6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Anda Pindah Kerja

Bagikan :

pindah kerja, sebelum pindah kerja
6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Anda Pindah KerjaSebelum Anda benar-benar memutuskan pindah pekerjaan, Anda harus sangat yakin dengan keputusan Anda. Apakah itu akan menguntungkan Anda dalam hal pertumbuhan karier, keuntungan finansial dalam memenuhi kebutuhan pribadi Anda? Ada banyak hal yang harus Anda ketahui dan pertimbangkan sebelum mengubah pekerjaan Anda. Jangan lupa pastikan perusahaan Anda sebelumnya memberikan surat pengalaman kerja, sehingga bisa Anda jadikan bukti pengalaman Anda di perusahaan baru. Berikut adalah 5 hal yang harus dilakukan sebelum Anda pindah kerja.

1. Simpan kontak lama
Setiap kali Anda ingin pindah pekerjaan, jangan meninggalkan kontak lama Anda, baik itu klien Anda, kolega, bawahan, dan supervisor. Sangat penting untuk tidak kehilangan koneksi dan kontak yang telah Anda miliki karena dapat berguna suatu saat nanti.


2. Pastikan tentang pekerjaan baru Anda
Pastikan bahwa Anda telah melakukan penelitian yang cukup terkait pekerjaan baru Anda, agar nantinya Anda tidak menyesal atau memutuskan keluar karena tidak nyaman. Jika sudah benar-benar yakin, kemudian mengambil langkah berhenti dari pekerjaan Anda saat ini.

3. Berikan alasan yang jujur mengapa Anda berhenti
Anda harus memberikan alasan yang konkret ketika Anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan. Sangat penting untuk memberikan alasan yang meyakinkan. Jika Anda tidak melakukannya, Anda akan mendapatkan nama buruk setelah bertahun-tahun bekerja di perusahaan Anda sebelumnya dan itu akan mempengaruhi penilaian baik dan surat rekomendasi.

4. Mengevaluasi manfaat masa depan
Anda perlu menganalisis terlebih dahulu jika pekerjaan baru akan lebih bermanfaat bagi karir masa depan dan kemajuan Anda. Anda perlu melihat apa jenis manfaat yang Anda dapatkan dalam pekerjaan baru Anda dan apakah itu memang layak. Apakah pekerjaan baru Anda memungkinkan Anda melakukan banyak perjalanan keluar? Apakah Anda dapat mengambil waktu untuk keluarga dan teman-teman? Apakah Anda dapat mendapatkan promosi jabatan? Selain itu, yang tak kalah penting apakah Anda mendapatkan kebahagiaan dan kepuasan kerja di lingkungan baru Anda.

5. Penuhi komitmen Anda
Sebelum meninggalkan pekerjaan Anda yang lama, jangan meninggalkan pekerjaan Anda begitu saja atau komitmen apapun yang belum terpenuhi. Jika Anda meninggalkan komitmen Anda, Anda akan meninggalkan kesan yang tidak baik tentang diri Anda. Hal ini juga dapat mempengaruhi citra Anda ketika Anda melangkah keluar. Siapa tahu, bos baru Anda adalah kolega bos lama Anda?

6. Temuilah pihak HRD perusahaan lama Anda
Temui HRD perusahaan yang bertanggung jawab menangani SDM ketika Anda akan pergi, karena selalu lebih baik untuk memberikan pemberitahuan sebelumnya. Jika mereka harus mulai mencari pengganti, mereka dapat melakukannya tanpa menghambat kelancaran fungsi organisasi. Ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan profesional dan memiliki etos kerja yang kuat.

Bagikan :

You may also like...