6 Keuntungan Menjadi Ibu Rumah Tangga

Bagikan :

ibu rumah tangga, kelebihan menjadi ibu rumah tangga
6 Keuntungan Menjadi Ibu Rumah TanggaPerempuan setelah menikah bisa menentukan sendiri dua pilihan, menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya atau ibu yang bekerja. Meskipun ada pertimbangan kelebihan dan kelemahan menjadi salah satunya, artikel berikut lebih berfokus keuntungan menjadi ibu rumah tangga.

1. Lebih banyak waktu
Manfaat yang paling menarik dan menyenangkan menjadi seorang ibu rumah tangga adalah jumlah waktu yang Anda dapatkan mengurus rumah tangga dibandingkan dengan wanita yang disibukkan dalam rutinitas kerja. Menjadi ibu rumah tangga bukan hanya memungkinkan Anda untuk bersantai, tetapi juga lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai, tak perlu lagi ketakutan setiap saat ditegur atasan.

2. Berfokus terhadap kebutuhan rumah tangga
Seorang ibu rumah tangga bisa sewaktu-waktu beristirahat dan bersantai di tempat tidur jika kecapekan. Wanita yang bekerja dikantor tentu harus berpikir dua kali, memikirkan alasan untuk memberitahu bos dan merasa takut akan konsekuensi yang harus dia hadapi jika ia izin mengambil lebih dari satu hari cuti. Kelelahan stres di kantor, memenuhi tenggat waktu, kunjungan kerja ke sana kemari, dan memprioritaskan pekerjaan diatas kepentingan keluarga merupakan faktor yang harus ditanggung wanita yang bekerja, tidak seperti ibu rumah tangga yang mencurahkan perhatiannya di rumah.


3. Bisa memulai bekerja di rumah
Jika sebagai ibu rumah tangga Anda merasa perlu untuk membantu mencari uang tambahan, maka Anda dapat mulai bekerja dari rumah dengan berwirausaha. Dengan cara ini Anda tidak terjebak dalam lingkungan kantor yang super sibuk, dan Anda juga mendapatkan waktu untuk keluarga sambil mengurus rumah.

4. Lebih bebas
Bila Anda seorang ibu rumah tangga, Anda adalah bos diri sendiri. Rumah itu sendiri adalah kantor Anda, bahkan Anda dapat mempekerjakan orang lain untuk membantu Anda membersihkan kebun, memasak, mencuci dan menyetrika, dsb. Anda dapat keluar dengan teman-teman Anda untuk makan siang, melihat acara TV, menikmati jaringan sosial, mendapatkan tidur malam yang nyenyak, dan singkatnya menikmati kebebasan sepenuhnya daripada rekan-rekan Anda yang tidak memiliki waktu untuk menikmati indahnya menjadi ibu rumah tangga.

5. Pelajari keterampilan baru
Ini jelas sulit dan nyaris mustahil bagi wanita yang bekerja serta mengurus keluarga untuk belajar keterampilan baru atau mengasah yang kemampuan sudah ada. Ibu rumah tangga memiliki lebih banyak waktu luang, dan bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan hobi mereka, atau belajar hal baru dengan mudah.

6. Melihat anak-anak tumbuh
Kesalahan terbesar yang harus dihadapi seorang wanita karir adalah kurangnya waktu yang semestinya harus dia habiskan untuk mendampingi pertumbuhan buah hatiya. Fokusnya terpecah, antara bekerja mencari uang dan keinginan membesarkan anak-anaknya dan menyaksikan mereka tumbuh. Ibu rumah tangga selalu ada disamping anak-anak mereka dan siap mendampingi mereka dengan cara yang penuh kasih serta menyaksikan momen-momen indah seperti melihat putra/putrinya mulai berjalan, berbicara, dsb. Banyak wanita di seluruh dunia tidak memiliki pilihan kecuali bekerja penuh waktu karena mereka membutuhkan uang, mereka tak sempat melihat anak-anak mereka tumbuh. Jadi jika Anda cukup beruntung memiliki pasangan yang mapan secara finansial, Anda harus menikmati manfaat menjadi seorang ibu rumah tangga dengan sepenuh hati.

Bagikan :

You may also like...