6 Manfaat Tahu yang Harus Anda Tahu

Bagikan :

tahu, manfaat tahu
6 Manfaat Tahu yang Harus Anda TahuHampir semua dari kita pasti pernah makan tahu, bukan? Tapi sangat sedikit dari kita yang benar-benar tahu apa manfaatnya. Tahu, dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang dapat dimasukkan dalam diet harian kita. Tulisanwanita.com mengajak Anda membaca 6 manfaat kesehatan tahu.

1. Membantu dalam mengontrol berat badan
Jika Anda mencari diet tepat yang membantu Anda mengontrol berat badan, maka Anda harus menyertakan tahu di dalam makanan Anda. Tahu membantu dalam menurunkan kolesterol jahat sekaligus memberikan tubuh dengan energi dan nutrisi penting. Tidak hanya itu, melindungi pembuluh darah Anda terhadap efek berbahaya dari kolesterol dengan mengurangi tingkat oksidasi LDL-kolesterol.

2. Baik untuk wanita yang mengalami menopause
Karena tahu sangat bermanfaat untuk kesehatan, makanan ini memberikan bantuan dari gejala menopause. Kedelai memiliki kandungan isoflavon yang dapat meniru estrogen, dengan demikian akan sangat membantu selama tahap perimenopause (menjelang menopause) dimana tubuh cenderung memiliki ketidakseimbangan kadar estrogen. Isoflavon juga dapat membantu Anda meringankan hot flashes (sensasi rasa panas dan berkeringat yang menrupakan tanda-tanda perubahan tingkat hormon awal menopause) yang diderita perempuan selama periode ini. Juga, berkat kandungan kalsium yang tinggi, tahu membantu dalam meminimalkan risiko-risiko kerugian tulang yang dapat terjadi selama masa menopause.


3. Menurunkan risiko kanker
Tahu dikenal memiliki kandungan isoflavon kedelai yang membantu dalam mengurangi risiko kanker, seperti kanker prostat dan kanker payudara. Selain itu, selenium yang hadir dalam tahu adalah mineral yang menjamin fungsi ideal dari sistem antioksidan dan melindungi Anda dari kanker usus besar.

4. Baik untuk menjaga kecantikan kulit Anda
Dengan menjaga elastisitas kulit, tahu membantu dalam menunda proses penuaan. Juga membantu dalam mengencangkan otot-otot Anda. Berkat kandungan mineral, vitamin, dan proteinnya, tahu bisa menjadi makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Kulit Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari masker tahu yang dapat dibuat dengan menghaluskan tahu hingga menjadi pasta, dan menerapkannya pada wajah Anda.

5. Membuat darah Anda sehat
Karena tahu kaya akan zat besi dan kadar tembaga, maka dapat membantu dalam menjaga darah Anda tetap sehat. Besi merupakan bagian utama dari hemoglobin yang membantu dalam produksi energi dan pelepasan oksigen dalam tubuh. Namun, hemoglobin tidak dapat dibuat tanpa tembaga, karena tahu kaya akan zat besi dan tembaga, maka dapat membantu dalam distribusi oksigen yang ideal dalam tubuh dan membuat Anda enerjik.

6. Membantu pertumbuhan rambut yang sehat
Keratin merupakan jenis protein yang merupakan salah satu komponen utama dari rambut Anda. Karena tahu merupakan makanan yang sangat kaya protein, jelas memberi keuntungan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang membeli sejumlah produk rambut untuk memastikan pertumbuhan dan pemeliharaan yang tepat jika rutin mengkonsumsi tahu dalam diet harian Anda.

Bagikan :

You may also like...