6 Keuntungan Menjalani Gaya Hidup Aktif

Bagikan :

gaya hidup aktif, manfaat hidup aktif, cara hidup aktif, pola hidup aktif, contoh gaya hidup aktif
6 Keuntungan Menjalani Gaya Hidup AktifMemiliki gaya hidup aktif pada era sekarang semakin sulit kita terapkan, mengingat kesibukan pekerjaan kantor dan banyak hal yang harus kita lakukan sebelum kita kembali ke rumah. Sebagian besar waktu, semua tugas kantor sudah menguras energi, sehingga saat pulang ke rumah fisik sudah terlalu lelah untuk melakukan hal lain. Tetapi memiliki gaya hidup aktif adalah suatu keharusan untuk kesehatan jangka panjang. Jika pekerjaan Anda yang mencegah Anda untuk memiliki gaya hidup aktif, maka Anda harus memberikan beberapa solusi untuk mengubah pekerjaan atau membuatnya lebih fleksibel, sehingga Anda dapat memiliki gaya hidup sehat. Ada begitu banyak keuntungan dari menjalani gaya hidup aktif, Tulisanwanita.com menjelaskan beberapa keuntungannya.

1. Menjaga kebugaran Anda
Memiliki gaya hidup aktif membuat Anda fit sepanjang hari. Anda lebih energik dan dapat melakukan lebih banyak hal dengan cepat.

2. Memberikan dorongan untuk kepribadian Anda
Memiliki gaya hidup aktif mencerminkan kepribadian Anda. Ketika orang mengamati Anda sekilas, mereka bisa tahu apakah Anda memiliki gaya hidup aktif atau tidak. Anda akan dikenal aktif, jika menampilkan keceriaan dimanapun Anda berada. Tentu saja Anda akan lebih disukai oleh orang-orang. Orang memiliki kecenderungan mengaitkan lambatnya gerakan fisik dengan kelambatan cara berpikir.

3. Panjang umur
Telah terbukti secara ilmiah bahwa dengan menerapkan gaya hidup aktif, secara otomatis memperpanjang umur Anda. Menjadi aktif saat usia muda, akan memastikan tetap sehat saat hari tua tanpa banyak keluhan berbagai penyakit.

4. Jarang berkunjung ke dokter
Gaya hidup aktif bisa diterjemahkan sebagai cara hidup sehat. Mencegah berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, darah tinggi, diabetes, dan kanker yang merupakan endemik di masyarakat modern saat ini. Menurut American Cancer Society, makan makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur juga bisa membantu mencegah perkembangan kanker, bahkan pada orang dengan risiko genetik yang meningkatkan resiko untuk penyakit ini. Ketika tubuh Anda sehat, tentu saja tidak mudah jatuh sakit. Menjadi aktif juga meningkatkan tingkat kekebalan tubuh Anda, sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit umum dan penyakit musiman.


5. Anda menghemat banyak uang
Jarang atau sudah tidak pernah ke dokter berarti Anda menghemat banyak uang. Anda selalu terlihat lebih sehat dan bugar, karena mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga teratur.

6. Anda dapat mengontrol berat badan
Ketika Anda aktif, Anda membakar kalori jauh lebih cepat dan tidak menimbunnya menjadi lemak tubuh. Ketika kalori yang Anda ambil dan kalori yang Anda bakar seimbang, Anda cukup mudah menjaga berat badan Anda.

Memiliki cara hidup aktif bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan jika Anda mampu membuat penyesuaian yang tepat dalam keseharian Anda. Kita cenderung menjadi manusia yang terbiasa dengan sesuatu yang serba cepat dan instan, sehingga kadang mengabaikan dampak negatif yang akan terjadi. Contohnya saja lebih memilih makanan cepat saji yang dengan mudah bisa didapatkan dimana saja, walaupun kita tahu jelas-jelas membahayakan bagi tubuh. Contoh lainnya, karena banyaknya kemudahan transportasi dan teknologi kita menjadi malas untuk bergerak dan beraktivitas. Efeknya, berbagai macam penyakit timbul karena tidak menjaga makanan dan kurang gerak. Mulai dari lemak yang bertumpuk dalam tubuh, kekurangan gizi, jantung, kolesterol, kanker dan penyakit lainnya, kebanyakan disebabkan karena makanan dan gaya hidup tidak sehat. Mulailah melakukan tugas-tugas kecil di sekitar rumah dan menjalankan aktivitas lebih sering dari yang Anda lakukan sekarang, agar tubuh Anda bergerak. Dengan cara ini Anda akan tetap sehat dan aktif.

Bagikan :

You may also like...