6 Cara untuk Meningkatkan Metabolisme Anda

Bagikan :

metabolisme, cara meningkatkan metabolisme tubuh untuk diet
6 Cara untuk Meningkatkan Metabolisme AndaAnda pasti pernah bertanya-tanya mengapa ada beberapa orang sudah makan banyak, tetapi tubuhnya tetap langsing? Sedangkan Anda, sudah melakukan olahraga sampai fitness, tapi masih saja menumpuk lemak dimana-mana? Faktanya adalah, memang ada beberapa orang memiliki metabolisme yang lebih cepat daripada Anda. Metabolisme merupakan proses dimana tubuh mengubah semua asupan yang masuk menjadi energi untuk kekuatan ginjal, hati, jantung dan semua organ utama lainnya. Hal ini dikenal dengan Angka Metabolisme Basal (AMB) atau Basal Metabolic Rate (BMR), yaitu kebutuhan energi minimal yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan proses tubuh yang vital. Semakin tinggi AMB Anda, maka Anda cenderung lebih ramping. Kemampuan tubuh membakar kalori tergantung pada usia, jenis kelamin, juga faktor genetis. Tapi jangan khawatir, dengan mengatur gaya hidup yang cerdas, Anda bisa mempercepat metabolisme tubuh. Tulisanwanita.com memberikan cara untuk meningkatkan metabolisme Anda.

1. Membangun massa otot
Semua orang yang tahu berolahraga adalah cara yang baik untuk membakar lemak. Tetapi, Anda perlu memilih jenis latihan yang tepat untuk membakar lemak. Massa otot perlu membakar cukup banyak kalori untuk menjalani fungsinya dengan baik. Sebut saja lari, zumba, aerobik, merupakan cara yang tepat untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi, siapkan waktu Anda setidaknya untuk melakukan 3 kali sesi olahraga dalam seminggu.

2. Minum air dingin untuk meningkatkan metabolisme
Anda harus banyak minum agar terhindari dari dehidrasi, agar metabolisme tubuh lancar. Minum air es justru menghangatkan tubuh dan membantu membakar kalori. Ini adalah salah satu fakta yang paling mudah tapi jarang diketahui orang tentang metabolisme. Jika Anda minum air dingin, tubuh Anda melakukan ekstra pembakaran. Jadi, metabolisme secara alami akan meningkat.

3. Tidur dengan baik untuk memiliki metabolisme yang baik
Hari ini semua orang memiliki kehidupan yang super sibuk, sehingga terkadang cenderung mengabaikan kesehatan mereka sendiri. Akibatnya konsekuensinya banyak, salah satunya adalah metabolisme melambat. Jadi tidurlah dengan baik, supaya tubuh Anda berfungsi secara optimal. Tidur 7-8 jam sehari berarti Anda sudah memberikan tubuh cukup istirahat agar memiliki metabolisme yang lebih baik.

4. Konsumsi serat
Serat bisa membantu tubuh membakar lemak hingga 30 persen. Orang yang makan banyak serat, jarang ada yang mengalami kegemukan. Anda bisa rajin mengkonsumsi asupan serat yang terdapat pada buah, sayuran, dan biji-bijian. Konsumsi makanan berserat secara rutin berdampak baik pada pencernaan, serta membantu usaha penurunan berat badan. Hal ini juga berdampak baik pada sistem metabolisme tubuh. Sayuran seperti seledri dan brokoli merupakan sumber serat yang sangat baik dari jenis serat tidak larut. Sedangkan sumber terbaik dari jenis serat larut seperti gandum, kacang-kacangan dan beberapa buah-buahan. Serat larut menyerap air dan membentuk gel di dalam lambung, yang membantu memperlambat proses pencernaan. Serat larut memperlambat pengosongan perut sehingga anda merasa kenyang lebih lama dan tidak ingin segera makan lagi. Serat tak larut melewati saluran pencernaan dengan relatif utuh dan mempercepat perjalanan makanan melalui usus. Serat tidak larut berguna untuk melancarkan BAB, mengurangi resiko sembelit, diare, menghilangkan racun dari usus besar,dan menurunkan resiko kanker usus.

5. Makan setiap 2-3 jam untuk metabolisme Anda
Bagi Anda yang menderita penyakit maag, mungkin sudah pernah mendengar bahwa setiap 3 jam sekali Anda perlu makan sedikit atau ‘ngemil’, agar perut tidak terlalu kosong. Ternyata, hal ini juga bagus diterapkan jika Anda ingin memiliki metabolisme lancar. Karena dengan begitu, Anda akan merangsang sel yang berfungsi dalam pembakaran kalori di dalam tubuh. Tapi dengan catatan bahwa makanan yang Anda konsumsi itu merupakan makanan yang mengandung protein. Seperti produk olahan susu rendah lemak ataupun kacang-kacangan. Dan bukanlah makanan yang mengandung gula tinggi.

6. Terapkan gaya hidup aktif untuk meningkatkan metabolisme Anda
Cobalah untuk tidak banyak duduk, Anda bisa berdiri atau lebih banyak bergerak. Karena tuntutan pekerjaan kantor yang mengharuskan banyak duduk, orang jadi lebih banyak menghabiskan waktunya didepan meja kerja. Jadi coba dan buat perubahan gaya hidup kecil, seperti berjalan-jalan sebentar di area kantor setelah jam makan siang, atau naik turun tangga. Gaya hidup aktif tidak hanya akan mengangkat semangat dan energi, tetapi juga akan menaikkan metabolisme Anda secara alami.

Loading...
Bagikan :

You may also like...