bagaimana tidak dapat merubah menjadi kebiasaan. Ketahuilah bahwa buku akan menjadi pendamping Anda seumur hidup, karena menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi Anda. Artikel berikut memberikan beberapa cara dimana Anda dapat menumbuhkan kebiasaan suka membaca.

1. Mulai membaca
Salah satu hal yang paling penting dan bagian yang paling sulit saat menumbuhkan kebiasaan membaca adalah untuk memulai. Seseorang terus menunda waktu dalam mencari buku bacaan yang ‘baik’, atau mungkin karena kurangnya waktu luang, dll. Anda harus mencoba melepaskan semua alasan, ambil saja buku yang sesuai minat Anda, dan mulailah membaca. Itu adalah langkah yang pertama dan yang paling penting. Jangan menunda-nunda mencari sumber pengetahuan.

2. Sisihkan waktu untuk membaca
Awalnya, Anda mungkin perlu untuk menyisihkan waktu untuk membaca di sela-sela jadwal sibuk Anda. Anda dapat membaca buku saat Anda bersantai atau ketika Anda pulang kerja, dll. Cara lain untuk melakukan hal ini adalah memanfaatkan waktu yang tidak perlu. Cobalah untuk memastikan bahwa Anda tetap dengan apa yang telah Anda putuskan. Seiring waktu, Anda tidak perlu lagi menyisihkan waktu untuk membaca dan akan mulai datang secara alami keinginan untuk membaca. Anda akan mulai mencari buku sehari-hari dan akan segera menjadi kebiasaan.

3. Jangan menilai buku dari sampulnya
Seringkali orang yang suka membaca malas membaca buku hanya karena sampulnya tidak menarik bagi mereka, atau karena judulnya tidak cukup menarik. Ingat bahwa buku selalu bisa mengejutkan Anda jika Anda mulai membacanya. Awalnya, ketika Anda baru saja mulai membaca buku, cobalah meniatkan untuk menambah ilmu dan berikan setiap buku kesempatan.

4. Baca sesuai minat Anda
Ini seringkali terjadi, bahwa seseorang mencoba untuk membaca apa yang juga dibaca orang lain. Ketahuilah bahwa tujuan utama dari kebiasaan membaca adalah agar Anda dapat menghabiskan waktu dengan baik setiap kali Anda sendirian, memanfaatkan waktu luang, atau ingin memperkaya pengetahuan Anda. Tidak perlu hanya membaca buku-buku yang Anda anggap “baik”, “tidak baik”, “sedang tren”, dsb. Anda harus membaca apa yang Anda suka, meskipun buku itu sudah lama dan tidak banyak orang menyukai topiknya. Jangan khawatir tentang orang-orang menilai pilihan bahan bacaan Anda. Baca saja hal-hal yang benar-benar menarik minat Anda dan mampu memberi pengetahuan baru.

5. Bergabung dengan kelompok membaca
Jika Anda tidak dapat menumbuhkan kebiasaan membaca karena kurangnya motivasi, maka dapat menjadi ide bagus untuk bergabung dengan kelompok membaca. Sebagai pemula, itu dapat membantu Anda memulai dan Anda juga akan berkesempatan bertemu dengan orang-orang seperti Anda yang ingin memiliki kebiasaan membaca. Berada di lingkaran tersebut akan memberikan lingkungan yang sempurna untuk menumbuhkan minat membaca, berdiskusi, dan menikmati buku.

6. Selalu membawa sebuah buku
Ketika mencoba untuk mengembangkan kebiasaan membaca, sangat penting untuk membawa sebuah buku yang diselipkan di tas kemana pun Anda akan pergi. Ingat bahwa Anda tidak pernah bisa memprediksi kapan Anda mungkin ingin membaca sesuatu, ketika Anda sendirian, atau ketika Anda ingin beralih ke dunia baca. Jadi, untuk memastikan bawalah satu buku untuk menemani bepergian Anda. Itu lebih bermanfaat daripada menghabiskan waktu bermain gadget.


Loading...
Bagikan :

You may also like...