6 Hal Menarik yang Harus Anda Tahu Tentang Kolesterol

Bagikan :

kolesterol, fakta tentang kolesterol

6 Hal Menarik yang Harus Anda Tahu Tentang KolesterolBegitu kita mendengar kata ‘kolesterol’, kita cenderung mengasosiasikannya dengan sesuatu yang negatif. Terbayang makanan gorengan dengan banyak minyak menetes sampai dengan serangan jantung mulai bermain-main di pikiran kita. Nah, jika Anda berpikir Anda sudah tahu segala sesuatu tentang masalah umum yang berkembang di masyarakat sekarang ini, maka artikel berikut menuliskan 6 fakta menarik untuk diketahui tentang kolesterol.

1. Tubuh Anda sendiri memproduksi kolesterol
Berlawanan dengan kepercayaan populer bahwa kolesterol hanya akan disimpan dalam tubuh melalui makanan berlemak, kolesterol juga diproduksi oleh tubuh sesuai kebutuhan. Terlepas dari hal ini, sisa kolesterol berasal dari makanan yang kita konsumsi.

2. Ini bukan hanya dalam ‘hal-hal yang berminyak’
Anda mungkin berpikir bahwa dengan menghindari makanan berminyak dan berlemak dapat membuat Anda jauh dari kolesterol? Itu tidak benar. Semua produk hewani seperti susu, telur, dan daging, dapat bertindak sebagai katalis dalam meningkatkan kadar kolesterol Anda, bahkan jika mereka sendiri mungkin tidak memiliki kolesterol di dalamnya.

3. Kolesterol merupakan bahan pemulihan
Jika Anda melihat kenaikan kadar kolesterol Anda pasca operasi, maka alasan itu cukup sederhana. Kadar kolesterol melonjak dalam tubuh kita selama infeksi atau setelah serangan jantung karena juga merupakan agen penyembuhan yang membantu regenerasi sel dalam tubuh kita.

4. Gen dapat menentukan kadar kolesterol
Bertanya-tanya mengapa semua Anda yang diet menghindari makanan cepat saji demi menjaga kadar kolesterol terkendali? Nah, kesalahan mungkin dalam gen Anda. Kolesterol juga memiliki banyak hubungannya dengan faktor genetika Anda terlepas dari jenis makanan yang Anda makan.

5. Kolesterol juga bisa rendah
Anda mungkin khawatir tentang kadar kolesterol Anda naik, tapi dalam situasi yang berlawanan, itu juga bisa menjadi terlalu rendah. Kolesterol rendah tidak kalah buruknya seperti saat kadarnya tinggi. Kolesterol rendah membahayakan kesehatan termasuk depresi, kecemasan dan kanker. Ini terutama mempengaruhi wanita hamil, sehingga menyebabkan persalinan prematur.

6. Kolesterol dicadangkan dalam otak
Otak kita kaya kolesterol. Satu-seperempat dari kolesterol dalam tubuh kita disimpan dalam otak kita. Kolesterol menyelimuti sel-sel saraf dan serat, struktur dimana neuron sangat tergantung.

Bagikan :

You may also like...